Mendukung Siswa Diskakulia dalam Matematika: Pendekatan Pengajaran yang Berfokus pada Kekuatan Individu - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Jul 2023

Mendukung Siswa Diskakulia dalam Matematika: Pendekatan Pengajaran yang Berfokus pada Kekuatan Individu

Mengatasi kesulitan siswa diskakulia dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pengajaran yang disesuaikan. Pelajari strategi efektif yang melibatkan multisensori, berbasis masalah, diferensiasi, kolaborasi, penilaian formatif, teknologi, dan penguatan positif.

Dunia Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
761x
Bagikan

Pendekatan pengajaran yang efektif sangat penting dalam membantu siswa diskakulia dalam pembelajaran matematika. Diskakulia adalah gangguan pembelajaran yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam memahami dan menggunakan angka atau konsep matematika. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang diskakulia, bagaimana hal itu mempengaruhi siswa, dan pendekatan pengajaran yang dapat membantu siswa diskakulia dalam mengatasi kesulitan mereka.

Apa Itu Diskakulia?

Diskakulia adalah kondisi neurologis yang menyebabkan kesulitan dalam pemahaman dan penerapan konsep matematika. Siswa yang mengalami diskakulia mungkin memiliki kesulitan dalam mengenali angka, mengingat fakta matematika, menghitung, atau memahami hubungan matematika secara keseluruhan. Ini bukanlah masalah kecerdasan atau kemampuan intelektual, tetapi lebih merupakan perbedaan dalam cara otak memproses informasi matematika.

Dampak Diskakulia terhadap Siswa

Diskakulia dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap siswa. Beberapa dampak yang mungkin dialami oleh siswa yang mengalami diskakulia meliputi:

1. Kesulitan dalam Konsep Dasar

Siswa mungkin mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar matematika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Mereka mungkin kesulitan dalam mengenali pola dan hubungan matematika.

2. Kesulitan dalam Pemahaman Angka

Siswa dapat mengalami kesulitan dalam mengenali dan memahami angka-angka, seperti mengidentifikasi angka yang ditampilkan atau menghitung dalam urutan.

3. Kesulitan dalam Mengingat Fakta Matematika

Siswa mungkin mengalami kesulitan dalam mengingat fakta-fakta matematika, seperti tabel perkalian atau rumus yang penting.

4. Kesulitan dalam Penerapan Konsep

Siswa mungkin mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep matematika dalam situasi dunia nyata. Mereka mungkin kesulitan dalam memahami bagaimana menggunakan konsep matematika dalam konteks praktis.

5. Kesulitan dalam Memecahkan Masalah

Siswa diskakulia seringkali menghadapi kesulitan dalam memecahkan masalah matematika. Mereka mungkin kesulitan dalam memahami soal matematika, merencanakan pendekatan yang tepat, dan menemukan solusi yang benar.

Pendekatan Pengajaran untuk Siswa Diskakulia

Dalam membantu siswa diskakulia, pendekatan pengajaran yang disesuaikan dan mendukung sangat penting. Berikut adalah beberapa pendekatan yang dapat digunakan oleh tenaga pengajar atau guru untuk membantu siswa diskakulia:

1. Pendekatan Multisensori

Pendekatan ini melibatkan penggunaan berbagai indra dalam pembelajaran matematika. Guru dapat menggunakan manipulatif matematika, seperti blok-blok matematika atau kartu angka, untuk membantu siswa memvisualisasikan konsep matematika dan memahaminya dengan lebih baik.

2. Pendekatan Berbasis Masalah

Dalam pendekatan ini, guru memberikan siswa masalah matematika yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Siswa didorong untuk menerapkan konsep matematika dalam pemecahan masalah dan menemukan solusi yang kreatif. Pendekatan ini memberikan konteks yang lebih nyata bagi siswa diskakulia dan membantu mereka melihat hubungan antara matematika dan kehidupan sehari-hari.

3. Pendekatan Diferensiasi

Dalam pendekatan ini, guru mengakomodasi perbedaan individu siswa dan memberikan materi yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman mereka. Siswa diskakulia dapat diberikan tugas dan aktivitas yang lebih terarah untuk membangun pemahaman dan keterampilan matematika mereka.

4. Pendekatan Berbasis Kolaborasi

Siswa diskakulia dapat mendapatkan manfaat dari bekerja dalam kelompok atau pasangan dengan siswa yang memiliki pemahaman matematika yang lebih baik. Kolaborasi dengan teman sebaya dapat membantu siswa diskakulia dalam memperoleh pemahaman matematika melalui diskusi, penjelasan, dan dukungan timbal balik.

5. Pendekatan Penilaian Formatif

Penilaian formatif melibatkan pengumpulan informasi tentang perkembangan siswa secara terus-menerus selama proses pembelajaran. Guru dapat menggunakan penilaian formatif untuk memahami tingkat pemahaman siswa diskakulia, mengidentifikasi kesulitan yang mungkin mereka hadapi, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Hal ini membantu guru menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka agar sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

6. Pendekatan Berbasis Teknologi

Penggunaan teknologi dalam pengajaran matematika dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu siswa diskakulia. Ada banyak aplikasi, perangkat lunak, dan sumber daya digital yang dirancang khusus untuk membantu siswa dengan kesulitan belajar matematika. Guru dapat menggunakan teknologi ini sebagai alat tambahan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan matematika siswa diskakulia.

7. Pendekatan Berbasis Penguatan Positif

Penguatan positif merupakan strategi yang penting dalam membantu siswa diskakulia. Guru harus memberikan pujian dan pengakuan kepada siswa ketika mereka mencapai kemajuan dalam pemahaman dan penerapan konsep matematika. Hal ini dapat meningkatkan motivasi siswa, membangun kepercayaan diri, dan meningkatkan minat mereka dalam pembelajaran matematika.

Kesimpulan

Dalam membantu siswa diskakulia dalam pembelajaran matematika, pendekatan pengajaran yang disesuaikan dan mendukung sangat penting. Melalui pendekatan yang multisensori, berbasis masalah, diferensiasi, kolaborasi, penilaian formatif, teknologi, dan penguatan positif, kita dapat membantu siswa diskakulia untuk mengatasi kesulitan mereka, memperoleh pemahaman matematika yang lebih baik, dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam studi matematika dan kehidupan sehari-hari.

Salam sejahtera para tenaga pendidik! Mari tingkatkan kemampuan mengajar dan profesionalisme Anda dengan mengikuti kursus online kami yang berkualitas tinggi dan terakreditasi. Jadilah yang terbaik untuk siswa Anda dan nikmati manfaat sertifikasi resmi yang dapat meningkatkan karier Anda. Ayo, bergabunglah dengan kami sekarang dan mulailah perjalanan Anda menuju kesuksesan!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kipin School 4.0 Revolusi Pembelajaran Digital di Kelas
2 min
Menghadapi Tantangan dalam Mengajar Anak Tunagrahita: Dukungan Individual dan Kolaborasi
4 min
Brightful, Aplikasi Game Tebak Gambar Edukatif untuk Pembelajaran di Kelas
4 min
Lidi Balok (Literasi Digital Berbasis keArifan Lokal)untuk Pendidikan Inklusi di UPTD SPNF SKB Kota Tegal

SRI HARYANTI,S.Pd

Sep 01, 2023
2 min
Pemanfaatan Musik Sebagai Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia Jenjang SMA
Google Classroom dan Seesaw sebagai Solusi Penilaian Portofolio secara Digital
7 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar