GI Academy #41 | Google Slide untuk Pembelajaran: Membangun Presentasi yang Interaktif dan Menyenangkan - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 21 Okt 2024

GI Academy #41 | Google Slide untuk Pembelajaran: Membangun Presentasi yang Interaktif dan Menyenangkan

GuruInovatif.id menyelenggarakan workshop online bersertifikat dengan topik “Google Slide untuk Pembelajaran: Membangun Presentasi yang Interaktif dan Menyenangkan” bersama Agus Supramono, S.Pd., Gr. M.Pd., selaku trainer GuruInovatif.id pada tanggal 18 & 19 Oktober 2024 yang lalu.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
4x
Bagikan

Pada tanggal 18 & 19 Oktober 2024 yang lalu, GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan workshop online bersertifikat Guru Inovatif Academy ke-41. Tema yang dibahas dalam workshop online ini adalah “Google Slide untuk Pembelajaran: Membangun Presentasi yang Interaktif dan Menyenangkan”. Workshop ini menghadirkan Agus Supramono, S.Pd., Gr. M.Pd. sebagai narasumbernya.

Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Presentasi

Narasumber menjelaskan, selain memengaruhi aspek kehidupan manusia secara umum, perkembangan teknologi juga memberikan “warna baru” terhadap bagaimana manusia menyampaikan atau mempresentasikan suatu hal. Jika dirunut berdasarkan perkembangan teknologi, presentasi mengalami evolusi sebagai berikut:

1. Presentasi tradisional

Agus menjelaskan bahwa presenstasi yang bersifat tradisional, seringkali bergantung pada salindia (slide) statis yang dikombinasikan dengan teks, gambar, dan grafik. Sehingga, keterlibatan kepada audiens masih terbatas. Dampaknya, hal ini dapat menyebabkan pengalaman belajar yang pasif bagi audiensnya.

2. Presentasi interaktif

Presentasi interaktif merupakan tingkatan lanjut dari membuat presentasi tradisional, yakni dapat memanfaatkan add-on dan fitur yang dapat menciptakan pengalaman yang menarik dan dinamis bagi audiens. Jenis p[resentasi ini, dapat mendorong partisipasi aktif, meningkatkan pemahaman, dan mempromosikan pembelajaran yang lebih mendalam.

Baca juga:
Presentasi Menggunakan Canva Dapat Memotivasi dalam Literasi dan Meningkatkan Kreatifitas Murid

Google Slide, Alat Pembuat Aplikasi

Dari sekian banyak aplikasi atau alat pembuat presentasi, Google merilis aplikasi pembuat presentasi yang bernama Google Slides. Aplikasi ini memiliki kelebihan tampilan antarmuka (interface) yang sederhana dan intuitif. Sehingga, aplikasi ini dapat diakses oleh pengguna dari semua tingkat.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerjasama dalam membangun presentasi yang menarik secara bersamaan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga terintegrasi dengan layanan atau produk Google lainnya seperti, Google Drive, Google Documents, Google Spreadsheet, dan layanan lainnya untuk memudahkan alur kerja yang terpadu.

GI Academy #41 | Google Slide untuk Pembelajaran: Membangun Presentasi yang Interaktif dan Menyenangkan

Google Slide juga memiliki perpustakaan add-on yang luas, sehingga memudahkan penggunanya untuk membuat presentasi yang interaktif. Karena pada perangkat lunak atau aplikasi pembuat presentasi yang lain, memerlukan keterampilan teknis yang lebih maju. Oleh karena itu, Google Slide dibuat untuk memberdayakan penggunanya dalam membuat presentasi yang menarik dengan usaha minimal.

Jenis-Jenis Add-On pada Google Slide

Dalam penjelasan berikutnya, narasumber menjelaskan beberapa jenis add-on yang bisa pendidik pakai saat menggunakan Google Slide, antara lain:

1. Elemen interaktif

Google Slide memiliki add-on yang dapat menambahkan fitur kuis, jajak pendapat, hingga formulir umpan balik (feedback) untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan audiens.

2. Integrasi multimedia

Anda juga dapat menyematkan video, berkas atau file audio, dan media lainnya untuk menyempurnakan dan mempercantik presentasi.

Baca juga:
Tips Ajarkan Public Speaking pada Murid agar Makin Percaya Diri Saat Presentasi

3. Desain dan gaya

Aplikasi ini juga memiliki perpustakaan templat, tema, hingga font untuk menyesuaikan tampilan dan nuansa dari presentasi yang Anda buat.

4. Visualisasi data

Google Slide juga memiliki add-on untuk mempercantik dan memudahkan audiens untuk membaca data dalam bentuk bagan, grafik, hingga infografis yang dinamis dan efektif.

Narasumber kemudian juga memberikan contoh serta praktik dalam memanfaatkan berbagai add-on yang ada pada Google Slide dalam workhop ini. Simak praktik penggunaan add-on dari Google Slide dalam rekaman berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami di https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Gabung keanggotaan membership GuruInovatif.id

Saya ingin gabung membership GuruInovatif.id!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pilihan Tema In House Training bersama Guru Inovatif
1 min
Kupas Tuntas TOEFL untuk Tenaga Pendidik, Mahasiswa, dan Umum
1 min
Urgensi Pendidikan Multikultural dalam Membangun Iklim Kebinekaan
2 min
Bincang Gratis "Menumbuhkan Jiwa Seni pada Anak" Bersama Reda Gaudiamo.
1 min
Komunitas Belajar sebagai Solusi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa
4 min
GI Class #99 | Teacher Self-Reflection: Pintu Kesuksesan Mengajar
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar