Belajar Perkalian Melalui Permainan Domikado Dijamin Siswa Senang - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 16 Apr 2024

Belajar Perkalian Melalui Permainan Domikado Dijamin Siswa Senang

Pasti sudah tidak asing dengan permainan domikado, dan sering dimainkan semasa anak-anak. Permainan ini bisa dijadikan sebagai sarana media pembelajaran di bidang matematika.

Media Pembelajaran

Agnes Mariana Setia Dewi, S.Pd

Kunjungi Profile
249x
Bagikan

Jika mendengar lagu “do-mikado, mikado, eska...eskado, eskado, beya-beyo, sim-sim one..two.. three.. four..five.. six.. seven.. eight.. nine.. ten!!”, pasti tidak asing dengan syair lagu satu ini. Lagu yang dinyanyikan untuk mengiringi salah satu permainan yaitu domikado. Permainan domikado termasuk jenis permainan tradisional yang berasal dari Maluku dan sudah menjamur di berbagai daerah Indonesia. Permainannya jarang dimainkan lantaran tergeser dengan kemajuan jaman dan era teknologi semakin canggih, sehingga anak-anak cenderung memilih untuk bermain gadgetnya. Walaupun jaman ini sudah mengadaptasi dengan teknologi sistem AI, sebagai seorang pendidik yang dituntut untuk memiliki daya kreatif dan mendayagunakan permainan tradisional supaya tidak hilang tergerus oleh kemajuan jaman. Oleh karena itu, pendidik mengenalkan kepada anak-anak untuk bermain permainan tradisional dan menyisipkan materi pelajaran agar aktivitas pembelajaran menjadi menarik bagi anak-anak.

Siapa Sasaran Target Ini?

Penggabungan permainan tradisional dengan pelajaran matematika materi perkalian ini ditujukan untuk anak usia mulai 8 tahun atau anak duduk di kelas rendah yaitu kelas 2 jenjang Sekolah Dasar. Kemampuan anak-anak jenjang sekolah dasar menggunakan materi yang sifatnya abstrak, anak-anak lebih menyukai pembelajaran yang memuat aktivitas seperti bermain, menyanyi, maupun bergerak tidak sekedar kegiatan monoton (menulis, menghafal, dan berhitung).

Apa Saja Manfaat Bermain Permainan Domikado?

Manfaat bermain domikado bagi anak usia sekolah dasar yaitu pada sudut kognitif dapat merangsang daya konsentrasi si anak, sudut moral dapat melatih kejujuran pada anak, sudut sosial bisa membangun komunikasi dengan sesamanya serta membuat hati anak menjadi gembira. Hal ini, sesuai dengan pendapat Putri, S. N. J., Mappiare-AT, A., & Radjah, C. L (2021) manfaat bermain permainan domikado membangun interaksi sosial hingga membentuk kerja sama dengan temannya.

Bagaimana Cara Memainkan Permainan Domikado?

Cara memainkan domikado cukup mudah, kita bisa bertanya atau meminta bantuan kepada orang yang pernah bermain permainan ini, atau melihat tutorial di YouTube. Langkah-langkah permainan domikado diantaranya:

  1. Langkah pertama, duduk bersila dan membuat lingkaran. Semakin banyak pemain yang ikut serta semakin seru permainannya. 
  2. Meletakan kedua tangan diatas paha, salah satu tangan kananmu berada diatas telapak tangan teman sebelahmu dan tangan kirimu berada di bawah telapak tangan teman
  3. Teman yang disampingmu menepukkan tangannya ke tanganmu sambil menyanyikan lagu domikado. 
  4. Hingga lagu domikado berakhir

Kapan kita bisa menyisipkan kuis perkalian saat bermain domikado? Saat lirik lagu terakhir “ten” dinyanyikan dan salah satu telapak tangan terkena tepukan, pemain itu mendapatkan hukuman yaitu diberi pertanyaan berupa perkalian.

Belajar perkalian tidak akan lagi menjadi momok bagi si anak, karena permainan yang dikolaborasikan materi pelajaran membuat si anak mudah merespon materi tersebut, selain itu si anak melestarikan permainan tradisional yang dimiliki Indonesia. Dari bacaan tadi dapat ditarik kesimpulan bahwa bermain sambil belajar yang diimplementasikan pada jenjang pendidikan sekolah dasar mendapat respon yang positif dari si anak. Permainan domikado adalah permainan yang sederhana dengan berbekal lagu dan teman/pemain lainnya, sehingga tidak membuat kesulitan bagi si anak terutama mata pelajaran matematika.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Wisata Luar Angkasa di Platform Stellarium sebagai Upaya Penguatan Literasi Digital pada Pembelajaran Sains bagi Guru dan Peserta Didik
2 min
Penguatan Literasi Digital Melalui SIPOMAS SMP MUH PK Menuju Era Society 5.0
1 min
Alat Bantu Guru untuk Membuat Bahan Ajar

LIAM OGUZ

Jan 29, 2024
1 min
Crossword Lab, Pembuat Teka-Teki Silang Anti Ribet
4 min
MELATIH LITERASI DIGITAL SISWA DENGAN EDPUZZLE YANG MENYENANGKAN
GI Academy #19 - Media Pembelajaran Interaktif: Quizizz
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB