PEMANFAATAN OFFICE 365 DALAM PEMBELAJARAN - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Mei 2023

PEMANFAATAN OFFICE 365 DALAM PEMBELAJARAN

Office 365 untuk Pendidikan adalah kumpulan layanan yang memungkinkan Anda bekerja sama dan berbagi tugas sekolah.

Dunia Pendidikan

Petrus Paulus Puru Tukan, S.Si, M.Pd

Kunjungi Profile
1561x
Bagikan

PEMANFAATAN OFFICE 365 DALAM PEMBELAJARAN 

Office 365 untuk Pendidikan adalah kumpulan layanan yang memungkinkan Anda bekerja sama dan berbagi tugas sekolah. Layanan ini tersedia bagi pemberi pinjaman yang saat ini bekerja di lembaga akademis dan para siswa yang sedang menempuh pendidikan di suatu lembaga akademis. Layanan mencakup Office Online (Word, PowerPoint, Excel, dan OneNote), penyimpanan OneDrive, situs Share Point, dan Yammer.  Apakah sekolah Anda melihat perubahan radikal dalam penerapan teknologi selama pandemi?  Blended Leraning sering terdengar di saat masuk sulit masa sulit menggemparkan dunia pendidikan. Blended learning adalah model pedagogis yang mencakup beberapa gaya pengajaran dan pembelajaran yang direncanakan pada siswa dengan teknologi terintegrasi. Komitmen utama pembelajaran campuran atau Belended Leraning ini adalah agar siswa menghabiskan sebagian waktu belajar mereka menggunakan perangkat digital, dan sebagian waktu belajar mereka dalam mode tatap muka tradisional. Blended learning dirancang untuk memungkinkan guru menyusun waktu belajar dengan siswa mereka yang menawarkan kontrol siswa mereka atas waktu, tempat, dan kecepatan pembelajaran mereka. Pembelajaran Belended berbeda dengan pembelajaran jarak jauh, atau model hibrid (sebagian di kampus/sebagian jarak jauh).  

Ada beberapa model blended learning, diantaranya: 

  1. Empat model rotasi: rotasi rotasi, rotasi laboratorium, rotasi sebaliknya, dan rotasi individu 
  2. Modelnya fleksibel 
  3. Model ala carte 
  4. Model virtual yang diperkaya 

Model pembelajaran campuran ini dapat diterapkan oleh guru (dan sekolah). Setiap model memiliki cara khusus untuk menargetkan pengajaran dan pembelajaran. Masing-masing juga menggabungkan busur pembelajaran campuran dan memungkinkan siswa untuk memiliki beberapa agensi dari waktu ke waktu (kapan), ruang (di mana mereka belajar), kecepatan (kecepatan dan tingkat pembelajaran), dan jalur (cara mereka belajar). 

Model Rotasi 

Siswa bergilir pada jadwal tetap atau yang dipimpin guru untuk menemukan pengalaman belajar dengan setidaknya satu keberanian. Ada empat cara berbeda untuk rolrotasi: 

  1. Rotasi stasiun – Semua siswa berputar melalui setiap rotasi. 
  2. Rotasi lab – Siswa berotasi ke lab komputer untuk pembelajaran online. 
  3. Flipped classroom – Pengiriman konten utama dilakukan secara online diikuti dengan pekerjaan yang dipandu guru dan praktik secara langsung.
  4. Rotasi individu – Siswa memiliki daftar putar individu yang mereka putar atau dikerjakan dengan setidaknya satu komponen online. 

Modelnya fleksibel 

Instruksi utama adalah pengiriman online dengan pengayaan langsung melalui instruksi kelompok kecil, kelompok proyek, dan bimbingan individu sesuai kebutuhan.   

Model ala carte 

Kursus dan instruksi sepenuhnya online (diselesaikan di kampus atau di luar kampus) yang juga mengikuti pengalaman lain yang ditawarkan di dalam pusat pembelajaran atau sekolah.   

Model virtual yang diperkaya 

Siswa diharuskan untuk mengadakan sesi pembelajaran tatap muka dengan guru mereka dan kemudian menyelesaikan tugas kursus mereka yang tersisa dari jarak jauh dengan guru yang sama yang menilai pekerjaan. 

Alur Pembelajaran Campuran 

Alur pembelajaran campuran adalah proses yang digunakan guru dalam model pembelajaran campuran apa pun untuk melibatkan siswa dan memfasilitasi pengalaman belajar instruksional, baik itu blok instruksional, minggu, atau semester. 

Modalitas inti yang membingkai pengajaran dan pembelajaran dalam alur pembelajaran campuran. 

Ada empat modalitas inti yang membingkai pengajaran dan pembelajaran dalam alur pembelajaran campuran. 

  1. Diskusi kelompok : Menciptakan lingkungan pembelajaran campuran di ruang kelas dimulai dengan mengidentifikasi hasil yang diinginkan. Dengan pemikiran ini, pembelajaran campuran diluncurkan melalui diskusi kelompok (secara langsung atau menggunakan rapat Microsoft Teams) yang memulai pembelajaran dan membantu merencanakan pekerjaan yang akan dilakukan siswa secara langsung atau online.
  2. Pekerjaan Mandiri : Memberikan kesempatan bagi siswa untuk bekerja dan belajar secara mandiri untuk mempraktekkan dan menunjukkan pemahaman mereka mendorong siswa terlibat dan memiliki proses pembelajaran. Perancah guru bekerja untuk melatih siswa untuk bekerja secara mandiri untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk tumbuh sebagai pelajar. 
  3. Kolaborasi kelompok kecil : Belajar bersifat sosial dan bekerja dalam kolaborasi memupuk komunikasi siswa, inklusi, memecahkan masalah, dan komunitas. (Kolaborasi di sini berarti untuk mengkomunikasikan ide dan sumber daya secara berpasangan atau kelompok di mana semua siswa telah berbagi tanggung jawab untuk memiliki kontribusi mereka, secara kolektif membuat keputusan, dan saling bertanggung jawab atas produk atau tanggapan kelompok bersama.) Guru dalam pembelajaran campuran kelas Merancang cara untuk semua siswa untuk bekerja dalam kelompok kecil. 
  4. KERJA: 1:1 check-in : Memantau kerja mandiri dan kolaboratif siswa selama proses pembelajaran sangat penting bagi kemajuan dan pertumbuhan siswa dan guru. Mengumpulkan dan menganalisis data dari pekerjaan yang diperagakan siswa membentuk dukungan masa depan bagi siswa dan kesempatan mengajar bagi guru. 
  5. TUTUP: Kelompok diskusi , Guru dan siswa kembali ke kelompok diskusi untuk menutup busur pembelajaran campuran dengan berbagi pengetahuan yang diperoleh, pemahaman baru, pujian, dan refleksi tentang hasil, proses pembelajaran, kecepatan, dan keterlibatan siswa selama pembelajaran. Diskusi kelompok juga merupakan waktu untuk pertanyaan, ide, dan cara mendemonstrasikan pembelajaran yang dapat mendukung peluncuran busur pembelajaran baru (atau berikutnya). 

 

Source: Michael B. Horn and Heather Staker, Blended: Using Disruptive Innovation to Improve Schools (San Francisco: Jossey-Bass, 2014). 

Petrus Paulus Puru Tukan 

Peserta Orbit Guru Merdeka, Flores Timur, NTT

Kata Kunci : Pelatihan Guru, Sertifikasi Guru, Pelatihan In House Training (IHT)

#GuruInovatif, #LombaArtikelS3, #ArtikelGI, #LombaGI


Penyunting: Putra

5

1

Komentar (5)

EDI CASEDI

Jul 30, 2023

SEMANGAT, LANJUTKAN!!!

Maria Wilfrida Roja Kwuta, S.Pd

May 31, 2023

Sangat bermanfaat

RYAN RAMADHANI

May 30, 2023

keren

Petrus Paulus Puru Tukan, S.Si, M.Pd

May 31, 2023

Terima kasih...

Balas

Lihat Komentar Lainnya

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Memperbaiki Kualitas Pendidikan Indonesia
4 min
Pembelajaran yang Super Seru dengan Canva, Kunci Kesuksesan Pendidikan Interaktif
2 min
Pentingnya Literasi Digital dalam Pendidikan

BUSTANOL ARIFIN

Aug 19, 2023
3 min
Peranan Penting Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan

HIKMAN NABIL ZIFA

Sep 09, 2023
59 sec
Literasi Digital: Suara Pelajar di Era Teknologi

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
1 min
Berdigital Memudahkan Beragam Aspek dalam Pendidikan

Bona Ventura

Sep 11, 2023
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB