Published 12 Jan 2023

10 Teknik Mendisiplinkan Peserta Didik

Artikel ini akan membahas pentingnya mendisiplinkan peserta didik di dalam kelas. Sebagai seorang tenaga pendidik, kita memiliki tanggung jawab besar untuk membantu setiap peserta didik berkembang dengan baik, baik secara akademik maupun secara personal

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
Bagikan

Mendisiplinkan peserta didik bukan berarti mengontrol atau menekan mereka, tapi lebih untuk membantu mereka memahami batas-batas yang sesuai dan mengembangkan kemampuan untuk mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan. Hal ini penting karena terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan memiliki disiplin yang baik. Contohnya, peserta didik yang disiplin cenderung lebih fokus pada pelajaran, lebih mudah untuk bekerja sama dengan teman sekelas, dan lebih cenderung menghargai orang lain.

Di sisi lain, kekurangan disiplin dapat menjadi penghambat bagi kemajuan peserta didik. Peserta didik yang tidak disiplin akan sulit untuk fokus pada pelajaran, cenderung mengganggu teman sekelas, dan bahkan dapat mengganggu kemajuan kelas secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita sebagai guru untuk membantu peserta didik belajar menjadi pribadi yang disiplin. Dengan demikian, kita dapat membantu setiap peserta didik berkembang dengan baik dan meraih kesuksesan yang maksimal.

10 Teknik untuk Mendisiplinkan Peserta Didik

Lalu apa saja teknik yang dapat diterapkan?

Kami akan bagikan 10 teknik yang efektif untuk mendisiplinkan peserta didik di kelas

1. Memberikan peringatan terlebih dahulu

Membuat peringatan di dalam kelas akan membantu mengondisikan suasana pembelajaran
Membuat peringatan di dalam kelas akan membantu mengondisikan suasana pembelajaran (Sumber: Freepik)

Memberikan peringatan terlebih dahulu bisa membantu peserta didik memahami bahwa tindakannya tidak sesuai dengan aturan yang berlaku dan memberikan kesempatan kepada peerta didik untuk memperbaiki tindakannya.

2. Menggunakan konsekuensi logis

Menetapkan konsekuensi logis untuk tindakan yang tidak sesuai dengan aturan dapat membantu peserta didik memahami bahwa tindakannya memiliki dampak negatif pada dirinya sendiri atau orang lain.

3. Menetapkan aturan yang jelas dan konsisten

Menetapkan aturan yang jelas dan konsisten membantu peserta didik memahami apa yang diharapkan darinya dan memudahkan proses mendisiplinkan peserta didik.

4. Menggunakan teknik “time-out

Teknik time-out berguna untuk memberikan jeda agar peserta didik lebih tenang
Teknik time-out berguna untuk memberikan jeda agar peserta didik lebih tenang (Sumber: Freepik)

Menggunakan teknik "time-out" dapat membantu peserta didik menenangkan diri dan memikirkan tindakannya yang tidak sesuai dengan aturan.

5. Memberikan pujian dan motivasi

Memberikan pujian dan motivasi kepada peserta didik yang disiplin dapat membantu meningkatkan disiplin peserta didik secara keseluruhan.

6. Menggunakan teknik “redirection

Menggunakan teknik "redirection" membantu peserta didik mengalihkan perhatiannya dari tindakan yang tidak sesuai dengan aturan ke aktivitas yang lebih positif.

7. Menggunakan teknik “ignoring” 

Menggunakan teknik "ignoring" dapat membantu mengurangi tingkat kehadiran tindakan yang tidak sesuai dengan aturan karena peserta didik tidak mendapat perhatian dari tindakannya tersebut.

8. Menggunakan teknik “modelling

Menggunakan teknik "modelling" membantu peserta didik memahami tindakan yang sesuai dengan aturan dengan menunjukkan contoh tindakan yang sesuai dengan aturan.

9. Menggunakan teknik “reward system

Menggunakan teknik "reward system" membantu peserta didik menghargai tindakan yang sesuai dengan aturan dengan memberikan hadiah atau pujian.

10. Menggunakan teknik “problem-solving

Menggunakan teknik "problem-solving" membantu peserta didik memahami tindakan yang tidak sesuai dengan aturan dan mencari solusi alternatif yang lebih positif.

Oleh karena itu, sangat penting bagi tenaga pendidik untuk membantu peserta didik belajar menjadi pribadi yang disiplin dengan menggunakan teknik-teknik yang tepat. Teknik-teknik ini dapat diterapkan secara bergantian menyesuaikan karakter-karakter peserta didik di kelas. Dengan demikian, kita dapat membantu setiap peserta didik berkembang dengan baik dan meraih kesuksesan yang maksimal.

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Eka

Editor: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

Persiapan Calon Guru dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0

Dwita Nurcahyani

Sep 18, 2021
2 min
Menjadi Guru yang Inovatif Dimulai Dari Komunikasi

Afriani El

Jul 27, 2022
3 min
Jangan Lupakan 4 Kompetensi Guru Ini !

Redaksi Guru Inovatif

Oct 22, 2022
2 min
Mengenal Roblox, Media Pembelajaran Terbarukan di Era Digital

Redaksi Guru Inovatif

Jan 02, 2023
4 min
5 Tips Meningkatkan Engagement pada Peserta Didik dalam Pembelajaran

Redaksi Guru Inovatif

Dec 03, 2022
5 min
Kenapa PAUD itu Penting?

Redaksi Guru Inovatif

Jul 14, 2022
1 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia