Gimkit: Inovasi Game-Based Learning untuk Menciptakan Evaluasi Pembelajaran yang Interaktif - Guruinovatif.id

Diterbitkan 24 Nov 2025

Gimkit: Inovasi Game-Based Learning untuk Menciptakan Evaluasi Pembelajaran yang Interaktif

Pelajari bagaimana Gimkit dapat menutup kesenjangan belajar siswa. Simak penjelasan lengkap mengenai fitur, cara pemanfaatan di kelas, hingga kelebihan dan kekurangannya dalam artikel ini.

Media Pembelajaran

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
205x
Bagikan

Dunia pendidikan terus bergerak mengikuti perkembangan teknologi. Guru kini semakin terbuka menggunakan platform digital untuk menciptakan suasana belajar yang lebih segar dan interaktif. Salah satu platform yang mencuri perhatian adalah Gimkit.

Gimkit menggabungkan konsep kuis dengan elemen permainan yang seru. Siswa tidak hanya menjawab soal, tetapi juga mengumpulkan mata uang virtual, membeli power-up, hingga menjalankan strategi ala game untuk memenangkan sesi. Hal ini memberi pengalaman belajar yang jauh dari kesan membosankan.

Lebih dari itu, Gimkit memberi guru data yang membantu memahami sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi. Dengan kombinasi permainan dan analitik belajar, platform ini menjadi alat yang seimbang antara hiburan dan edukasi.

Apa Itu Gimkit dan Untuk Apa Digunakan?

Gimkit adalah platform pembelajaran berbentuk game yang dirancang untuk membuat kuis menjadi lebih menarik. Setiap jawaban benar memberikan siswa uang virtual “GimBucks” yang bisa dipakai untuk membeli item tertentu dalam permainan. Mekanisme ini menciptakan suasana kompetitif yang sehat sekaligus menjaga fokus siswa.

Baca juga: 
GI Academy #70 | Menjelajahi Coding Plugged dan Unplugged untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran

Fitur-fitur Gimkit yang perlu diketahui

  • Mata uang virtual (GimBucks)

Siswa mendapat GimBucks setiap menjawab benar. GimBukcs ini bisa digunakan untuk membeli item dalam game. Sistem ini melatih pengambilan keputusan dan strategi siswa.

  • Power up

Item seperti pengganda poin, proteksi, atau kecepatan menjawab dapat dibeli untuk meningkatkan peluang menang. Ini mendorong siswa berpikir taktis, bukan sekadar cepat menjawab.

  • Mode permainan (Game Modes)

Ada berbagai mode, seperti Classic, Team Mode, Apocalypse, Snowbrawl, dan masih banyak lagi. Setiap mode punya aturan unik sehingga guru bisa menyesuaikan dengan suasana kelas.

Gimkit: Inovasi Game-Based Learning untuk Menciptakan Evaluasi Pembelajaran yang InteraktifFitur-fitur game modes Gimkit yang bisa diekpsplorasi siswa untuk belajar sekaligus berkreasi (Gambar/profrockpr.substack.com)
  • Kit builder

Guru bisa membuat soal sendiri atau mengimpor dari sumber lain. Prosesnya cepat dan fleksibel

  • Assignment mode

Selain dimainkan secara live, guru bisa memberi tugas yang bisa dikerjakan secara individu di waktu tertentu

  • Data dan report

Setelah sesi selesai, Gimkit memberikan laporan lengkap - pertanyaan yang paling banyak salah, performa tiap siswa, hingga tingkat pemahaman kelas.

Untuk apa Gimkit digunakan?

Tujuan utama Gimkit adalah meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman materi, dan melatih logika dan strategi melalui elemen ekonomi dalam game. Pembelajaran jadi terasa lebih seru dan menyenangkan.

Selain itu, Gimkit bukan hanya menguji hafalan siswa, tetapi juga melatih kemampuan mereka dalam mengambil keputusan, manajemen risiko, dan menyusun strategi, sehingga dapat membuat pembelajaran lebih bermakna.

Bagaimana Memanfaatkan Gimkit Untuk Pembelajaran di Kelas

Gimkit sangat fleksibel digunakan di berbagai bagian pembelajaran, seperti antara lain:

Sebagai pembuka kelas

Guru bisa memulai pelajaran dengan game sederhana untuk mengaktifkan kembali ingatan siswa terhadap materi sebelumnya. Cara ini efektif untuk “pemanasan” dan membangun energi positif di kelas.

Sebagai evaluasi pemahaman siswa

Di akhir pembelaran, guru bisa menjalankan satu sesi Gimkit untuk mengecek pemahaman siswa. Karena terasa seperti bermain, siswa tidak tertekan dalam menjawab.

Untuk pembelajaran mandiri

Dengan Assignment Mode, siswa bisa mengerjakan latihan secara mandiri di rumah. Guru tetap mendapatkan laporan hasil sehingga dapat menindaklanjuti di pertemuan berikutnya.

Untuk meningkatkan keterampilan non-akademik

Karena melibatkan strategi, manajemen cash, dan analisis risiko, Gimkit juga melatih soft skill seperti perencanaan, fokus, dan pemecahan masalah.

Baca juga: 
Teaching at the Right Level (TaRL): Inovasi Pembelajaran untuk Menutup Kesenjangan Belajar

Kelebihan dan Kekurangan Gimkit

Meskipun Gimkit menawarkan banyak manfaat dalam penggunaannya di kelas, platform ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan antara lain:

Kelebihan

Platform Gimkit memiliki kelebihan yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Meningkatkan motivasi siswa

Format game membuat siswa merasa tertantang. Mereka terdorong untuk terus menjawab soal dengan baik agar mendapatkan GimBuks lebih banyak.

  • Memicu strategi dan pengambilan keputusan

Siswa bisa belajar mengatur keuangan, memilih power up, dan menentukan strategi yang efektif. Ini menambah nilai belajar yang tidak sekadar akademik.

  • Memudahkan guru melihat progres siswa

Laporan yang dihasilkan membantu guru mendeteksi kesulitan siswa dan merencanakan pengajaran lanjutan.

  • Cocok untuk berbagai gaya belajar

Visual, interaktif, kompetitif, dan fleksibel, membuat Gimkit mampu menjangkau siswa dengan gaya belajar berbeda.

Gimkit: Inovasi Game-Based Learning untuk Menciptakan Evaluasi Pembelajaran yang InteraktifHadirnya teknologi menjadikan pembelajaran lebih positif, kreatif, dan inovatif di setiap sudut kelas (Gambar: Canva/Muslim Prenuer)

Kekurangan

Platform Gimkit memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Fitur lengkap hanya di versi berbayar (subscription)

Beberapa mode permainan yang paling hanya bisa diakses di Gimkit Pro. Ini bisa menjadi kendala untuk sekolah dengan keterbatasan anggaran.

  • Risiko terlalu fokus pada game

Jika tidak diarahkan, siswa bisa saja lebih fokus pada Power Up dan Gimbuks daripada memahami materi. Guru perlu menyeimbangkan aturan dan tujuan pembelajaran.

  • Membutuhkan koneksi internet stabil

Karena dimainkan secara online, kelas memerlukan koneksi yang baik agar permainan berjalan lancar.

Gimkit adalah pilihan ideal bagi guru yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif, interaktif, dan relevan dengan dunia siswa. Dengan pemanfaatan yang tepat, Gimkit mampu menjadi jembatan antara hiburan dan pembelajaran yang efektif.

Sebagai bentuk dukungan terhadap pembelajaran yang berpihak pada siswa, GuruInovatif.id menghadirkan Entry Level Assessment (ELA), yaitu alat bantu untuk memetakan kemampuan awal siswa secara akurat. Dengan ELA, sekolah dapat merancang intervensi pembelajaran yang tepat, memastikan setiap siswa tumbuh sesuai potensinya.

Gimkit GameBasedLearning EvaluasiPembelajaran YangInteraktif GuruInovatif.id

Konsultasi Profil Data Siswa Anda Di Sini!

Referensi: 
Gamifying Learning with GimKit
GimBucks
Gimkit: Revolutionizing Classroom Learning Through Engaging Gameplay
Gimkit | EMA
Mengembangkan Pembelajaran yang Seru dan Efektif dengan Gimkit
Pemanfaatan Gimkit sebagai Media Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan


Penulis: Ican | Penyunting: Putra

0

0

Loading comments...

Memuat komentar...

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Crossword Lab, Pembuat Teka-Teki Silang Anti Ribet
0 sec
Pengaruh Buku Digital Interaktif Terhadap Pemahaman Edukasi Seks Pada Siswa SD
0 sec
MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN
Pentingnya Empat Pilar Literasi Digital Dipedomani Oleh Guru Dan Siswa

I GEDE ANGGAYANA

Aug 19, 2023
0 sec
Coding Unplugged, Solusi Cerdas Pembelajaran Pemrograman Tanpa Komputer di Sekolah Dasar

Ifan Irfansyah

Mar 17, 2025
0 sec
Belajar Jadi Lebih Seru dengan Blooket yang Menghidupkan Kelas
0 sec
Komunitas