Dunia pendidikan terus bergerak mengikuti perkembangan teknologi. Guru kini semakin terbuka menggunakan platform digital untuk menciptakan suasana belajar yang lebih segar dan interaktif. Salah satu platform yang mencuri perhatian adalah Gimkit.
Gimkit menggabungkan konsep kuis dengan elemen permainan yang seru. Siswa tidak hanya menjawab soal, tetapi juga mengumpulkan mata uang virtual, membeli power-up, hingga menjalankan strategi ala game untuk memenangkan sesi. Hal ini memberi pengalaman belajar yang jauh dari kesan membosankan.
Lebih dari itu, Gimkit memberi guru data yang membantu memahami sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi. Dengan kombinasi permainan dan analitik belajar, platform ini menjadi alat yang seimbang antara hiburan dan edukasi.
Apa Itu Gimkit dan Untuk Apa Digunakan?
Gimkit adalah platform pembelajaran berbentuk game yang dirancang untuk membuat kuis menjadi lebih menarik. Setiap jawaban benar memberikan siswa uang virtual “GimBucks” yang bisa dipakai untuk membeli item tertentu dalam permainan. Mekanisme ini menciptakan suasana kompetitif yang sehat sekaligus menjaga fokus siswa.
Baca juga:
GI Academy #70 | Menjelajahi Coding Plugged dan Unplugged untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran
Fitur-fitur Gimkit yang perlu diketahui
Siswa mendapat GimBucks setiap menjawab benar. GimBukcs ini bisa digunakan untuk membeli item dalam game. Sistem ini melatih pengambilan keputusan dan strategi siswa.
Item seperti pengganda poin, proteksi, atau kecepatan menjawab dapat dibeli untuk meningkatkan peluang menang. Ini mendorong siswa berpikir taktis, bukan sekadar cepat menjawab.
Ada berbagai mode, seperti Classic, Team Mode, Apocalypse, Snowbrawl, dan masih banyak lagi. Setiap mode punya aturan unik sehingga guru bisa menyesuaikan dengan suasana kelas.
Fitur-fitur game modes Gimkit yang bisa diekpsplorasi siswa untuk belajar sekaligus berkreasi (Gambar/profrockpr.substack.com)Guru bisa membuat soal sendiri atau mengimpor dari sumber lain. Prosesnya cepat dan fleksibel
Selain dimainkan secara live, guru bisa memberi tugas yang bisa dikerjakan secara individu di waktu tertentu
Setelah sesi selesai, Gimkit memberikan laporan lengkap - pertanyaan yang paling banyak salah, performa tiap siswa, hingga tingkat pemahaman kelas.
Untuk apa Gimkit digunakan?
Tujuan utama Gimkit adalah meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman materi, dan melatih logika dan strategi melalui elemen ekonomi dalam game. Pembelajaran jadi terasa lebih seru dan menyenangkan.
Selain itu, Gimkit bukan hanya menguji hafalan siswa, tetapi juga melatih kemampuan mereka dalam mengambil keputusan, manajemen risiko, dan menyusun strategi, sehingga dapat membuat pembelajaran lebih bermakna.
Bagaimana Memanfaatkan Gimkit Untuk Pembelajaran di Kelas
Gimkit sangat fleksibel digunakan di berbagai bagian pembelajaran, seperti antara lain:
Sebagai pembuka kelas
Guru bisa memulai pelajaran dengan game sederhana untuk mengaktifkan kembali ingatan siswa terhadap materi sebelumnya. Cara ini efektif untuk “pemanasan” dan membangun energi positif di kelas.
Sebagai evaluasi pemahaman siswa
Di akhir pembelaran, guru bisa menjalankan satu sesi Gimkit untuk mengecek pemahaman siswa. Karena terasa seperti bermain, siswa tidak tertekan dalam menjawab.
Untuk pembelajaran mandiri
Dengan Assignment Mode, siswa bisa mengerjakan latihan secara mandiri di rumah. Guru tetap mendapatkan laporan hasil sehingga dapat menindaklanjuti di pertemuan berikutnya.
Untuk meningkatkan keterampilan non-akademik
Karena melibatkan strategi, manajemen cash, dan analisis risiko, Gimkit juga melatih soft skill seperti perencanaan, fokus, dan pemecahan masalah.
Baca juga:
Teaching at the Right Level (TaRL): Inovasi Pembelajaran untuk Menutup Kesenjangan Belajar
Kelebihan dan Kekurangan Gimkit
Meskipun Gimkit menawarkan banyak manfaat dalam penggunaannya di kelas, platform ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan antara lain:
Kelebihan
Platform Gimkit memiliki kelebihan yang perlu dipertimbangkan antara lain:
Format game membuat siswa merasa tertantang. Mereka terdorong untuk terus menjawab soal dengan baik agar mendapatkan GimBuks lebih banyak.
Siswa bisa belajar mengatur keuangan, memilih power up, dan menentukan strategi yang efektif. Ini menambah nilai belajar yang tidak sekadar akademik.
Laporan yang dihasilkan membantu guru mendeteksi kesulitan siswa dan merencanakan pengajaran lanjutan.
Visual, interaktif, kompetitif, dan fleksibel, membuat Gimkit mampu menjangkau siswa dengan gaya belajar berbeda.
Hadirnya teknologi menjadikan pembelajaran lebih positif, kreatif, dan inovatif di setiap sudut kelas (Gambar: Canva/Muslim Prenuer)Kekurangan
Platform Gimkit memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan antara lain:
Beberapa mode permainan yang paling hanya bisa diakses di Gimkit Pro. Ini bisa menjadi kendala untuk sekolah dengan keterbatasan anggaran.
Jika tidak diarahkan, siswa bisa saja lebih fokus pada Power Up dan Gimbuks daripada memahami materi. Guru perlu menyeimbangkan aturan dan tujuan pembelajaran.
Karena dimainkan secara online, kelas memerlukan koneksi yang baik agar permainan berjalan lancar.
Gimkit adalah pilihan ideal bagi guru yang ingin menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif, interaktif, dan relevan dengan dunia siswa. Dengan pemanfaatan yang tepat, Gimkit mampu menjadi jembatan antara hiburan dan pembelajaran yang efektif.
Sebagai bentuk dukungan terhadap pembelajaran yang berpihak pada siswa, GuruInovatif.id menghadirkan Entry Level Assessment (ELA), yaitu alat bantu untuk memetakan kemampuan awal siswa secara akurat. Dengan ELA, sekolah dapat merancang intervensi pembelajaran yang tepat, memastikan setiap siswa tumbuh sesuai potensinya.

Konsultasi Profil Data Siswa Anda Di Sini!
Referensi:
Gamifying Learning with GimKit
GimBucks
Gimkit: Revolutionizing Classroom Learning Through Engaging Gameplay
Gimkit | EMA
Mengembangkan Pembelajaran yang Seru dan Efektif dengan Gimkit
Pemanfaatan Gimkit sebagai Media Pembelajaran Interaktif dan Menyenangkan
Penulis: Ican | Penyunting: Putra