Kipin School 4.0 Revolusi Pembelajaran Digital di Kelas - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Agu 2023

Kipin School 4.0 Revolusi Pembelajaran Digital di Kelas

KIPIN (Kios Pintar) School 4.0 adalah Mobile aplikasi untuk menerapkan pembelajaran berbasis digital (DigiSchool) dengan mudah, dan menyenangkan.

Dunia Pendidikan

Deris Susiyanto, S.Pd.SD

Kunjungi Profile
1507x
Bagikan

Pendidikan adalah inti dari perkembangan manusia dan masyarakat. Di era digital ini, teknologi telah membawa perubahan besar dalam hampir setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi terbaru yang tengah meraih perhatian adalah KIPIN (Kios Pintar) School 4.0. Konsep ini menggabungkan teknologi dengan proses pembelajaran di dalam kelas, menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan efektif.

Apa Itu KIPIN (Kios Pintar) School 4.0?

KIPIN (Kios Pintar) School 4.0 merupakan sebuah platform interaktif yang mengintegrasikan teknologi dengan proses pembelajaran di dalam kelas. Berbeda dari model pembelajaran tradisional yang hanya mengandalkan buku teks dan guru sebagai sumber informasi utama, kios pintar ini memberikan akses langsung kepada siswa pada beragam konten pembelajaran digital. Ini mencakup materi pembelajaran dalam bentuk video, latihan tryout, komik literasi, sistem ujian online, dan sumber daya digital lainnya.

Manfaat KIPIN (Kios Pintar) School 4.0 dalam Belajar Digital di Kelas

Pembelajaran yang Lebih Menarik: Konten digital seperti video pembelajaran, latihan tryout, komik literasi, sistem ujian online dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hal ini dapat memotivasi mereka untuk terlibat lebih dalam dalam proses belajar.

Sumber Gambar: Aplikasi Kipin School 4.0

Akses Kepada Beragam Materi: Kios pintar membuka pintu kepada berbagai sumber daya pembelajaran. Siswa dapat mempelajari konsep yang sulit dipahami melalui berbagai cara yang lebih mudah dimengerti, seperti visualisasi dalam bentuk video.

Sumber Gambar: Aplikasi Kipin School 4.0

Pembelajaran Mandiri: Dengan akses ke kios pintar, siswa dapat belajar mandiri sesuai dengan kecepatan mereka. Mereka dapat mengulangi materi yang sulit atau melanjutkan ke tahap berikutnya jika mereka sudah memahami konsep tertentu.

Pengayaan Pendidikan: Kios pintar tidak hanya berfokus pada materi pelajaran inti, tetapi juga dapat menyediakan materi pengayaan untuk siswa yang ingin mengeksplorasi lebih jauh.

Membantu Guru dalam Penyampaian Materi: Guru dapat menggunakan kios pintar sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi. Mereka dapat menggabungkan konten digital dengan metode pengajaran tradisional untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang holistik.

Sumber Gambar: Aplikasi Kipin School 4.0

Pelacakan Kemajuan Siswa: Platform ini dapat memberikan data tentang kemajuan individu siswa. Ini membantu guru dan orang tua memahami area di mana siswa mungkin mengalami kesulitan dan memberikan perhatian tambahan sesuai kebutuhan.

Tantangan dan Solusi

Meskipun potensi besar yang dimilikinya, implementasi kios pintar belajar digital di kelas juga menghadapi beberapa tantangan:

Akses Teknologi: Tidak semua sekolah atau siswa memiliki akses yang sama terhadap perangkat teknologi. Solusinya bisa berupa penyediaan perangkat di sekolah atau memberikan opsi bagi siswa untuk membawa perangkat pribadi mereka.

Pelatihan Guru: Guru perlu diberikan pelatihan untuk mengintegrasikan teknologi dengan pembelajaran secara efektif. Pelatihan ini akan membantu mereka memaksimalkan potensi kios pintar dalam pengajaran.

Konten Berkualitas: Konten yang disediakan dalam kios pintar haruslah berkualitas tinggi dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Pemantauan dan Evaluasi: Sistem pemantauan dan evaluasi harus diterapkan untuk memastikan bahwa kios pintar benar-benar memberikan dampak positif pada pembelajaran siswa.

Kios Pintar: Mengarah Menuju Masa Depan Pembelajaran

Pendidikan adalah investasi untuk masa depan, dan penggunaan teknologi seperti kios pintar belajar digital di kelas dapat menjadi kunci dalam membentuk pembelajaran yang lebih dinamis dan relevan. Dengan memanfaatkan teknologi ini secara bijaksana, kita dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia yang terus berubah. Namun, perlu diingat bahwa teknologi hanyalah alat, dan peran guru tetap sangat penting dalam membimbing dan mendorong perkembangan siswa secara holistik.

#GuruInovatif #LombaArtikelS4 #ArtikelGI dan #LombaGI


Penyunting: Putra

4

1

Komentar (4)

EKA ZULYANA

Aug 14, 2023

Luar biasa. Sangat menginspirasi

Deris Susiyanto, S.Pd.SD

Aug 14, 2023

Terimakasih buk

Balas

ROZA YELFINA

Aug 12, 2023

Mantap sangat menginspirasi. Mudah-mudahan kami juga bisa memanfaatkan Kipin School 4.0 agar pembelajaran di kelas lebih menyenangkan dan menarik bagi murid.

Deris Susiyanto, S.Pd.SD

Aug 12, 2023

terimakasih buk, semoga ke depan sekolahnya juga bisa memanfaatkan kipin sebagai salah satu platform digital

Balas

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Wawasan Wiyata Mandala untuk Menciptakan Pendidikan Inklusif
3 min
Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Mental Anak
4 min
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital

SRIAGUNGGB

Sep 06, 2023
5 min
Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru dan Murid
6 min
Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Transformasi Menuju Pendidikan yang Lebih Berkualitas
6 min
Jati Diri Pendidikan Nonformal
10 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar