5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 31 Jan 2023

5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik

Manajemen waktu adalah proses perencanaan, pengaturan, dan pengendalian sumber daya waktu untuk mencapai tujuan yang ditentukan. Ini termasuk menetapkan prioritas, mengatur tugas dan kegiatan, mengelola interupsi, dan mengatasi prokrastinasi.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
2185x
Bagikan

“Lost time is never found again.” - Benjamin Franklin

Hubungan yang harmonis dengan teman, keluarga, dan kolega; memiliki barang mewah yang diimpikan; dapat liburan ke tempat-tempat di seluruh dunia; dan memiliki harta yang cukup merupakan cita-cita semua orang. Anda juga demikian bukan? Dalam lubuk hati Anda tentu saja menginginkan kehidupan yang seimbang atau life balance. Tetapi, apakah semua harapan-harapan tersebut hanyalah mimpi semata? Jawabannya tidak!

Keseimbangan hidup merupakan situasi di mana seseorang memiliki kehidupan yang seimbang dan efektif dalam segala hal. Tentu saja hal tersebut tidak dicapai dengan mudah, banyak faktor yang mempengaruhinya seperti penyusunan target-target yang matang, perencanaan kesehatan yang konsisten, dan pengelolaan waktu yang efektif. Sebagai upaya dalam mewujudkan hal-hal di atas, Anda perlu komitmen dan usaha yang besar untuk tidak tergiur dengan hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana Anda. 

5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik
Manajemen waktu yang baik dapat memudahkan rencana Anda (Sumber: Canva)

Berdasarkan uraian di atas, Anda sebagai tenaga pendidik juga dapat memiliki keseimbangan hidup yang baik. Selain mengajar di sekolah, Bapak/Ibu tetap dapat mewujudkan target-target dan hobi yang Anda inginkan. Nah! langkah terbaik untuk mencapai semua hal tersebut adalah dengan melakukan manajemen waktu dan perencanaan dengan matang. 

Mengapa hal tersebut penting? berikut kami uraikan beberapa manfaat yang dapat Bapak/Ibu peroleh dari mengelola waktu dengan baik. 

1. Meningkatkan produktivitas

Pengelolaan waktu secara efektif dapat membantu tenaga pendidik untuk menyelesaikan tugas dan proyek dengan lebih cepat dan tepat waktu.

2. Meningkatkan kualitas pengajaran

Tenaga pendidik dapat menggunakan waktu yang tersedia dengan baik untuk merencanakan dan menyusun materi pengajaran yang efektif. Efektivitas dalam pembelajaran tersebut dapat mempermudah peserta didik memahami materi ajar. 

3. Meningkatkan kualitas interaksi dengan siswa

Tenaga pendidik dapat mengelola waktu untuk memberikan perhatian yang cukup pada setiap siswa, sehingga dapat meningkatkan kualitas interaksi dan meningkatkan hasil belajar siswa.

4. Meningkatkan kualitas hidup 

Tenaga pendidik dapat mengelola waktu untuk mengatur kegiatan pribadi dan profesional sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

5. Meningkatkan efisiensi

Guru dapat mengelola waktu dengan baik untuk mengoptimalkan efisiensi, sehingga dapat mengurangi stress dan beban kerja.

Wah banyak sekali ya keuntungan dari manajemen waktu. Namun, cita-cita tersebut tidak dapat dicapai dengan maksimal apabila Anda tidak memiliki perencanaan dan komitmen yang matang. Agar hal tersebut tidak terjadi, Bapak/Ibu dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membantu Anda menyusun rencana dan mengelola waktu dengan baik. Sebagai fasilitator terbaik dalam transformasi pendidikan di Indonesia, tim GuruInovatif.id menyusun lima aplikasi terbaik untuk memudahkan Anda mengelola waktu dan menyusun perencanaan! Simak penjelasan sampai akhir ya!

5 Aplikasi untuk Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas Tenaga Pendidik 

Era digitalisasi telah memberikan kemudahan dalam berbagai aspek. Kemudahan tersebut ditunjukkan dengan kehadiran berbagai macam aplikasi-aplikasi penunjang kehidupan. Nah! berikut lima aplikasi terbaik untuk membantu Bapak/Ibu mengelola rencana dan waktu dengan baik. 

1. Trello

Trello merupakan aplikasi yang didesain untuk mengelola rencana, tugas, dan relasi Anda dengan orang lain. Aplikasi ini menggunakan sistem "kanban" yang intuitif, yang memungkinkan pengguna untuk menyusun daftar tugas dan mengatur prioritas dengan mudah. 

5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik
Trello dapat membantu Anda menyusun rencana pembelajaran dengan mudah (Sumber: https://trello.com/)

Beberapa fitur yang dapat Anda gunakan seperti pembuatan daftar tugas, pengelompokkan tugas, pengingat, kalender kerja, dan interaksi dengan berbagai aplikasi penunjang lainnya seperti Google Drive, Dropbox, dan lain-lain. Selain itu, tampilan layar yang eye catching juga memberikan kesan positif bagi Bapak/Ibu sekalian. 

2. Notion

Bagi sebagian besar orang dan perusahaan aplikasi “Notion” memang terdengar familiar. Notion merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola proyek, tugas, dan catatan. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat fleksibel dan kuat, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur dan menyimpan semua jenis informasi.  

Notion dapat mempermudah penyusunan target dan capaian Anda (Sumber: https://www.notion.so/ )

Tampilannya yang sederhana dan profesional sangat cocok dengan Bapak/Ibu sekalian. Dengan berbagai fitur seperti pembuatan halaman, tag, database, kalender, pengingat, dan notes, notion merupakan pilihan yang tepat untuk mewujudkan life balance dalam kehidupan. 

3. Google Kalender

Berbeda dari dua aplikasi sebelumnya, Google Kalender memberikan kesan lebih sederhana dan bersih. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat fleksibel dan mudah digunakan. Melalui Google Kalender Anda dapat mengelompokkan acara berdasarkan kategori seperti “Kerja”, “Belajar”, dan “Pribadi”. Selain itu, aplikasi ini juga terkoneksi dengan aplikasi Google Chrome sehingga tampilan pengingat akan muncul di layar hp Anda. 

5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik
Menjadi lebih disiplin dan telaten dengan Google Calendar (Sumber: https://calendar.google.com/

4. Todoist

Aplikasi Todoist memiliki konsep yang ‘hampir sama’ dengan Trello. Namun, fitur dalam aplikasi Todoist lebih berbasi proyek. Setiap fitur terkoneksi dengan fitur yang lain sehingga dapat memudahkan Anda menyusun catatan target dengan perencanaan waktu yang matang. Aplikasi ini juga terkoneksi dengan aplikasi lain seperti Google Classroom, Slack, atau Google Drive untuk melakukan tugas yang berhubungan dengan kelas. Melalui Todoist, capaian pribadi Anda seperti berolahraga, jalan-jalan, dan berbelanja dapat lebih tersusun rapi. 

Todoist dapat menjadi solusi bagi Anda untuk selalu produktif (https://todoist.com/)
 

5. TickTick

Aplikasi terakhir adalah TickTick, sebuah aplikasi manajemen waktu yang memungkinkan pengguna untuk mengelola tugas, mencatat pengingat, dan menyusun daftar kegiatan. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai perangkat, termasuk smartphone, tablet, dan komputer, dan memungkinkan pengguna untuk mengakses data mereka di mana saja dan kapan saja.

5 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Waktu untuk Tenaga Pendidik
Kelolalah  Waktu dan Target Anda dengan Kemudahan Fitur Tick Tick (https://ticktick.com)

Melalui TickTick Anda dapat mengelola tugas dengan deadline, mencatat pengingat untuk tugas yang urgen, mengelola proyek, mengimpor data, dan menyusun daftar kegiatan dengan dukungan drag and drop. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kustomisasi terhadap aplikasi sehingga cocok dengan keinginan Anda. 

Nah itulah lima aplikasi yang dapat Bapak/Ibu gunakan dalam mengelola waktu. Melalui perencanaan yang matang, kami yakin bahwa taraf pendidikan, pengetahuan, dan kecerdasan Bapak/Ibu akan lebih meningkat. Peningkatan terhadap kualitas SDM dalam pendidikan merupakan salah satu langkah nyata kami dalam mewujudkan transformasi pendidikan di Indonesia ke panggung yang lebih besar. Semangat selalu untuk seluruh guru di Indonesia! Maju terus pendidikan bangsa!

Membership GuruInovatif.id

Penulis: Yandi Chidlir
Editor: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Kenali Gejala Burn Out pada Guru dan Cara Mengatasinya
5 min
Pentingnya Keluarga dalam Memperingati Hari Keluarga Nasional: Menyatukan Makna dan Merayakan Ikatan Keluarga yang Kuat
2 min
Sikap Orang Tua yang Dapat Menyakiti Anak: Pengaruh Mendalam Terhadap Perkembangan Emosional Anak
4 min
Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas

SANDYKA KURNIAWAN

Sep 14, 2021
2 min
Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Indonesi
4 min
Melawan Bahaya Narkoba: Sejarah, Bahaya, dan Perjuangan - Hari Anti Narkoba Internasional
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB