Menggabungkan Edukasi dan Kreativitas: Belajar PABP dengan Quizizz Berbasis Kertas - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Nov 2023

Menggabungkan Edukasi dan Kreativitas: Belajar PABP dengan Quizizz Berbasis Kertas

Salah satu cara yang menarik adalah menggunakan Quizizz berbasis kertas. Inilah sebuah inovasi yang tidak hanya memadukan antara belajar dan bermain, tetapi juga menghindarkan ketergantungan pada perangkat digital.

Metode Mengajar

AFWAN YAZID

Kunjungi Profile
576x
Bagikan

Era digital membawa banyak inovasi dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah penggunaan game edukasi. Meskipun ponsel cerdas seringkali menjadi media utama, kita dapat membayangkan cara kreatif untuk memadukan teknologi dengan pendekatan yang lebih tradisional. Salah satu cara yang menarik adalah menggunakan Quizizz berbasis kertas. Inilah sebuah inovasi yang tidak hanya memadukan antara belajar dan bermain, tetapi juga menghindarkan ketergantungan pada perangkat digital.

Kegiatan pembelajaran ini diawali dengan melihat video tentang kisah perjalanan nabi Muhammad SAW saat Fathul Makkah. setelah itu, dilanjutkan dengan kuis menggunakan Quizizz berbasis kertas. Media ini dipilih untuk meminimalisir penggunaan HP, karena siswa SD tidak diperkenankan membawa HP ke sekolah.

Menggabungkan Edukasi dan Kreativitas: Belajar PABP dengan Quizizz Berbasis Kertas

Mengapa Quizizz Berbasis Kertas?

1. Meminimalisir Gangguan Digital

Beberapa lingkungan belajar mungkin tidak mendukung penggunaan ponsel cerdas atau tablet dalam jumlah besar. Quizizz berbasis kertas memungkinkan guru untuk tetap menggunakan teknologi tanpa kebutuhan perangkat digital yang individual.

2. Memudahkan Penilaian

Hasil dari kuis berbasis kertas dapat langsung dinilai oleh guru. Hal ini meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk penilaian dan memungkinkan guru memberikan umpan balik lebih cepat kepada siswa.

3. Mengurangi Distractions

Siswa tidak tergoda untuk menggunakan perangkat mereka untuk hal-hal selain tugas yang diberikan. Ini dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih fokus dan kurang terdistraksi.

4. Peningkatan Kolaborasi

Dengan menggunakan kertas, siswa dapat lebih mudah bekerja sama dan berdiskusi. Mereka dapat bertukar ide dan membahas jawaban tanpa terbatas oleh layar perangkat.

Langkah-Langkah Menerapkan Quizizz Berbasis Kertas:

1. Persiapkan Kuis

Buat kuis Quizizz sesuai dengan materi pembelajaran yang ingin diajarkan. Pastikan pertanyaan dan jawaban sudah benar dan sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan.

2. Cetak Kode Akses

Setiap kuis Quizizz memiliki kode akses unik. Cetak kode tersebut dan bagikan kepada setiap siswa bersamaan dengan lembar kertas kuis.

3. Instruksikan Siswa

Berikan instruksi kepada siswa mengenai bagaimana menggunakan kertas dan kode akses untuk mengakses kuis. Pastikan mereka memahami tata cara pengisian jawaban.

4. Lakukan Kuis

Jalankan kuis seperti biasa. Siswa akan mengisi jawaban pada lembar kertas mereka, dan guru dapat mengawasi dan membantu jika diperlukan.

5. Penilaian dan Umpan Balik

Setelah kuis selesai, guru dapat dengan mudah menilai jawaban dan memberikan umpan balik kepada siswa. Ini membantu mereka memahami konsep yang diajarkan dengan lebih baik.

Keuntungan dari Pendekatan Ini:

1. Kreativitas Tanpa Batas

Guru dapat terus menggunakan elemen kreatif dari game edukasi tanpa terbatas oleh ketergantungan pada perangkat digital.

2. Peningkatan Keterlibatan

Penggunaan game edukasi tetap menarik dan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

3. Fleksibilitas

Guru memiliki fleksibilitas untuk mengadaptasi model ini sesuai dengan kebutuhan dan batasan lingkungan belajar.

4. Memadukan Tradisional dan Modern

Ini adalah contoh bagaimana teknologi dan pendekatan tradisional dapat diintegrasikan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang holistik.

Dengan Quizizz berbasis kertas, belajar menjadi lebih menyenangkan dan kreatif, sambil tetap mempertahankan keuntungan dari game edukasi tanpa harus selalu terhubung dengan perangkat digital.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pendalaman Menggunakan Blog untuk Media Pembelajaran di GIC#6
1 min
APLIKASI DUGEM PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI
3 min
Strategi Penerapan Merdeka Belajar di Sekolah

RONA ROHMANA

Sep 26, 2023
4 min
3 Metode untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa di Era Digital
Menumbuhkan Semangat Wirausaha Murid di Sekolah
4 min
Mengenal Metode ‚ÄúTalking Stick‚ÄĚ untuk Membentuk Keberanian dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran
6 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar