Anton Adhy Pujianto, S. Pd., M. Pd

Kunjungi Profil

TIPS MENJADI GURU INOVATIF MASA KINI

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi mengalami perubahan begitu pesat  di Abad ke-21 ini. Perubahan-perubahan itu harus kita iringi dengan kompetensi Sumber Daya Manusia yang mumpuni. Keterampilan-keterampilan harus di update dan upgrade mengikuti perkembangan zaman tetapi harus tetap memegang teguh nilai-nilai keagamaan. Keterampilan di Abad-21 ini meliputi Keterampilan Communication, Critical Thinking, Collaboration, dan Creativity serta Innovation

Pendidikan adalah alat yang paling ampuh untuk untuk mengubah dunia (Nelson Mandela). Melalui pendidikan, kita menjadi insan yang beriman dan berpengetahuan. Proses pendidikan yang baik dijalankan  oleh guru-guru hebat yang selalu terus mengimprove diri menjadi guru yang kreatif dan inovatif sejalan dengan keterampilan Abad 21. Inovasi atau mati, ya... sebuah pilihan yang harus ditempuh guru agar menjadi terus hidup dalam melahirkan anak-anak generasi masa depan yang dapat diandalkan. 

Inovasi terbagi menjadi 2 yaitu Inovasi secara radikal dan struktural.  Inovasi secara radikal terjadi apabila seorang guru melakukan sesuatu secara total atau menyeluruh yang betul-betul menghasilkan sesuatu yang baru dimana sebelumnya tidak ada menjadi ada. Inovasi secara struktural yaitu sebuah penemuan baru yang berasal dari aksi-aksi yang dilakukan secara step by step  dan dilakukan berulang ulang dalam sebuah prosesnya.  Ada beberapa hal yang harus dilakukan guru secara terstruktur atau struktural untuk menjadi guru inovatif, antara lain:

  1. Mempunyai kemauan yang kuat untuk menghasilkan karya-karya terbaru.
  2. Terus menambah wawasan dan jam terbang.
  3. Banyak melakukan penelitian dan publikasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan seperti merancang perencanaan pembelajaran (Membuat mapping, learning eksperiantial, Mengembangkan berbagai media pembelajaran baik digital ataupun sebaliknya. Membuat dan mencari bahan ajar digital ataupun masih manual, Menggunakan metode belajar yang  menstimulus Hight Order Thinking Skills, Menggunakan berbagai soft ware assesment tools dalam evaluasi  pembelajaran, dan Pemanfaatan platform belajar berbasis ICT.   

 

guruinovatifInnovationEducationforEveryone
Komentar (3)

Tuliskan Komentar Anda

Komentar Terbaru

Anton Adhy Pujianto, S. Pd., M. Pd
2 bulan yang lalu

Aminn semoga bermanfaat


Saya Mustakim
2 bulan yang lalu

terima kasih ilmu nya inggih, bapak


Filsiana Nur Alif Rosdiani, S.Si
2 bulan yang lalu

Barakallahu Pak Tetaplah Jadi Guru yang Inovatif bukan hanya untuk murid-murid tapi untuk sekitar