Patrisia A. Pantouw, S.S

Guru bahasa Inggris dan menulis

Kunjungi Profil

Tips dan Trik Mengajar Daring

Mengajar secara daring itu ada plus minusnya. Plusnya bisa kita tingkatkan dan minusnya diharapkan bisa kita tanggulangi. Kelebihan mengajar secara daring adalah kita bisa mencegah penularan Covid 19. Kita bisa berinovasi dengan berbagai aplikasi yang dapat mendukung pengajaran. Sedangkan kekurangan mengajar secara daring adalah kurangnya kebersamaan dan interaksi secara fisik. Saya mempunyai tips dan trik agar belajar secara daring bisa terasa lebih menyenangkan. Kita bisa menggunakan ide-ide cemerlang  yang bersinergi dengan aplikasi interaktif sebagai berikut :  

Classpoint

Ice breaking sebelum kita memulai kegiatan belajar.  Kita bisa lakukan pendekatan secara personal one on one ke para murid. Kita bisa tanyakan perasaan mereka hari itu dengan menyuguhkan berbagai emoticon yang dengan kecanggihan teknologi aplikasi Classpoint bisa dipilih para murid untuk mewakili perasaan mereka secara real time.

Ms. Powerpoint dan Canva

Waktu memasuki pengajaran, kita bisa menggunakan Ms. Powerpoint atau menggunakan aplikasi Canva untuk membuat presentasi lebih menarik dan menyenangkan. Dengan Ms. Powerpoint, kita bisa sambil memutar lagu sewaktu slide demi slide ditampilkan. Kita boleh memilih, apakah lagu yang diputar adalah lagu gembira yang akan memberikan energi lebih ke para murid atau lagu klasik yang akan merangsang otak para murid agar bisa mencerna materi pelajaran dengan baik. Kalau kita ingin lebih fokus memperhatikan reaksi dan ekspresi para murid waktu diajar, kita bisa menggunakan presentasi bersuara dari Canva. Jadi, sambil presentasi bersuara itu diputar, kita bisa memperhatikan gerak-gerik para murid. Kalau ada yang tidak memperhatikan, bisa kita tegur secara halus. 

Mengundang Influencer

Guru melakukan brainstorming ke para murid untuk memperkenalkan hal-hal baru yang menarik yang murid bisa jalankan dalam kegiatan belajar. Kita bisa menyuguhkan animasi, suara dan video semenarik mungkin. Dengan kegiatan secara daring ini, kita juga lebih mudah mengundang narasumber orang berpengaruh dibidangnya. Dalam hal ini, kita bisa saja mengundang influencer yang disukai para murid agar lebih menambah semangat mereka untuk belajar secara daring. Tentunya influencer tersebut berkaitan dengan topik pelajaran kita. Karena mengundang narasumber secara daring itu lebih praktis. Dan pintar-pintarnya kita melobi dengan daya persuasi yang kita punya untuk mengundang para influencer tersebut secara free. 

Educandy dan Quizizz

Untuk mengevaluasi hasil mengajar kita apakah didengar dan diterima dengan baik oleh para murid, kita bisa menyuguhkan game-game yang menyenangkan serta kuis interaktif. Dengan menggunakan aplikasi Educandy, kita bisa menyuguhkan game crossword, wordsearch, matchup, memory dan lain-lain untuk yang tidak berbayar. Sedangkan untuk yang berbayar, kita bisa menggunakan gambar dan suara dalam game tersebut. Walaupun itu semua termasuk game, tapi isinya tetaplah tentang materi pelajaran. Lalu untuk kuisnya, kita bisa menggunakan aplikasi Quizizz. Ada beberapa macam kuis di aplikasi tersebut.  

 

Demikian sedikit tips dan trik dari saya. Semoga bisa menstimulasi anda para guru untuk mau dan bisa berinovasi dalam mengajar. Terima kasih.

TipsdanTrikMengajarDaring
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -

Rekomendasi Artikel