SANDYKA KURNIAWAN

Dosen

Kunjungi Profil

Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas

Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas - Tanpa disadari sebenarnya kita bisa mengalami stress. Tidak lagi menjadi sebuah rahasia bahwa generasi sekarang khususnya dalam usia produktif sulit menghindari tiga problem psikologis yaitu stress, kecemasan, dan menjadi tidak produktif. MenurutAmerican Psychological Association (APA) yang menunjukkan menunjukan generasi milenial kurang mampu menghadapi masalah tersebut dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Stress tidak hanya buruk bagi kesehatan mental, menurut penelitan dari Harvard University, kecemasan serta stress erat kaitannya dengan resiko penyakit jantung, migrain, gangguan pernafasan, serta kondisi buruk lainnya. Tapi sayang sekali, pekerjaan, ambisi, serta berbagai pilihan berat yang ada dalam hidup menjadi hal utama mengapa stress, cemas, serta kecenderungan tidak produktif menjadi permasalahan yang menimpa kira. Namun, jarang disadari bahwa kebiasaan sehari-hari juga dapat perlahan memunculkan tiga masalah utama pada generasi milenial ini. Faktor kebiasaan buruk tersebut adalah:

Faktor Penyebab Stress

Kebiasaan Tidur yang Buruk

Memiliki kebiasaan tidur yang kurang baik sudah menjadi rahasia umum jika menjadi salah satu faktor penyebab stress, kecemasan, serta penyebab tidak produktif. Sebuah penelitian dari University of California mengatakan bahwa kurang tidur dapat menyerang bagian otak yang memiliki fungsi menyebabkan rasa cemas pada manusia.

Pola Makan yang Tidak Teratur

Tidak hanya perilah waktu tidur yang tidak baik, namun pola makan teratur berpengaruh pada kondisi mental seseorang. Melansir dari bodyandhealth.com, “menunda makan terlalu lama atau melewatkan waktu sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh tidak stabil, dan bisa memicu kecemasan, kebingungan, pusing, hingga sulit untuk bicara.” Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat menimbulkan akibat yang sama, karena pada dasarnya makanan dan minuman adalah kebutuhan primer biologis.

Kerja Lembur

Mengutip dari Forbes, ketika pekerjaan mengambil jatah waktu dalam kehidupan keseharian kita alias diluar waktu kerja kita, tidak di pungkiri bahwa kecemasan akan hadir pada diri kita. Menghiraukan jam kerja dapat menimbulkan gangguan psikologis pada diri kita.

Terlalu Sering Mendengarkan Curhat

Menceritakan masalah dan kecemasan kepada orang lain merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Tapi sebuah penelitian menyatakan, jika kita selalu menjadi tempat bagi teman-teman mencurahkan perasaan serta emosi mereka, Kita malah berpotensi merasa lebih memburuk. Begitu pula jika curhat yang dilakukan dalam sebuah kelompok, maka kecemasan dari seseorang akan menular pada orang yang berada pada kelompok tersebut.

Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas

Mengutip dariInternational Labour Organization (ILO),pada kurun waktu beberapa tahun ini, stres yang diakibatkan kerja telah memberikan dampak psikososial yang sangat serius bagi pekerja. Tidak hanya itu, dampak ini juga meluas pada keselamatan pekerja yang tentunya sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan, terutama dalam hal ekonomi. Maka dari itu, manajemen terkait stres yang diakibatkan kerja sangat penting dilakukan untuk mengatasi atau meminimalkan stres di tempat kerja.

Tentunya sangat penting untuk belajar bagaimana memanajemen stress, karena hal ini menyangkut dengan perushaan maupun individu. Bagaimana kita bisa belajar untuk memulai memanajemen stress yang baik? Yuk daftar segera di Guruinovatif.id untuk belajar memanajemen stress atau bisa langsung menghubungi nomor costumer service kami disini

manajemen stress

Nah, agar tidak terlewat event-event berikutnya jangan lupa untuk mengikuti Program GuruInovatif.id lainnya yang selengkapnya bisa dilihat dan diakses disini. Agar tidak ketinggalan terkait info serta event yang sedang berlangsung dan terupdate dari GuruInovatif.id bapak, ibu serta sahabat guruInovatif.id sekalian jangan lupa follow Instagram @guruinovatif.id atau langsung menuju ke link disini. Jangan lupa juga untuk subscribe Youtube GuruInovatif atau langsung menuju ke link disini ya karena setiap minggunya kami menghadirkan acar live webinar secara gratis yang ditayangkan di Youtube!.

manajemenstressmanajemenstresskerjaproduktivitaspeningkatanproduktivitas
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -

Rekomendasi Artikel