Ingin Menjadi Guru yang Selalu Dikenang? Milikilah Sikap-Sikap Berikut Ini! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 04 Sep 2023

Ingin Menjadi Guru yang Selalu Dikenang? Milikilah Sikap-Sikap Berikut Ini!

Menjadi seorang guru tak hanya sebatas mengajarkan ilmu dan wawasan yang bersifat akademis. Namun juga dapat mengajarkan kemampuan-kemampuan yang membuat mereka mengenang Anda sampai kapanpun. Simak apa saja yang membuat seorang guru dikenang dalam artikel ini!

Seputar Guru

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1680x
Bagikan

Mungkin Anda tidak bisa mengingat semua guru-guru yang pernah mengajar Anda saat di bangku sekolah, tapi pasti ada beberapa nama guru yang sangat berkesan untuk Anda hingga Anda masih mengingatnya hingga saat ini bukan? Bahkan gaya mengajarnya ingin Anda terapkan kepada murid-murid Anda. Kali ini mari simak pembahasan mengenai apa yang membuat seorang guru menjadi sosok yang berkesan dan selalu diingat murid-muridnya serta sifat-sifat apa yang patut guru miliki dalam artikel ini.

Guru adalah Profesi yang Tak Hanya Sekadar Mengajarkan Ilmu

Tugas guru memanglah untuk mengajarkan ilmu dan wawasan yang diperlukan murid untuk meraih kesuksesannya masing-masng. Mengajar memang membutuhkan kerja keras dan sebagian guru ada yang tidak mau untuk melakukan hal yang lebih dari sekadar menuntaskan tugas mengajarnya.

Selain mengajar ilmu dan wawasan kepada murid-muridnya, seorang guru juga bisa menjadi sosok penting yang bisa dikenang oleh murid-muridnya. Bahkan ketika murid beranjak dewasa pun masih bisa menyebutkan nama-nama guru favorit mereka. Sadar atau tidak sadar, ketika kita lulus dari sekolah ternyata seorang murid sudah banyak sekali diajar oleh sekian banyak guru. Memasuki dunia perkuliahan, kita akan bertemu lagi dengan guru yang disebut sebagai dosen.

Sebagai murid, kita akan selalu mengingat guru-guru yang baik atau lucu atau sejenisnya. Kita akan mengingat guru yang peduli dengan kita. Kita juga akan mengingat nama-nama guru yang selalu memberikan dukungan, dorongan, atau bahkan melihat bakat serta potensi yang ada di diri kita. Padahal kita sendiri pun tidak tahu mengenai hal tersebut. Dan jujur saja, kita bahkan mengingat guru-guru kita yang mempunyai perilaku yang “sedikit unik”.

Lantas, sifat-sifat apa saja yang membuat guru dikenang oleh murid-muridnya?

Sikap-Sikap Guru yang Akan Selalu Diingat Murid

Anda ingin menjadi sosok guru yang penting bagi kehidupan murid? Anda perlu memiliki sifat atau sikap berikut ini:

1. Sikap menghargai dan menghormati murid

Di dalam kelas, Anda pasti akan menemukan berbagai opini atau pendapat dari murid-murid Anda. Dengan menghargai berbagai pendapat murid-murid Anda, berapapun usia dan kemampuannya murid akan merasa aman untuk menyampaikan perasaan mereka dan belajar untuk menghargai serta belajar mendengarkan orang lain. Karena Anda membuat mereka merasa istimewa dan penting. Dengan begitu, Anda akan menciptakan kondisi kelas yang ramah dan nyaman untuk murid Anda.

2. Sikap sabar dan dapat didekati

Berinteraksi dengan anak-anak muda merupakan tugas yang tidak mudah, sehingga bersikap mudah didekati adalah suatu keharusan. Murid harus merasa aman ketika berbicara secara terbuka dan jujur dengan gurunya, terutama jika meraka mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas dari gurunya. Kesabaran juga merupakan sikap vital yang harus dimiliki seorang guru untuk mendengar dan memahami situasi yang dihadapi oleh muridnya.

Baca juga: Menjalin Hubungan Pertemanan dengan Siswa: Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Dalam menghadapi kelas dengan jumlah murid yang banyak juga membutuhkan kesabaran. Kelompok anak-anak yang lebih mudah terkadang sedikit lebih susah untuk dikelola. Dengan melatih kesabaran dan keramahan akan menjadi cara yang terbaik untuk mengatasi situasi tersebut.

Ingin Menjadi Guru yang Selalu Dikenang? Milikilah Sikap-Sikap Berikut Ini!
Guru yang mudah didekati murid akan menjadi salah satu sebab mengapa guru dikenang oleh murid-muridnya (Sumber gambar: Freepik)

3. Sikap antusias

Guru yang dikenang murid akan melakukan apapun dengan sepenuh hati. Sikap ini tentu menjadi penting dalam menghadapi murid-muridnya. Karena sikap antusias guru akan menginspirasi murid untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Satu kebaikan akan melahirkan kebaikan yang lain.

Seorang guru yang memancarkan semangat dan antusiasme juga akan diterima oleh orang tua dan wali murid. Karena guru akan memberikan kesan bahwa anak mereka di didik oleh seseorang yang mencintai profesinya. Sehingga hal ini juga menanamkan kepercayaan dan keyajinan bahwa sekolah juga mempekerjakan tenaga pendidik dan kependidikan yang hebat.

4. Cinta untuk belajar dan mengajar

Ketika seorang guru merasa metode pembelajaran kurang cocok untuk diterapkan didalam kelas, dia tak ragu untuk mencari metode pembelajaran yang lainnya. Dia akan terus menerus meningkatkan kemampuan kompetensinya untuk memberikan pengalaman belajar yang terbaik untuk murid-muridnya. Sehingga murid-murid akan mendapatkan esensi dari materi ajar yang disampaikan oleh gurunya.

Sikap ini mengharuskan guru untuk tidak takut untuk mempelajari metode pembelajaran lainnya, menggunakan media pembelajaran kreatif untuk membantu memperjelas materi ajarnya, dan sering berdiskusi dengan rekan-rekan seprofesinya mengenai apa yang dia pelajari.

Baca juga: Pembelajaran yang Inklusif: Menyambut Semua Siswa dengan Kesetaraan dan Penerimaan

5. Kemampuan berkomunikasi

Selain berkomunikasi dengan murid lewat pembelajaran di kelas, kemampuan ini juga diperlukan ketika seorang guru berbincang dengan orang tua atau wali murid. Biasanya guru akan diberi “tugas” untuk menjelaskan bahwa anak mereka membutuhkan dukungan lebih dalam memahami mata pelajaran tertentu. Bahkan jika murid bersikap buruk dan mengharuskan untuk disampaikan ke orang tuanya. Tentu harus bisa menyampaikan informasinya dengan runtut, jelas, dan konstruktif.

6. Disiplin dan profesional

Kedisiplinan menjadi hal yang penting dalam semua profesi pekerjaan, tak terkecuali profesi guru. Karena tanggung jawab menjadi guru cukup beragam, mulai dari menyusun dan mengembangkan kurikulum, metode pembelajaran hingga mengelola ruang kelas serta berinteraksi dengan rekan seprofesi.

7. Mengajarkan pelajaran hidup

Salah satu keuntungan menjadi seorang guru selain mengajarkan hal-hal yang berbau akademis, adalah dapat membimbing murid-muridnya menjadi manusia yang lebih baik. Dengan mendengarkan murid, memberitahu mereka bahwa mereka berharga, hingga memberi lingkungan kelas yang aman dan kondusif. Guru juga mengajarkan pelajaran penting mengenai kerjasama, keterbukaan pikiran, dan, cara mengatasi perasaan serta emosi pada generasi masa depan.

Kesimpulan

Untuk menjadi guru yang dikenang, memang harus unggul dalam berbagai bidang. Selain menjalankan tugas mengajar, guru dapat menjadi teman yang dapat dipercaya, pemberi motivasi, pemimpin kelas, ahli dalam mata pelajaran, suporter, dan penghibur. Dengan membawa tanggung jawab yang berat nan bermanfaat ini, guru dapat mendorong dan menginspirasi banyak muridnya untuk menjadi orang dewasa yang terpelajar dan mapan. Bayangkan ketika murid-murid Anda memikirkan Anda ketika mengingat siapa guru yang paling dikenang saat di bangku sekolah!

Siap menjadi guru yang dikenang?

Sumber:

What Makes a Good Teacher?

What Makes a Teacher Memorable?

What Makes a Teacher Memorable? It’s All About Awe

Nine Characteristics of a Great Teacher

Top 5 Qualities and Characteristics of a Good Teacher

Upgrade kemampuan pengajaran 2 bulan penuh dalam rangkaian event Guru Inovatif Conference senilai 300JP. GRATIS!!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Kompetensi Pedagogis bagi Tenaga Pendidik
5 min
GI Academy #25: Kiat Sukses Menyusun Aksi Nyata di PMM
4 min
Kenapa PAUD itu Penting?
1 min
TIPS MENJADI GURU KREATIF DAN INOVATIF DI ERA DIGITAL

Septian Zduhud

Jun 30, 2022
4 min
Cara Menjaga Kesehatan Mental Guru dengan Menggunakan Platform Online Learning Guruinovatif.id
4 min
Guru Stres Berdiri, Murid Stres Berlari

eka sugeng ariadi

Nov 22, 2023
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB