GI Class #111 | Memahami dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa: Pendekatan Praktis untuk Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 14 Okt 2024

GI Class #111 | Memahami dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa: Pendekatan Praktis untuk Guru

GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan webinar bersertifikat Guru Inovatif Class ke-111 dengan topik “Memahami dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa: Pendekatan Praktis untuk Guru” pada tanggal 11 Oktober 2024. Webinar ini menghadirkan Merri Nathalia, M.Pd., sebagai narasumber.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
8x
Bagikan

Pada tanggal 11 Oktober 2024 yang lalu, GuruInovatif.id kembali menyelenggarakan webinar bersertifikat Guru Inovatif Class ke-111 dengan topik “Memahami dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa: Pendekatan Praktis untuk Guru”. Webinar kali ini mendatangkan Merri Natalia, M.Pd. sebagai narasumber.

Memahami Kesulitan Belajar Siswa

Narasumber menjelaskan bahwa setiap siswa akan memiliki gaya belajar dan tingkat kemampuan yang berbeda. Seringkali perbedaan ini menimbulkan kesulitan belajar pada siswa, karena berbagai faktor termasuk dalam kesulitan memproses informasi, gangguan konsentrasi, atau kurangnya motivasi.

Narasumber juga turut menjelaskan kesulitan belajar dapat menghambat kemajuan akademis siswa, memengaruhi nilai, hingga rasa kepercayaan diri mereka. Oleh karena itu, sebagai pendidik atau pengajar, guru perlu memahami dan mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh masing-masing siswa, agar siswa dapat membangun dasar yang kuat untuk mencapai kesuksesan di masa depan.

Jenis-Jenis Kesulitan Belajar pada Siswa

Dalam penjelasan berikutnya, narasumber menerangkan kesulitan belajar dikategorikan menjadi beberapa kelompok seperti:

1. Disleksia

Kesulitan yang dialami individu dalam membaca dan mengeja.

2. Disgrafia

Individu kesulitan untuk menulis dan mengekspresikan idenya secara tertulis.

Baca juga:
Mendukung Siswa Diskalkulia dalam Matematika: Pendekatan Pengajaran yang Berfokus pada Kekuatan Individu

3. Diskalkulia

Kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan masalah matematika.

4. ADHD

Kesulitan dalam berkonsentrasi, mengendalikan impuls, dan mengatur perilaku.

Peran Guru dalam Mendukung Siswa dengan Kesulitan Belajar

Narasumber kemudian menjelaskan peran penting guru dalam mendukung siswa yang mengalami atau sedang mengalami kesulitan belajar antara lain:

1. Empati

Guru perlu memahami kesulitan yang dihadapi siswa serta memberikan dukungan emosional kepada siswa.

GI Class #111 | Memahami dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa: Pendekatan Praktis untuk Guru

2. Kesabaran

Berikan waktu dan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan kecepatan mereka sendiri.

3. Motivasi

Membangun minat dan motivasi belajar siswa dengan memberikan tantangan yang sesuai dan penghargaan yang positif.

Narasumber menekankan poin dalam mendukung siswa yang kesulitan belajar, siswa membutuhkan lingkungan belajar yang inklusif dan membutuhkan bimbingan secara individual.

Guru juga perlu berkolaborasi dengan orang tua dan pihak terkait atau tenaga profesional lainnya untuk membantu siswa dengan kesulitan belajar. Karena meskipun siswa menghabiskan kurang lebih 8 jam di sekolah, pada akhirnya siswa akan kembali ke rumah mereka masing-masing. Guru juga tidak bisa serta merta bisa mengubah kebiasaan yang sudah terpatri dalam diri siswa, karena selama berada di rumah orang tualah yang memegang peran besar dalam mendidik perkembangan anaknya.

Harapannya membangun komunikasi yang terbuka dan kolaboratif dengan orang tua siswa, dapat membantu guru dalam memahami kebutuhan siswa dan bekerja sama untuk mendukung kemajuan siswa itu sendiri. Guru dapat memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan orang tua untuk memahami sejarah atau latar belakang anak saat mengenyam jenjang pendidikan sebelumnya.

Baca juga:
Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Lambat dalam Belajar?

Strategi dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar pada Siswa

Kemudian narasumber turut menjelaskan 3 strategi yang dapat guru terapkan untuk mengidentifikasi dan kesulitan belajar pada siswa, yakni:

1. Observasi

Guru mengamati perilaku siswa di kelas, termasuk saat mereka berpartisipasi, menyelesaikan tugas, hingga berinteraksi dengan teman sebayanya.

2. Wawancara

Guru berbicara dengan siswa dan orang tua untuk memahami riwayat belajar siswa, kesulitan yang dihadapi, dan kebutuhan khusus mereka.

3. Tes

Guru juga dapat memberikan tes psikologi pendidikan untuk membantu dalam mengidentifikasi jenis kesulitan belajar yang spesifik sembari menentukan strategi intervensi yang tepat.

Narasumber juga memberikan contoh studi kasus dalam menangani siswa yang kesulitan belajar. Simak penjabaran studi kasus ini dalam rekaman webinar berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami di https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Saya ingin gabung membershipnya!


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pemanfaatan Alat Peraga dalam Pembelajaran: Tips untuk Guru yang Efektif
2 min
GI Academy #34 | Integrasi Fitur Asisten Guru PMM dan AI untuk Pembuatan Modul Ajar
3 min
Tentang Menjadi Seorang Guru Trainer: Menggali Potensi dan Persiapannya
2 min
Webinar “Strategi Digital Marketing” untuk Meningkatkan Branding Institusi di Era Digitalisasi
1 min
Jangan Sampai Terlewat! Pendaftaran PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023 Telah Dibuka!
1 min
Manfaat dan Cara Mengatasi Kesulitan Menggunakan AI bagi Tenaga Pendidik
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar