Peranan Penting Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 09 Sep 2023

Peranan Penting Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan

Manfaat literasi digital dalam pendidikan

Dunia Pendidikan

HIKMAN NABIL ZIFA

Kunjungi Profile
1537x
Bagikan

Peranan Penting Literasi Digital Dalam Dunia Pendidikan
Literasi Digital memiliki peranan penting di dalam dunia pendidikan. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), survei penggunaan dan pemanfaatan teknologi dan informasi  pada tahun 2018 dalam sektor pendidikan, SD  dan sederajat 64,55 persen, SMP dan sederajat sebanyak 19,22 persen, dan SMA dan sederajat sebanyak 16,23 persen. Hal ini tidak memungkinkan bahwa literasi digital dalam dunia pendidikan tidak penting, melainkan sangat penting. Berbagai kebutuhan yang tidak bisa dihindari adalah digitalisasi, bahkan setiap hari kita memerlukannya.

Literasi digital yang baik tidak hanya membantu siswa dan guru untuk sukses dalam dunia digital, tetapi juga melindungi mereka dari risiko dan konsekuensi negatif yang mungkin timbul dari penggunaan teknologi yang tidak bijak.

MANFAAT LITERASI DIGITAL
Dilansir dari Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19 (2020) karya Eti Sumiati dan Wijonarko, literasi digital telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. Manfaat tersebut di antaranya: Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu. Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi. Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca. Meningkatkan kemampuan verbal individu. Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu. Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Yuk, Kenali Istilah-istilah di Dunia Perkuliahan! Maba Wajib Tahu!

kampus inovatif

Nov 15, 2023
3 min
Membentuk Agora Masa Kini
3 min
Eksplor Sidig Pustaka, Lejitkan P5

RR. ALISA

Sep 10, 2023
49 sec
Mengintegrasikan Permainan Tradisional dalam Pembelajaran: Membangun Karakter Siswa dengan Nilai-Nilai Lokal
3 min
PROGRAM SISWA PENGGERAK SEBAGAI IMPLEMENTASI P5 DI SMKN 1 BANJAR

DENI SUHARYANTO

May 29, 2023
3 min
Analisis Evaluasi Pembelajaran TIK Kelas VIII di Pondok Pesantren Diniyyah Pasia

RAHMA YANTI

Jul 25, 2023
8 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB