INGIN MENJADI GURU INOVATIF ? TERAPKAN 5 LANGKAH INI - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 02 Jul 2022

INGIN MENJADI GURU INOVATIF ? TERAPKAN 5 LANGKAH INI

Guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut. Di abad 21 ini menjadi seorang guru tentunya tidaklah mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi ketika menjadi guru. 

Tutorial

Dwi Nugroho

Kunjungi Profile
10846x
Bagikan

Guru adalah seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk mengajarkan suatu ilmu, mendidik, mengarahkan, dan melatih muridnya agar memahami ilmu pengetahuan yang diajarkannya tersebut. Di abad 21 ini menjadi seorang guru tentunya tidaklah mudah, banyak rintangan yang harus dihadapi ketika menjadi guru. 

Menjadi guru yang inovatif  adalah  sebuah tuntutan yang tidak bisa ditawar-tawar dan dielakkan lagi. Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kader-kader muda bangsa. Sedangkan penanggung jawab utama masa depan kader-kader muda tersebut salah satunya berada di pundak guru, karena gurulah yang langsung berinteraksi dengan peserta didik dalam membentuk kepribadian, memberikan pemahaman, menerangkan imajinasi dan cita-cita, membangkitkan semangat, dan menggerakkan kekuatan dan potensi dahsyat dari peserta didik.

Guru inovatif adalah guru yang memiliki gagasan-gagasan baru yang didasari berbagai pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang diaktualisasikan dalam berbagai tugas pembelajaran, seperti inovasi terhadap bahan ajar. Inovasi diterapkan oleh seseorang dalam rangka memecahkan permasalahan secara efektif dan efisien.

Menjadi guru inovatif berati paham untuk tidak menyama-ratakan bahwa semua siswa harus memenuhi standar kualifikasi yang sama. Karena setiap anak memiliki karakter mereka sendiri. Maka guru inovatif harus mampu mengenali kelebihan masing-masing siswanya bukan berfokus pada kekurangannya, dan gunakan keunggulan siswa tersebut untuk membangkitkan kolaborasi antar bidang yang dapat menunjang lebih manfaat keunggulan tersebut.

Ingin tahu langkah-langkah menjadi guru inovatif di masa kini? Yuk simak penjelasan berikut ini.

1. Menguasai Materi Pembelajaran

Menguasai materi pembelajaran merupakan syarat utama menjadi seorang guru inovatif. Dengan menguasai materi pembelajaran proses kegiatan dikelas menjadi lebih produktif dan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Penyampaian materi pembelajaran dengan baik dan teratur bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan oleh guru. Jika guru menguasai materi pembelajaran maka guru bisa memahami dan mengetauhi pola mengatur tugas yang akan diberikan kepada peserta didik.

2. Memanfaatkan Teknologi Sebagai Sarana Pembelajaran

Di era digital seperti ini sebagai seorang guru harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi. Penggunaan teknologi sebagai sarana belajar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik karena akan lebih menarik sehingga terhindar dari rasa jenuh selama proses pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pendidikan memang memiliki banyak manfaat untuk keberlangsungan pembelajaran, namun sebagai seorang guru yang inovatif harus bisa mengkontrol penggunaan teknologi para peserta didiknya karena mudahnya akses infomasi yang bisa didapatkan dari teknologi tidak hanya informasi positive tetapi juga informasi negatif.

3. Solution Maker

Seorang guru inovatif dapat menjadi solution maker atau pemberi solusi bagi para siswanya dengan melatih para siswanya untuk dapat menemukan solusi yang tepat dan sistematis dalam setiap masalah dalam belajarnya bahkan sampai lulus dari sekolah dapat digunakan para siswa dalam kehidupan dan kesuksesan masa depanya.

4. Meningkatkan Kreativitas Diri

Sebagai seorang guru kita harus mampu berfikir kreatif karena itu akan melahirkan kreativitas. Kreativitas tidak harus selalu menghasilkan produk konkrit tetapi meliputi seluruh aspek kehidupan salah satunya berupa ide. Kreativitas sangat penting untuk menyiasati segala keterbatasan yang ada di sekolah. Kreativitas berpengaruh langsung positif terhadap inovasi guru. Hal ini berarti bahwa guru yang memiliki kreativitas yang tinggi akan dapat meningkatkan inovasi guru.

5. Mengembangkan Inovasi Dalam Pembelajaran

Inovasi pembelajaran merupakan sesuatu keharusan yang mesti dimiliki atau dilakukan oleh guru guna menghadirkan pembelajaran yang menarik dan berkualitas. Dengan melakukan inovasi maka pembelajaran akan menjadi lebih hidup dan bermakna. Sehingga diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para peserta didik agar lebih giat dan senang belajar. Inovasi yang dilakukan oleh guru diharapkan akan bermanfaat dan berdampak positif bagi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Itulah 5 langkah yang harus diterapkan ketika anda ingin menjadi guru yang inovatif dimasa kini. Menjadi guru inovatif bukan sekedar tentang seberapa canggih alat yang digunakan untuk mengajar namun guru inovatif adalah keterpaduan antara kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran dengan pehamahan akan kebutuhan belajar siswa berdasarkan kemampuannya.

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Beraksi dan berinovasi dengan media di zaman now memudahkan guru dan menyenangkan siswa
1 min
Perbedaan Shared Hosting dan VPS, Mana yang Lebih Baik?

Bhang sad

Jul 10, 2022
3 min
Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21

SRIAGUNGGB

Sep 08, 2023
6 min
Memanfaatkan sampah sebagai salah satu media inovasi pembelajaran
1 min
Pandemi dan Guru Inovatif
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB