Redaksi Guru Inovatif

Redaksi

Kunjungi Profil

5 Aplikasi Podcast Recommended!

Di zaman dulu kita hanya mengetahui bahwa “konten” audio itu hanya berbentuk musik dan radio. Tak terpikirkan bahwa suatu saat nanti “konten” audio bisa mengedukasi masyarakat secara luas. Keberadaan dunia digital yang semakin canggih tak dapat dibendung oleh siapa pun, termasuk tenaga pengajar dan peserta didik. Namun bila Bapak & Ibu Guru melihat dengan jeli, dunia digital juga “menawarkan” persebaran ilmu para guru tanpa dibatasi oleh geografis.

Salah satu diantaranya adalah terciptanya Podcast.

Apa itu Podcast

Podcast adalah konten audio yang belakangan ini digemari oleh kalangan muda. Karena kontennya dapat “dinikmati” dengan cara di dengarkan secara langsung maupun di unduh melalui gadget masing-masing. Oleh karena itu tak berlebihan jika menganggap podcast sebagai media pembelajaran baru bagi murid.

Contoh Aplikasi Podcast

Dengan modal yang minim pun konten ini mudah diproduksi dibandingkan konten-konten lainnya. Kalau Bapak & Ibu Guru ingin membuat podcast berupa konten edukasi, berikut 5 daftar aplikasi podcast yang bisa digunakan.

1. Google Podcast

Aplikasi podcast dari Google. Bisa didapatkan dengan gratis di Google Play Store. Dengan menggunakan Google Assistant, Anda dengan mudah bisa mendengarkan podcast lebih cepat.

2. Noice

Inilah aplikasi podcast dari Indonesia yang menawarkan berbagai ragam format selain podcast seperti radio, audiobook, dan live audio.

3. Spotify

Aplikasi yang satu ini sudah sangat populer sebagai aplikasi streaming musik. Selain musik aplikasi ini juga dapat mendengarkan podcast. Untuk menikmati fitur yang lebih lengkap, harus beli yang premium dulu

4. Anchor

Merupakan aplikasi yang memiliki fitur editing, sehingga Bapak & Ibu Guru dapat langsung mengedit rekamannya di aplikasi ini.

5. Castbox

Selain dapat mendengarkan podcast secara online maupun offline, Bapak & Ibu Guru dapat membuat kanal podcast sendiri. Aplikasi ini pun pernah mendapatkan beberapa penghargaan “Most Entertaining App” dan “Top Trending Apps” dari Google Play.

Kontribusi dari Bapak & Ibu Guru pengajar tentu saja akan meningkatkan konten yang berkualitas di Indonesia. Pembahasan materi ajar pun dapat dijelaskan lebih lanjut karena durasi podcast itu sendiri tidak terbatas.

Bahkan Bapak & Ibu dapat membuat sub-bab atau bisa dibilang series podcast dari suatu materi ajar. Sehingga peserta didik mendapatkan ilmu yang mungkin tidak tercantum dalam buku ajar dan lebih komplit pemahamannya.

5AplikasiPodcastRecommended!
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -

Rekomendasi Artikel