Cara Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa, Terapkan Tipsnya Agar Tidak Boncos! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 18 Nov 2023

Cara Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa, Terapkan Tipsnya Agar Tidak Boncos!

Tantangan bagi mahasiswa tidak hanya perihal tugas dan adaptasi di lingkungan perkuliahan. Namun, perihal keuangan juga dapat menjadi tantangan bahkan hambatan apabila seorang mahasiswa tidak dapat mengelolanya dengan baik. Terdapat beberapa tips efektif untuk mengatur keuangan mahasiswa.

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
751x
Bagikan

Halo teman-teman mahasiswa! Kita tahu bahwa dunia perkuliahan kadang-kadang menghabiskan banyak uang entah itu untuk membayar UKT, makan sehari-hari, transportasi, atau sekedar nongkrong bareng temen. Agar kantong tidak terus-menerus 'boncos', yuk simak beberapa tips berikut untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa!

Tips Mengatur Keuangan

Mahasiswa yang sedang Melakukan Manajemen Keuangan (Sumber: Freepik)

1. Buat Rencana Anggaran Bulanan

Kamu bisa memulai langkahmu dengan membuat rencana anggaran bulanan atau budgeting. Catat setiap pemasukan dan alokasikan anggaran untuk kebutuhan pokok seperti makan sehari-hari, transportasi, dan biaya pendidikan. Tak perlu pusing untuk mencatatnya secara manual, kamu bisa gunakan aplikasi pengatur keuangan yang banyak tersedia di Playstore/Appstore. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengontrol pengeluaran.

2. Prioritaskan Kebutuhan daripada Keinginan

Tentu sangat menyenangkan jika kita memiliki barang-barang baru dan tidak pernah ketinggalan tren terkini. Namun, kamu juga harus bisa memilah antara kebutuhan dan keinginan. Fokuslah pada kebutuhan utama terlebih dahulu sebelum memanjakan diri dengan keinginan yang mungkin bisa ditunda.

3. Hindari Hutang yang Tidak Perlu

Jangan membiasakan diri untuk membeli sesuatu dengan Paylater. Konsep beli sekarang bayar nanti akan membuatmu kecanduan padahal hutang yang tidak terkontrol bisa menjadi masalah serius. Jangan biarkan diri kamu terjerumus ke dalam spiral hutang yang sulit untuk keluar. Terlebih saat ini sedang marak pinjaman online dengan syarat yang mudah, jangan sampai terbuai, ya!

4. Manfaatkan Diskon dan Promo

Jangan ragu untuk mencari diskon dan promo. Banyak toko yang menawarkan potongan harga khusus untuk mahasiswa. Kamu cukup memberikan kartu identitas mahasiswa untuk mendapatkan keuntungan ini lho!

5. Masak di Kost

Apabila kamu anak rantau, masak bisa menjadi alternatif untuk berhemat. Dengan memasak, kamu bukan hanya lebih sehat, tapi juga lebih ekonomis dibandingkan makan di luar terus-menerus. Coba stok sayur mayur dan bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak selama seminggu kedepan.

6. Cari Penghasilan Tambahan

Jangan malu untuk mencari penghasilan tambahan. Kamu bisa mencari informasi part-time atau freelance yang ada di media sosial, salah satunya Instagram. Selain itu, kamu juga bisa berjualan secara online. Agar tidak mengeluarkan modal besar, kamu bisa mencoba menjadi reseller dari produk-produk yang telah dijual di pasaran. Untuk memantapkan skill dalam berbisnis, kamu bisa mengikuti event Entrepreneur Festival #4 dengan tema “The Importance of Digital Marketing for Youngpreneur” yang tentunya bisa memberikan insight baru terkait strategi pemasaran digital yang bisa membantu dalam menjalankan bisnismu. Menarik bukan? Daftarkan dirimu sekarang juga melalui laman KampusInovatif.id. Jangan sampai terlewat ya!

Nah, itu dia beberapa tips mengatur keuangan bagi mahasiswa yang bisa kamu coba. Bila menerapkan dengan baik, kamu dapat menjalani kehidupan perkuliahan dengan lebih tenang terutama dari segi keuangan. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

“Kurikulum Merdeka : Solusi Pendidikan untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045”

DEDE SUHENDY14

May 05, 2023
1 min
Rahasia Menginspirasi Siswa melalui Ice Breaking! Apa Saja? Mari Simak Baik-Baik!
5 min
Guru "Sat set" Siapkan Generasi Emas 2045

Iin Inayah

May 22, 2023
2 min
Keluarga dan Sekolah sebagai basis Penguatan Literasi Digital yang Utama
Konsep Blended Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran Yang Efektif Pasca Pandemi
2 min
Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolahku

Ibrohim,S.Pd

Mar 08, 2023
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar