Tips Mengajar Bagi Guru Baru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 27 Mar 2023

Tips Mengajar Bagi Guru Baru

Sebagai guru baru, tentunya bukanlah hal yang mudah. Pada hari pertama mengajar tentunya perasaan ragu dan takut akan mendominasi seperti “apakah nanti siswa akan mengerti materi yang sedang diajarkan” atau “apakah siswa akan bosan dan jenuh” dan beberapa pertanyaan lainnya.

Seputar Guru

Glori Cellene Kelly

Kunjungi Profile
3254x
Bagikan

Menjadi guru baru bukanlah hal yang mudah. Pada hari pertama mengajar pasti ada perasaaan canggung, ragu, dan pikiran-pikiran yang mendistraksi lainnya seperti “apakah nantis siwa akan mengerti apa saya ajarkan?” atau “apakah metode yang saya gunakan dapat membuat mereka lebih bersemangat dalam belajar?" dan masih banyak lagi. Pikiran-pikiran di atas dapat menghambat proses belajar-mengajar. Pada tahap lebih lanjut, apabila pikiran tersebut tidak diatasi maka Anda dapat kehilangan motivasi dan fokus yang dapat berdampak pada suasana kelas yang kurang menyenangkan. Namun, Bapak/Ibu tidak perlu khawatir, berikut kami berikan lima tips terbaik bagiamana menjadi guru baru yang siap dan menyenangkan. Simak penjelasan sampai akhir ya!

1. Menyiapkan Materi sebelum Jam Pelajaran

Mempelajari materi sebelum jam belajar dapat membantu dalam mempersiapkan diri sebelum mengajar (Sumber: Canva)

Sebelum mengajar, tentunya Bapak/Ibu harus menyiapkan materi apa yang akan diberikan kepada siswa terlebih dahulu. Oleh karena itu, susunlah materi ajar lengkap dengan metode terbaiknya agar selama proses pembelajaran Anda lebih siap dan menguasai bahan pembelajaran. Selain itu, Anda dapat berdiskusi dengan guru-guru lain yang memiliki pengalaman yang lebih tinggi untuk lebih mendalam memahami berbagai karakter peserta didik. Kesiapan Bapak/Ibu dalam pembelajaran dapat membuat Anda lebih percaya diri untuk dapat menjadwab berbagai pertanyaan dan berdiskusi dengan peserta didik. 

2. Melatih Diri sebelum Jam Pelajaran

Tantangan terbesar bagi guru baru adalah perasaan canggung saat mengajar. Agar lebih terbiasa dengan respons siswa, Anda dapat melatih diri Anda sebelum pelajaran baik di depan cermin maupun dibantu oleh teman. Simulasi pembelajaran dapat membantu Anda lebih percaya diri dan mengevaluasi apa saja yang perlu Anda perbaiki agar dapat memberikan pembelajaran secara maskimal. 

3. Memperkenalkan Diri dengan Cara yang Unik 

Sebagai guru baru, Anda perlu memberikan kesan pertama yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga unik. Sangat perlu bagi Anda untuk menunjukkan sikap ramah, tegas, dan menyenangkan agar siswa merasa nyaman serta hormat kepada Anda sebagai guru. Bapak/Ibu juga dapat memulai kelas dengan cara yang unik seperti memperkenalkan diri dengan video animasi dan masih banyak lainnya. 

4. Selipkan Humor

Senda gurau dapat membantu mengalihkan rasa bosan dan kantuk (Sumber: Canva)

Suasana kelas yang menegangkan dan monoton dapat menganggu motivasi peserta didik selama pembelajaran. Oleh karena itu, Bapak/Ibu dapat menyisipkan humor, candaan, dan teka-teki selama proses belajar-mengajar. Dengan humor tersebut, siswa dapat lebih nyaman dan kembali fokus pada materi pembelajaran. Teknik tersebut dapat membantu Anda sebagai guru baru dalam membentuk suasana kelas yang aktif, menarik, dan inovatif. 

5. Mengapresiasi Usaha Siswa

Menjaga perasaan siswa sangat penting bagi seorang guru baru, oleh karena itu jangan lupa untuk mengapresiasi siswa yang berani bertanya dan aktif selama pembelajaran. Memberikan apresiasi dapat mendorong siswa lainnya untuk lebih aktif dan membuat suasana kelas lebih menyenangkan. 

 

Demikianlah lima tips terbaik sebagai guru baru yang dapat kami berikan. Semoga tips tersebut dapat membantu Anda mempersiapkan diri dalam proses belajar mengajar. Menjadi guru adalah pekerjaan yang mulia dan terhormat, apabila Anda sudah memberikan segala upaya yang terbaik maka hasil yang akan diperoleh juga akan baik. Semangat untuk semua guru di Indonesia! Majua terus pendidikan bangsa!

Bedah tuntas topik dan kurikulum pelatihan beserta tips & trik menjadi seorang trainer dalam webinar Introduction to Learning and Teaching Process. GRATIS!


Penulis: Glori Cellene
Penyunting: Yandi Chidlir

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kupas Singkat Mengenai Kurikulum Merdeka
4 min
Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju di 77 HUT PGRI

SAEPULLATIP

Nov 16, 2022
2 min
KESEHATAN MENTAL BAGI GURU DI SEKOLAH OLEH CHOIRUN NISA S.Pd
3 min
Mengenal Roblox, Media Pembelajaran Terbarukan di Era Digital
4 min
SEHAT-SEHAT KITA SEMUA
Mental guru yang sehat dapat mewujudkan kualitas pendidikan yang hebat

Siti Aisyah S.Pd

Nov 15, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar