Memaksimalkan Pendidikan Karakter Peserta Didik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 23 Okt 2023

Memaksimalkan Pendidikan Karakter Peserta Didik

Pentingnya pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa karena karakter harus dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan baik yang nantinya akan dilihat oleh seluruh umat didunia.

Dunia Pendidikan

Hesti Yulyaningsih

Kunjungi Profile
554x
Bagikan

Menurut KBBI pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan sedangkan karakter sendiri mempunyai arti sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain;tabiat;watak. Dapat kita simpulkan bahwa proses pengajaran untuk membentuk dan mengembangkan sifat kejiwaan, budi pekerti serta moral disebut sebagai pendidikan karakter. Karakter seperti apa yang mestinya ditanamkan kepada peserta didik?

1. Nilai religius

Semua agama mengajarkan kebaikan, bukan berarti kita akan menganut semua agama itu. Tetapi ketika kita sudah meyakini Tuhan yang kita yakini maka kita harus melaksanakan perintah agama tersebut. Maka, ajaran agama juga menjadi penting dalam pendidikan anak karena didalamnya mengandung nilai kebenaran.

2. Kasih sayang

Nilai ini berkaitan dengan kemanusiaan dan persamaan hak dan kewajiban setiap peserta didik. Antar peserta didik berkewajiban menjaga perbuatan yang dapat menyakiti temannya dan masing-masing dari mereka memiliki hak untuk mendapat perlakuan yang baik.

3. Saling menghargai

Anak perlu tahu bahwa setiap manusia itu tidak sama. Antara dia dan temannya juga pasti memiliki perbedaan. Dari segi perbedaan suku, ras, agama, dan budaya. Tak hanya itu hal dasar seperti sifat, sikap, dan perilaku setiap orang juga berbeda. Pendidikan karakter bukan untuk menyamaratakan perbedaan mereka tetapi untuk membatasi bagaiamana cara mereka bersikap supaya tidak ada yang merasa tersinggung. 

4. Mandiri dan gotong royong

Musyawarah dapat melatih kemandirian anak karena mereka akan berusaha menyelesaikan permsalahan yang mereka hadapi sendiri dengan berdiskusi secara bersama-sama. Jadi tidak selalu bergantung kepada keputusan orang lain.

5. Adil

Keadilan bukan berarti semua anak harus mendapatkan hal yang sama tetapi sesuai dengan porsinya. Ketika seorang anak mengerti hak dengan benar maka jelas keadilan akan terwujud. Nilai ini dapat mencakup empat nilai yang disebutkan diatas.

Anak bisa melakukan perbuatan-perbuatan tercela jika nilai-nilai diatas tidak ditanamkan pada diri mereka. Sebagai contoh, belakangan ini beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan tindakan perundungan. Dalam tayangannya beberapa siswa memberikan perlakuan kasar kepada temannya. Diketahui bahwa pelaku dan korban merupakan siswa SMP. Tampak seorang pelaku bergaya di depan kamera seolah-olah merasa bangga karena telah membuat korban terbaring kesakitan. Kejadian ini menjadi salah satu bukti bahwa pendidikan karakter di Indonesia masih belum berhasil. Ini adalah segelintir peristiwa perundungan yang terekam kamera saja dan kemungkinan diluar itu masih ada yang tidak terekspos media. Tindakan kriminal yang dilakukan oleh peserta didik harus segera dicegah dan diatasi untuk karena tindakan ini dapat mengganggu kesehatan mental seseorang.

Kebiasaan baik akan terbentuk dari lingkungan yang mendukung. Di mulai dari lingkungan rumah yang merupakan tempat pertama anak itu tumbuh. Orang tua punya kewajiban yang besar terhadap moral anak. Kedua lingkungan sekolah, tempat sebagian waktu mereka dihabiskan untuk belajar maka guru dan pihak sekolah bertanggung jawab kepada perilaku para peserta didik. Di beberapa kasus oknum guru membiarkan siswa nya melakukan perundungan Semua pihak harus bekerja sama untuk memaksimalkan pendidikan karakter pada anak untuk mencetak generasi bangsa yang unggul tidak hanya prestasi saja tetapi juga terkait etikanya.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Persiapan Penting dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah

FEBRIANA febriana

Jul 09, 2024
2 min
Pemanfaatan Augmented Reality (AR) dan Edugame Di Sekolah Pelosok Negeri dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa

Niken Eka Priyani

Apr 15, 2023
3 min
Bahagia Sambut Kurikulum Merdeka, Songsong Indonesia Emas 2045

Supadilah, M.Pd.

May 31, 2023
10 min
Digugu dan Ditiru. Figur Guru Ideal di Era Milenial

FERDIAN PERMANA

Apr 16, 2024
4 min
TIPS!!!! Menjaga "Mental Health" Guru di tengah intervensi dan masalah sosial rekan sejawat

rawika ardilla

Nov 30, 2023
8 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar