Mengenal Layanan Google Slide dari Google sebagai Salah Satu Aplikasi Pembuat Presentasi Unggul - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Okt 2024

Mengenal Layanan Google Slide dari Google sebagai Salah Satu Aplikasi Pembuat Presentasi Unggul

Presentasi menjadi salah satu aktivitas atau kegiatan yang akan sering manusia dari masa sekolah, kuliah, hingga bekerja. Beberapa aplikasi pun turut diciptakan untuk mendukung dan mewujudkan presentasi yang baik di hadapan audiens, seperti Google Slide. Simak beberapa keunggulan aplikasi ini!

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
61x
Bagikan

Saat ini, dari masa sekolah, kuliah, hingga bekerja, ada satu aktivitas yang akan sering kita gunakan, yakni presentasi. Presentasi merupakan cara berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya.

Kegiatan presentasi harus dilaksanakan dengan baik agar setiap maksud yang akan disampaikan oleh presenter dapat dipahami dan menarik perhatian audiens. Oleh karena itu diperlukan bahan presentasi yang menarik dan interaktif serta tidak membosankan.

Alat Bantu dalam Membuat Presentasi yang Menarik

Dalam membuat bahan presentasi yang akan ditampilkan kepada audiens, biasanya sang presenter akan menggunakan beberapa alat bantu, aplikasi/software. Tujuannya agar materi yang ditampilkan kepada audiens dapat menarik perhatian serta memperjelas materi yang akan disampaikan.

Sehingga presenter juga harus memastikan bahwa isi dari presentasi dapat dipahami dengan baik. Materi dapat ditulis berupa poin-poin singkat untuk kemudian dijelaskan lebih lanjut oleh presenter.

Dalam pembuatan materi ini, presenter juga dapat menambahkan animasi serta transisi untuk membuat presentasi yang lebih menarik. Beberapa alat bantu baik berupa aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk membuat materi presentasi yang menarik antara lain:

  • Microsoft Powerpoint

  • Canva

  • Powtoon

  • Nearpod

  • Prezi

  • Google Slide

Baca juga:
5 Aplikasi ini Akan Membuat Desain Presentasi Anda Semakin Ciamik

Mari Mengenal Layanan Google Slide dari Google

Sebagai salah satu perusahaan layanan yang terkemuka di dunia, Google menyediakan berbagai layanan yang dapat membantu dan memudahkan kegiatan kita sehari-hari, salah satu produk layanan tersebut adalah Google Slide.

Mengenal Layanan Google Slide dari Google sebagai Salah Satu Aplikasi Pembuat Presentasi Unggul

Secara umum, Google Slide memiliki tampilan yang hampir mirip seperti Microsoft Powerpoint. Namun, terdapat beberapa perbedaan fitur yang mungkin belum Anda ketahui seperti:

1. Tidak perlu diinstal serta mudah digunakan

Tidak seperti Microsoft Powerpoint yang memerlukan untuk diinstal dalam gawai Anda, Google Slide merupakan aplikasi web-based yang tidak mewajibkan Anda untuk menginstal aplikasinya terlebih dahulu.

Anda dapat menggunakan langsung aplikasi ini dengan login ke akun Google Anda.

2. Mobile ready

Salah satu fitur unggul lainnya dari Google Slide merupakan aplikasi yang dapat digunakan di mana saja dan kapan pun melalui perangkat smartphone — baik Android atau iOS.

Baca juga:
Nearpod Aplikasi Presentasi Interaktif yang Guru Harus Tahu!

3. Dapat digunakan saat offline

Anda dapat menggunakan aplikasi ini meski di daerah yang susah sinyal internet, meskipun aplikasi ini memerlukan internet saat mengerjakannya. Anda dapat mencari pengaturan dalam aplikasi Google Slide agar dapat mengerjakan presentasi secara offline.

4. Gratis

Keunggulan lain yang dimiliki oleh produk Google ini adalah dapat diakses secara gratis. Meskipun sebenarnya terdapat fitur berbayar, namun Anda sudah bisa merasakan pengalaman membuat materi presentasi yang menyenangkan dengan beragam fitur dan fasilitas yang ada dalam Google Slide.

Perlu Anda ketahui saat menggunakan Google Slide, Anda juga dapat menggunakan teknologi seperti AI, memberi signature dalam setiap salindia (slide) yang telah Anda buat, berkonsultasi untuk menciptakan presentasi yang interaktif, serta elemen desain grafis menarik lainnya dalam materi presentasi Anda.

Bagaimana cara menggunakan teknologi tersebut dalam Google Slide? Temukan jawabannya dalam workshop online bersertifikat berikut ini!

Saya ingin daftar workshop-nya!

Referensi:
Google Slides: Apa Itu, Fitur-Fitur, Plus Minus, dan Dasar-Dasarnya
Membuat Presentasi Menarik dan Interaktif


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Kecakapan Digital bagi Guru
3 min
Workshop Guru tentang Gamefikasi Koding untuk Pendidikan
1 min
Mewujudkan Harmonisasi Pendidikan melalui Webinar Pembelajaran Kelas Inklusi
3 min
GI Academy #35 | Merdeka Belajar di Tahun Ajaran Baru: Implementasi Nyata dan Tantangannya
4 min
GI Academy #10 : Kupas Tuntas Beasiswa PPG Prajabatan dari Seleksi, Belajar, hingga Ujian Akhir
3 min
GI Class #106 | Transformasi Akses Pendidikan yang Berkualitas melalui Digitalisasi Sekolah
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar