Literasi Digital Pemrograman Asyik dengan Flowgorithm - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 05 Sep 2023

Literasi Digital Pemrograman Asyik dengan Flowgorithm

Banyaknya platform digital yang bisa dimanfaatkan terutama oleh guru mata pelajaran Informatika seperti Saya, sangat bermanfaat dan memudahkan para pengajar memberikan literasi dan perkembangan teknologi dengan asyik dan menyenangkan !

Seputar Guru

era suci pratiwi

Kunjungi Profile
427x
Bagikan

Hallo, Bapak Ibu guru inovatif !
Izinkan Saya untuk bercerita mengenai sedikit pengalaman Saya selama menjadi guru Informatika, hal ini mungkin akan menjadikan Bapak Ibu guru mencoba pengalaman baru seperti Saya.

Dari beberapa pelatihan In House Training yang pernah Saya ikuti, teknologi berkembang semakin pesat, terlebih Saya sendiri guru mata pelajaran Informatika, gengsi dong jika saya tidak 'melek' teknologi.

Lalu saya mencari materi dimana peserta didik kurang antusias saat KBM. Dan menurut saya, materi pemrograman adalah materi full praktek namun didalamnya juga terdapat literasi yang menuntut peserta didik untuk memahami dan bernalar kritis.

Setelah observasi berbagai sumber media sosial, saya mencoba mengajar dengan model yang sudah dipelajari saat mengikuti sertifikasi guru, yaitu model PBL. Dan mengeksplorasi diri Saya dengan mencoba aplikasi pemrograman untuk peserta didik tingkat SMA, akhirnya jatuh hati Saya dengan flowgorithm.

Dengan flowgorithm yang userfriendly, peserta didik bisa lebih mudah melakukan step by step membuat flowchart yang memiliki warna berbeda di setiap simbolnya, sehingga lebih mudah dan cepat dipelajari. Sampai melakukan run pada console yang sudah disediakan, dari membuat program yang mudah sampai sulit, peserta didik dilatih mandiri, bernalar kritis, dan melakukan kreasi sesuai dengan apa yang diinginkan peserta didik, semisal membuat program luas segitiga, keliling, dll.

Ya seperti inilah kira2 ekspresi saya saat mengajar flowgorithm, antusias peserta didik memberikan semangat baru. Semoga dengan adanya banyak platform yang easy use dan gratis, membuat guru lebih mudah memberikan penjelasan kepada peserta didik maupun memberikan pelatihan guru dimanapun dan kapanpun diperlukan. Semangat literasi ! Menjadi lebih asyik !

#GuruInovatif #LombaArtikelS4 #ArtikelGI #LombaGI


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Psikologi Pendidikan untuk Tenaga Pendidik
5 min
Menyambut Generasi Emas

suerwan

Nov 02, 2022
11 min
Strategi Kesejahteraan Guru: Panduan untuk Mengelola Stres dan Meningkatkan Keseimbangan Hidup dalam Dunia Pendidikan

Jesse Christiami

Nov 30, 2023
1 min
Tips dan Trik Mengajar Guru Inovatif Masa Kini
2 min
Guru Bukan Robot, Punya Rasa Punya Hati
Metakognitif, Keterampilan yang Sering Terlewatkan Dalam Pendidikan
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB