Cara Mengembalikan Suara yang Hilang - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Jun 2024

Cara Mengembalikan Suara yang Hilang

Kehilangan suara bisa menjadi pengalaman yang menyebalkan, terutama bagi mereka yang mengandalkan suara dalam pekerjaan sehari-hari, seperti guru, penyanyi, dan presenter

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
191x
Bagikan

Kehilangan suara bisa menjadi pengalaman yang menyebalkan, terutama bagi mereka yang mengandalkan suara dalam pekerjaan sehari-hari, seperti guru, penyanyi, dan presenter. Ketika suara hilang, aktivitas berbicara menjadi sulit dan komunikasi terganggu. Namun, ada beberapa cara efektif untuk mengembalikan suara yang hilang dan menjaga kesehatan pita suara. Artikel ini akan membahas berbagai metode alami dan praktis yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan suara, mulai dari menjaga hidrasi tubuh hingga teknik pernapasan yang tepat. Simak tips-tips berikut untuk membantu Anda mendapatkan kembali suara yang kuat dan jelas.

Penyebab Suara Hilang

Suara yang hilang, atau yang sering disebut sebagai afonia, bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab umum hilangnya suara:

1. Laringitis

Laringitis adalah peradangan pada laring (kotak suara) yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus, seperti flu atau pilek. Ini dapat menyebabkan suara serak atau hilang sepenuhnya.

2. Penggunaan Suara Berlebihan

Berbicara, menyanyi, atau berteriak terlalu banyak dan terlalu keras bisa menyebabkan iritasi dan pembengkakan pada pita suara, yang berakibat pada hilangnya suara.

3. Asam lambung

Asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat menyebabkan iritasi pada pita suara dan laring, yang mengakibatkan suara serak atau hilang.

Baca juga:
Partisipasi Siswa dalam Merdeka Mengajar: Suara Mereka Harus Didengar

4. Alergi

Alergi terhadap debu, serbuk sari, atau bahan kimia tertentu dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan laring, yang mengganggu fungsi pita suara.

5. Merokok

Merokok dapat menyebabkan iritasi kronis dan kerusakan pada pita suara, serta meningkatkan risiko kanker laring, yang bisa menyebabkan perubahan atau hilangnya suara.

6. Cedera pada pita suara

Cedera langsung pada leher atau laring, baik akibat trauma fisik atau prosedur medis seperti intubasi, dapat menyebabkan kerusakan pada pita suara dan mengakibatkan hilangnya suara.

7. Polip pada pita suara

Pertumbuhan non-kanker seperti polip atau nodul pada pita suara dapat mengganggu getaran normal pita suara, menyebabkan suara serak atau hilang.

8. Stres dan ketegangan

Stres emosional atau ketegangan otot di leher dan tenggorokan dapat menyebabkan hilangnya suara secara tiba-tiba atau berulang.

9. Kondisi medis lain

Penyakit tertentu seperti kanker laring, penyakit saraf seperti penyakit Parkinson atau stroke, dan masalah tiroid juga dapat menyebabkan perubahan atau hilangnya suara.

Cara Mengembalikan Suara yang Hilang
Ilustrasi mengeluarkan suara (Gambar: Pexels/Pressmaster)

Tips Menembalikan Suara yang Hilang

Untuk mengembalikan suara yang hilang, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Istirahat suara

Jika suara Anda hilang karena penggunaan yang berlebihan atau iritasi pada pita suara, istirahatlah sebentar. Hindari berbicara terlalu banyak atau berteriak untuk memberi kesempatan pada pita suara untuk pulih.

2. Minum air putih

Pastikan untuk mengonsumsi cukup air putih karena kelembapan membantu menjaga kelembaban pita suara. Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol yang dapat mengeringkan tenggorokan.

3. Hindari merokok

Merokok dapat merusak pita suara dan mengiritasi saluran napas. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk mengurangi atau berhenti sama sekali untuk mempercepat pemulihan suara.

Baca juga:
Literasi Digital: Suara Pelajar di Era Teknologi

4. Uap hangat

Menghirup uap hangat dapat membantu melembabkan saluran napas dan mempercepat pemulihan suara. Anda dapat melakukannya dengan cara menghirup uap dari mangkuk air panas atau menggunakan inhaler uap.

5. Garam air

Berkumur dengan larutan garam hangat dapat membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan dan mempercepat pemulihan suara.

6. Jaga kelembaban

Hindari ruangan yang terlalu kering dengan menggunakan humidifier atau meletakkan mangkuk air di ruangan Anda untuk menjaga kelembaban udara.

Itulah tips mengatasi suara yang hilang. Anda bisa mencoba sekaligus menghindari penyebab suara Anda yang hilang. Semoga tips diatas dapat membantu Anda memngembalikan suara yang hilang!

Referensi:
6 Cara Mengembalikan Suara yang Hilang

Butuh kursus yang bersertifikat? Yuk, ikuti online course GuruInovatif.id
Akses berbagai topik seputar pengajaran dan softskill yang menarik sesuai kebutuhan guru!

Daftar pilihan kursus Guruinovatif.id


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Yang Harus Diketahui Mengenai Bullying
4 min
Mengisi Tangki Cinta Anak
5 min
Guru Sang Pahlawan Pendidikan
3 min
Pentingnya Positive Parenting bagi Anak
3 min
Menghadapi Era Digital : Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital di Kalangan Siswa dan Guru

Susanti Ika

Sep 10, 2023
1 min
Karakter MURAH HATI

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar