GI Class #93 | Mapping Minat dan Bakat Siswa: Jembatan Anak Raih Kesuksesan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 01 Apr 2024

GI Class #93 | Mapping Minat dan Bakat Siswa: Jembatan Anak Raih Kesuksesan

Pengembangan minat bakat siswa oleh guru sangat penting. Hal ini ditunjukkan supaya siswa lebih peduli dan mengetahui potensi dalam dirinya. Guru memiliki peran krusial dalam mengembangkan minat dan bakat. Hal ini dilihat melalui peran guru yang dapat membantu proses pengenalan diri siswa di sekolah

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
438x
Bagikan

Pada hari Jumat tanggal 29 Maret 2024 telah diselenggarakan online workshop Guru Inovatif Class #93 oleh Guruinovatif.id yang mengangkat tema “Mapping Minat dan Bakat Siswa: Jembatan Anak Raih Kesuksesan”. Event ini dibersamai oleh Fitrini Chow, selaku trainer Guruinovatif.id.

Apa itu Minat Bakat?

Dalam pendidikan, pengembangan minat bakat siswa oleh guru sangat penting. Hal ini ditunjukkan supaya siswa lebih peduli dan mengetahui potensi dalam dirinya. Minat mengacu pada kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu, gairah, dan keinginan terhadap sesuatu. Selain itu, bakat mengacu pada kepandaian, sifat pembawaan yang dibawa sejak lahir.

Perbedaan lebih lanjut pada minat dan bakat yaitu, minat bisa berubah seiring perkembangan anak, mudah dikenali, dan bisa terpengaruh oleh lingkungan. Sedangkan, bakat tidak dapat berubah-ubah, pasti ada dalam diri anak, dan membantu anak untuk cepat belajar. Dari penjelasan ini Bapak dan Ibu bisa tahu mengenai pembeda antara minat dan bakat.

Peran Guru dalam Mengembangkan Minat dan Bakat

Guru memiliki peran krusial dalam mengembangkan minat dan bakat. Hal ini dilihat melalui peran guru yang dapat membantu proses pengenalan diri siswa di sekolah, seperti:

1. Berikan wawasan

Dalam hal ini guru dapat memberikan penjelasan dan pengertian akan wawasan yang baru. Siswa dan siswi juga mendapatkan kesempatan untuk bereksplorasi.

Baca juga:
MENUMBUHKAN MINAT LITERASI SISWA MELALUI PEMBUATAN KOMIK STRIP DENGAN MEDIA CANVA

2. Memotivasi

Guru dapat memberikan motivasi yang dapat mendukung anak menemukan minat dan bakat. Dalam hal ini siswa dan siswi tidak mudah menyerah karena guru membantu proses menemukan minat dan bakat.

3. Melibatkan orang tua

Guru juga bisa bekerja sama dengan orang tua sebagai teman untuk mendukung perkembangan anak menjadi lebih baik.

4. Mengembangkan kemampuan

Seorang guru harus mendukung siswa untuk mengasah diri siswa dan siswi. Pengembangan kemampuan tidak mengenai akademis tetapi non-akademis. Hal ini dapat menciptakan pengalaman baik bagi perkembangan siswa dan siswi.

GI Class #93 | Mapping Minat dan Bakat Siswa: Jembatan Anak Raih Kesuksesan

Tips Guru Membantu Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa

Seorang guru wajib membantu dalam mengembangkan minat dan bakat siswa dan siswi. Hal ini penting bagi perkembangan anak. Berikut tips membantu mengembangkan minat dan bakat, seperti:

1. Memiliki pemikiran terbuka

Guru harus memiliki pemikiran terbuka atau open minded. Ketika guru memiliki pemikiran terbuka maka tidak akan mudah berpikir negatif dan menutup diri pada sesuatu yang baru.

2. Mempunyai mimpi yang besar

Guru harus mengajarkan siswa mengenai mimpi yang besar bagi masa depan siswa dan siswi. Hal ini mendorong siswa dan siswi memiliki semangat, serta menemukan minat dan bakatnya.

Baca juga:
Membangun Minat Baca dan Kreativitas Siswa di Era Digital

3. Melakukan aktivitas

Seorang guru harus mencoba mengenai aktivitas baru baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini dapat membantu guru dalam menemukan minat dan bakat siswa melalui aktivitas yang dilakukan.

Mau tahu lebih lanjut mengenai mapping minat dan bakat siswa? Simak pembahasan selengkapnya termasuk contoh program yang dapat diterapkan melalui rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses secara GRATIS!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min
Bincang Gratis "Menumbuhkan Jiwa Seni pada Anak" Bersama Reda Gaudiamo.
1 min
GI Class #101 | Strategi Mengenal Tipe Belajar Siswa pada Awal Tahun Ajaran Baru
3 min
70 Kepala Sekolah di Yogyakarta Menghadiri Pelatihan School Leader Gathering Executive dari GuruInovatif.id
2 min
Webinar “Memperkuat Literasi untuk Guru”
2 min
KOSP dan Kurikulum Merdeka: Memahami Hubungan Vitalnya
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar