Era digital membawa banyak inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah penggunaan game edukasi. Meskipun ponsel cerdas seringkali menjadi media utama, kita dapat membayangkan cara kreatif untuk memadukan teknologi dengan pendekatan yang lebih tradisional. Salah satu cara yang menarik adalah menggunakan Quizizz berbasis kertas. Inilah sebuah inovasi yang tidak hanya memadukan antara belajar dan bermain, tetapi juga menghindarkan ketergantungan pada perangkat digital.
Kegiatan pembelajaran ini diawali dengan melihat video tentang kisah perjalanan nabi Muhammad SAW saat Fathul Makkah. setelah itu, dilanjutkan dengan kuis menggunakan Quizizz berbasis kertas. Media ini dipilih untuk meminimalisir penggunaan HP, karena siswa SD tidak diperkenankan membawa HP ke sekolah.
Mengapa Quizizz Berbasis Kertas? 1. Meminimalisir Gangguan Digital Beberapa lingkungan belajar mungkin tidak mendukung penggunaan ponsel cerdas atau tablet dalam jumlah besar. Quizizz berbasis kertas memungkinkan guru untuk tetap menggunakan teknologi tanpa kebutuhan perangkat digital yang individual.
2. Memudahkan Penilaian Hasil dari kuis berbasis kertas dapat langsung dinilai oleh guru. Hal ini meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk penilaian dan memungkinkan guru memberikan umpan balik lebih cepat kepada siswa.
3. Mengurangi Distractions Siswa tidak tergoda untuk menggunakan perangkat mereka untuk hal-hal selain tugas yang diberikan. Ini dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih fokus dan kurang terdistraksi.
4. Peningkatan Kolaborasi Dengan menggunakan kertas, siswa dapat lebih mudah bekerja sama dan berdiskusi. Mereka dapat bertukar ide dan membahas jawaban tanpa terbatas oleh layar perangkat.
Langkah-Langkah Menerapkan Quizizz Berbasis Kertas: 1. Persiapkan Kuis Buat kuis Quizizz sesuai dengan materi pembelajaran yang ingin diajarkan. Pastikan pertanyaan dan jawaban sudah benar dan sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan.
2. Cetak Kode Akses Setiap kuis Quizizz memiliki kode akses unik. Cetak kode tersebut dan bagikan kepada setiap siswa bersamaan dengan lembar kertas kuis.
3. Instruksikan Siswa Berikan instruksi kepada siswa mengenai bagaimana menggunakan kertas dan kode akses untuk mengakses kuis. Pastikan mereka memahami tata cara pengisian jawaban.
4. Lakukan Kuis Jalankan kuis seperti biasa. Siswa akan mengisi jawaban pada lembar kertas mereka, dan guru dapat mengawasi dan membantu jika diperlukan.
5. Penilaian dan Umpan Balik Setelah kuis selesai, guru dapat dengan mudah menilai jawaban dan memberikan umpan balik kepada siswa. Ini membantu mereka memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik.
Keuntungan dari Pendekatan Ini: 1. Kreativitas Tanpa Batas Guru dapat terus menggunakan elemen kreatif dari game edukasi tanpa terbatas oleh ketergantungan pada perangkat digital.
2. Peningkatan Keterlibatan Penggunaan game edukasi tetap menarik dan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
3. Fleksibilitas Guru memiliki fleksibilitas untuk mengadaptasi model ini sesuai dengan kebutuhan dan batasan lingkungan belajar.
4. Memadukan Tradisional dan Modern Ini adalah contoh bagaimana teknologi dan pendekatan tradisional dapat diintegrasikan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang holistik.
Dengan Quizizz berbasis kertas, belajar menjadi lebih menyenangkan dan kreatif, sambil tetap mempertahankan keuntungan dari game edukasi tanpa harus selalu terhubung dengan perangkat digital.
Penyunting: Putra