Tips Memulai Dan Mengakhiri Kelas - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Jun 2023

Tips Memulai Dan Mengakhiri Kelas

Bapak/Ibu guru pasti tidak jarang menemui siswa yang kurang bersemangat saat mengikuti kelas. Hal tersebut disebabkan oleh rasa malas di awal mengikuti pembelajaran. Sehingga perlu ketrampilan mengajar yang baik oleh Bapak/Ibu guru di awal hingga akhir kelas.

Metode Mengajar

Alventina Febriola

Kunjungi Profile
10530x
Bagikan

Ketrampilan memulai dan mengakhiri kelas merupakan ketrampilan yang penting bagi guru dalam mencapai pembelajaran yang menyenangkan dan maksimal. Ketrampilan tersebut berpengaruh terhadap minat dan semangat siswa dalam belajar. Tidak sedikit siswa yang sebenarnya minat dengan mata pelajaran tertentu namun minat tersebut dapat menurun jika guru yang mengajar tidak memiliki ketrampilan dalam membawa proses pembelajaran. Begitu juga sebaliknya pada siswa yang awalnya tidak terlalu minat dengan mata pelajaran tertentu akan tetapi guru yang mengajar memiliki pembawaan yang menyenangkan maka dapat meningkatkan minat dan semangat siswa.

Pentingnya peran guru dalam memberikan semangat siswa khususnya saat memulai atau membuka pelajaran. Jika Bapak/Ibu guru membuka pelajaran dengan bersemangat maka siswa akan menjadi semangat pula. Namun jika Bapak/Ibu guru membuka pelajaran dengan lesu, tidak bersemangat bahkan bermalas–malasan maka semangat siswa akan menurun sehingga pembelajaran terkesan sangat membosankan. 

Cara Memulai Pelajaran

Dalam memulai atau membuka pembelajaran tentunya membutuhkan ketrampilan komunikasi yang baik, menyenangkan, dan dapat mengambil perhatian siswa. Hal tersebut dilakukan dengan kata–kata yang dapat meningkatkan semangat siswa dan dengan gesture yang baik. Cara memulai pembelajaran yang baik tidak hanya sekadar memberi salam, perkenalan kemudian memberikan materi namun masih terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Lalu bagaimana cara dalam memulai pelajaran yang baik? Simak penjelasan berikut ini.

1. Sapa Siswa Dengan Penuh Semangat

Tips Memulai Dan Mengakhiri Kelas
Gambar Semangat Mengajar (Sumber: Canva)

Energi dari Bapak/Ibu guru sangat mempengaruhi semangat siswa, jika Bapak/Ibu guru memulai pelajaran dengan sapaan penuh semangat maka siswa juga akan bersemangat karena merasakan energi dari Bapak/Ibu guru. Semangat tersebut akan membangun suasana yang menyenangkan sehingga pelajaran dapat berjalan dengan efektif.

2. Buat Siswa Tertarik

Metode pembelajaran dari Bapak/Ibu guru berpengaruh pada keberjalanan pembelajaran yang baik. Tidak jarang pasti Bapak/Ibu guru sering menemui siswa yang tidak memperhatikan pelajaran saat kelas berlangsung sehingga hal yang dapat Bapak/Ibu lakukan yaitu dengan menarik perhatian siswa. Kunci utama untuk menarik perhatian siswa yakni pada cara penyampaian guru, jika Bapak/Ibu guru menyampaikan pembelajaran dengan menyenangkan maka siswa akan merasa antusias sehingga memperhatikan pembelajaran dengan baik. 

3. Memotivasi Siswa

Tips Memulai Dan Mengakhiri Kelas
Gambar Memotivasi Siswa (Sumber: Canva)

Tidak jarang di awal pembelajaran sebagian siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran karena rasa malas yang wajar. Di awal pembelajaran Bapak/Ibu guru dapat memberikan kata – kata motivasi yang dapat meningkatkan semangat dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran. Siswa akan termotivasi sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif.

4. Membahas Materi yang Berkaitan dan Berlanjut dari Materi Sebelumnya

Alur materi pembelajaran sangat penting bagi siswa. Ketika materi yang diberikan Bapak/Ibu guru runtut dan berlanjut dari pertemuan sebelumnya maka siswa akan lebih mudah dalam menerima dan memahami isi materi yang diberikan. Hal tersebut dikarenakan siswa lebih ingat materi pembelajaran sebelumnya selain itu ketika materi tersebut runtut maka siswa juga akan lebih lancar memahami materi.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Bapak/Ibu guru dalam memulai kelas yang baik. Lalu bagaimana cara menutup pembelajaran yang baik? Simak penjelasan berikut dibawah ini.

Cara Menutup Pelajaran

Tak lengkap rasanya jika hanya memberikan tips bagaimana cara membuka kelas dengan baik. Padahal saat menutup kelas pun juga meninggalkan kesan kepada siswa yang Anda ajar dan dapat menentukan antusiasme siswa Anda di kemudian hari serta materi yang disampaikan apakah membekas atau tidak. Berikut ini cara menutup kelas yang baik

1. Tinjau Kembali Materi 

Pada ujung pembelajaran Bapak/Ibu guru dapat memberikan kesimpulan terkait materi yang baru saja dibahas. Kesimpulan tersebut berupa inti sari atau poin – poin penting pada pertemuan tersebut. Dengan meninjau kembali materi maka dapat memudahkan siswa dalam memahami inti materi. 

2. Mengevaluasi Pembelajaran

Tips Memulai Dan Mengakhiri Kelas
Gambar Memberikan Quiz Pada Siswa (Sumber: Canva)

Untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa mengenai materi yang baru saja diajarkan maka Bapak/Ibu guru dapat memberikan pertanyaan kepada siswa mengenai materi tersebut setelah selesai mengajar. Apabila masih terdapat siswa yang belum paham maka Bapak/Ibu guru dapat menjelaskan kembali secara singkat.

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara memulai dan mengakhiri kelas. Semoga artikel ini dapat memberikan insight bagi Bapak/Ibu guru dalam memulai dan menutup pembelajaran dengan baik. Semangat Bapak/Ibu guru dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan di kelas.

Buat Bapak//Ibu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ketrampilan mengajar, digital skill dan lain sebagainya dapat cek di platform GuruInovatif.id dengan online course dan webinar bersertifikat. Mari segera cek dan coba gratis di GuruInovatif.id sekarang!


Penyunting: Putra

0

1

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

5 Manfaat Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa: Solusi Efektif dalam Pembelajaran
4 min
Meningkatkan Literasi Digital dengan Metode Pembelajaran Inovatif

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 06, 2023
2 min
4 Strategi Pengajaran Efektif dalam Kelas

Dwita Nurcahyani

Sep 20, 2021
2 min
Trik Mengajar pada Jam Pelajaran Terakhir

Edy Samsul

Aug 26, 2022
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar