5 Tips Praktis agar Siswa Gemar Membaca - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 17 Mei 2023

5 Tips Praktis agar Siswa Gemar Membaca

“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas - Mohammad Hatta”

Refleksi

Kalin Alvira Citralekha

Kunjungi Profile
3312x
Bagikan

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan ini mungkin sudah sering Bapak/Ibu dengar, buku dapat membawa kita ke tempat yang belum pernah kita kunjungi, mengenalkan karakter yang belum pernah kita temui, dan memperkaya sudut pandang dan pengetahuan kita. Oleh karena itu, membaca merupakan hobi yang penting bagi setiap individu, terutama bagi para siswa yang sedang belajar dan berkembang, membaca buku dapat memperluas wawasan dan imajinasi siswa.

Namun, tidak semua siswa memiliki minat membaca buku, karena bisa saja siswa menganggap membaca buku itu merepotkan, membosankan, menyebabkan rasa mengantuk, terbiasa memperoleh pengetahuan atau informasi secara instan dari internet, atau bahkan karena sarana dan media untuk membaca kurang. Hal ini menjadi tantangan besar bagi Bapak/Ibu untuk memotivasi siswa agar gemar membaca. Apakah Bapak/Ibu masih bingung bagaimana caranya? Simak tips praktis agar siswa gemar membaca buku dibawah ini ya!

1. Tunjukkan minat membaca kepada siswa

5 Tips Praktis agar Siswa Gemar Membaca

Bapak/Ibu bisa dibilang adalah role model bagi siswa. Jika Bapak/Ibu menunjukkan minat dan antusiasme membaca buku kepada siswa, maka hal ini dapat memotivasi siswa untuk meniru kebiasaan tersebut. Bapak/Ibu juga bisa bercerita tentang apa saja manfaat membaca buku, hal baru apa saja yang diperoleh dari membaca buku, hal menarik apa saja yang ada dalam buku, dan lain-lain. Dengan begitu, Bapak/Ibu dapat menunjukkan kepada siswa bahwa membaca buku merupakan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan. Sehingga Bapak/Ibu dapat mempengaruhi siswa untuk mengembangkan minat dan hobi membaca.

2. Berikan kebebasan

Biarkan siswa mengeksplorasi berbagai macam jenis buku, Bapak/Ibu perlu memberi siswa waktu untuk menemukan jenis buku yang mereka sukai. Dengan begitu, siswa tidak akan merasa terbatas dan terpaksa untuk membaca buku.

3. Bantu mencari buku sesuai topik yang disukai siswa

Jika Bapak/Ibu mengetahui seorang siswa menyukai topik atau sesuatu hal tertentu, Bapak/Ibu dapat memberikan rekomendasi buku sesuai hal yang disukai siswa. Sebagai contoh, jika ada siswa yang menyukai subjek pelajaran sejarah, Bapak/Ibu dapat merekomendasikan buku yang berkisah tentang sejarah dunia namun dikemas secara ringan, sehingga mudah dibaca oleh siswa. Dengan hal ini, siswa akan lebih antusias dan termotivasi untuk membaca buku.

4. Ciptakan kegiatan membaca yang menyenangkan

5 Tips Praktis agar Siswa Gemar Membaca

Agar siswa tidak menganggap kegiatan membaca adalah hal yang membosankan, Bapak/Ibu harus bisa mencari cara untuk membuat kegiatan membaca lebih menyenangkan. Sebagai contoh, Bapak/Ibu dapat membuat kegiatan membaca lebih interaktif, seperti diskusi buku, membaca secara berkelompok, membuat drama ataupun permainan sesuai buku yang dibaca. Bapak/Ibu juga bisa memberikan pujian atau penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan membaca buku atau memperlihatkan kemajuan dalam minat membaca. Dengan begitu, siswa akan merasa dihargai dan akan lebih termotivasi untuk membaca buku.

5. Berikan tugas membaca buku

Memberikan siswa tugas untuk membaca buku dengan tetap memperhatikan poin-poin diatas dan memberikan waktu yang cukup untuk siswa, dapat membuat siswa terbiasa untuk membaca buku.

Mari peringati Hari Buku Nasional dengan membaca buku! Bagi Bapak/Ibu, mari kita ajak siswa untuk membaca lebih banyak buku dan menanamkan kebiasaan dan semangat membaca sebagai bagian dari kehidupan mereka dan untuk meningkatkan keterampilan membaca, memperluas wawasan, dan mengembangkan kreativitas siswa.

Kepada para tenaga pendidik yang berdedikasi, jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Anda dengan mengunduh dokumen pendukung pembelajaran secara gratis dari situs kami. Dokumen-dokumen ini dapat membantu Anda dalam merencanakan pembelajaran yang lebih interaktif dan kreatif. Jadi, ayo unduh sekarang dan jangan ragu untuk membagikan ke teman-teman pendidik lainnya. Mari bersama-sama menciptakan pembelajaran yang lebih bermanfaat bagi generasi muda kita!


Penyunting: Putra

0

4

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Peran Literasi Digital dalam Profil Pelajar Pancasila
2 min
Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Cara Sederhana Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
3 min
5 Ekstensi Peramban yang Membantu Proses Pembelajaran
6 min
EFEKTIFITAS PEMANFAATAN HIDROPONIC ECO TOWER SEBAGAI BAGIAN DARI KEARIFAN LOKAL RAMAH LINGKUNGAN DALAM MEMINIMALISIR PREDIKSI DAMPAK EL NINO TAHUN 2023
5 min
Cara Mengelola Keuangan bagi Guru untuk Kehidupan yang lebih Sejahtera
1 min
Cara Pendekatan Ke Siswa Introvert di Sekolah
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB