GI Academy #7 "Mahir Mendesain P5 di Sekolah" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Agu 2023

GI Academy #7 "Mahir Mendesain P5 di Sekolah"

Keberadaan P5 menjadi sangat penting bagi satuan pendidikan di Indonesia yang merujuk pada siklus manajemen pendidikan mulai dari perencanaan kurikulum hingga evaluasi hasil belajar siswa. P5 membantu satuan pendidikan dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar dengan lebih terarah.

Metode Mengajar

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
693x
Bagikan

Diselenggarakan pada 11-13 Agustus 2023 melalui ruang virtual Zoom dan live streaming YouTube, Guru Inovatif Academy #7 diikuti oleh puluhan guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Disampaikan oleh Rachmah Safitri, S.Pd selaku Trainer GuruInovatif.id dan Guru SDI Alhijrah Gorontalo. Event rutin yang diselenggarakan oleh GuruInovatif.id ini mengangkat topik “Mahir Mendesain P5 di Sekolah” yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bagi satuan pendidikan di Indonesia.

Pentingnya P5 bagi Satuan Pendidikan

Keberadaan P5 menjadi sangat penting bagi satuan pendidikan di Indonesia yang merujuk pada siklus manajemen pendidikan mulai dari perencanaan kurikulum hingga evaluasi hasil belajar siswa. P5 membantu satuan pendidikan dalam merencanakan kegiatan belajar mengajar dengan lebih terarah dan tepat sasaran.

Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Satuan Pendidikan

Pada webinar ini, disampaikan pula oleh Ibu Rachmah terkait identifikasi tingkat kesiapan satuan pendidikan. P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di sekolah dibagi ke dalam 3 tahapan, yakni tahap awal, tahap berkembang, dan tahap lanjutan

Kriteria dalam Kesiapan Satuan Pendidikan

Terdapat 5 kriteria dalam mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan dalam menerapkan P5, terdiri dari:

1.     Seberapa banyak pendidik yang pernah melaksanakan pembelajaran berbasis proyek?

2.     Apakah pembelajaran berbasis proyek sudah menjadi kebiasaan sekolah?

3.     Apakah proyek sudah terjadi lintas disiplin ilmu?

4.     Apakah sekolah memiliki sistem yang mendukung pelaksanaan pembelajaran berkelanjutan?

5.     Apakah sudah ada keterlibatan mitra?

Sekolah Tahap Awal

Sekolah dikatakan berada pada tahap awal, apabila masih berada pada kriteria 1 dan 2, artinya pendidik di sekolah tersebut kurang dari 50% dalam melaksanakan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis proyek belum menjadi kebiasaan sekolah.

Sekolah Tahap Berkembang

Sekolah dikatakan berada pada tahap berkembang, apabila kriteria pada tahap 1 dan 2 sudah terpenuhi.

Sekolah Tahap Lanjutan

Sedangkan untuk sekolah yang dikatakan pada tahap lanjutan, apabila kriteria 1 hingga 5 sudah terpenuhi, dimana proyek menjadi lintas disiplin ilmu, sudah memiliki sistem yang mendukung pembelajaran berbasis proyek (baik sarana dan prasarana) dan sudah ada keterlibatan mitra.

Apabila sekolah sudah berada pada tahap lanjutan, maka sekolah tersebut dapat direkomendasikan sebagai mentor untuk sekolah yang berada di tahap awal atau berkembang.

Lalu, bagaimana strategi dalam merancang dimensi, tema, dan alokasi waktu P5 di Sekolah?

Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom pada link berikut yang dapat diakses gratis melalui keanggotaan membership.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Dwita | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GI Academy #21 “Implementasi P5 sebagai Intrakurikuler dan Kokurikuler”
3 min
Materi Energi Saat Belajar Daring
Media Pembelajaran Ada di Ruang Kelas

Edy Samsul

Jul 23, 2022
1 min
Pembelajaran yang Seru dan Menyenangkan dengan Game Edukasi Quizizz
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB