GI Class #104 | Pengelolaan Kelas: Menciptakan Happy Learning yang Positif dan Interaktif - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 13 Agu 2024

GI Class #104 | Pengelolaan Kelas: Menciptakan Happy Learning yang Positif dan Interaktif

Guruinovatif.id menyelenggarakan webinar bersertifikat Guru Inovatif Class ke-104 pada hari Sabtu, 10 Agustus yang lalu dengan topik “Pengelolaan Kelas: Menciptakan Happy Learning yang Positif dan Interaktif”. Webinar ini menghadirkan Tubagus Arayyan sebagai narasumbernya.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
56x
Bagikan

Pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024 yang lalu, Guruinovatif.id menyelenggarakan webinar Guru Inovatif Class ke-104 yang menghadirkan Tubagus Arayyan sebagai narasumber webinar. Topik yang dibahas dalam webinar ini adalah “Pengelolaan Kelas: Menciptakan Happy Learning yang Positif dan Interaktif”.

Narasumber membuka sesi webinar ini dengan menyampaikan kutipan:

“Jangan mendidik anak-anak untuk menjadi kaya, didiklah mereka untuk bahagia. Karena ketika mereka dewasa mereka akan mengetahui sesuatu dari NILAINYA bukan dari HARGANYA."

Definisi Pengelolaan Kelas

Selanjutnya, narasumber mengajak para peserta webinar untuk menyamakan persepsi mengenai pengelolaan kelas, yakni pengelolaan kelas merupakan serangkaian upaya yang dilakukan guru untuk menciptakan dan menjaga kondisi belajar yang optimal.

Dalam pelaksanaannya, upaya-upaya yang dilakukan akan melibatkan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian kegiatan pembelajaran. Pengelolaan kelas wajib dilakukan karena memiliki tujuan untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif, efektif, dan menyenangkan. Sehingga pengelolaan kelas tidak hanya mengatur tata ruang kelas, namun juga mengatur serta memperhatikan aspek psikologis siswa, aspek sosial, hingga pengelolaan waktu.

Realita yang kita alami saat ini adalah guru seringkali membawa pengalaman pembelajaran sebelumnya ke kelas yang ajar sekarang. Karena kita masih menganggap bahwa materi ajar yang akan disampaikan hanya itu-itu saja. Narasumber memberikan ilustrasi bahwa guru yang masuk ke dalam kelas dan melakukan proses pembelajaran sama seperti masuk ke medan perang. Sebab guru memerlukan “senjata” berupa perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, dan pengendalian kegiatan pembelajaran.

Baca juga:
Cara Memfasilitasi Siswa dengan Berbagai Kemampuan dalam Kelas

Oleh karena itu, pengelolaan kelas dilakukan agar terjadi:

  • Pembelajaran dua arah

  • Pembelajaran yang lebih efektif

  • Mampu memenuhi kebutuhan belajar siswa

Selain itu narasumber juga menjelaskan, bahwa suasana proses pembelajaran yang sepi bukan menjadi indikator kesuksesan guru. Karena justru suasana pembelajaran yang sepi itu mengindikasikan suasana yang mencekam dan tidak menyenangkan.

5 Urgensi Memahami Pengelolaan Kelas

Narasumber kemudian menjelaskan 5 poin penting mengapa tenaga pendidik perlu memahami urgensi pengelolaan kelas, antara lain:

1. Suasana belajar menjadi kondusif

Ketika guru mampu mengelola kelas dengan baik, maka akan tercipta pembelajaran dua arah, menjadi lebih menyenangkan, siswa pun mengikuti proses pembelajaran dengan ikhlas tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

2. Meningkatkan motivasi belajar siswa

Ketika pengelolaan kelas dilakukan dengan baik, motivasi belajar dalam diri siswa pun akan meningkat. Karena guru mampu membangkitkan semangat belajar dalam diri siswa dari hari ke hari hingga ke tiap pertemuan belajar.

3. Meminimalisir gangguan selama proses pembelajaran

Terkadang gangguan selama proses pembelajaran itu justru berasal dari guru itu sendiri jika pengelolaan kelas tidak dilakukan dengan baik. Bahkan guru yang melihat ada siswanya yang jalan kesana kemari, mungkin tidak memahami bagaimana cara mengelola proses pembelajaran dengan gaya belajar siswa yang kinestetik. Sehingga guru akan menganggap hal ini sebagai gangguan selama proses pembelajaran.

GI Class #104 | Pengelolaan Kelas: Menciptakan Happy Learning yang Positif dan Interaktif

4. Memanfaatkan waktu secara efektif

Dengan pengelolaan kelas yang baik, waktu yang digunakan tidak akan terbuang secara sia-sia. Guru dapat memanfaatkan waktu secara efektif untuk membangun hubungan dengan siswa-siswanya dikelas.

5. Membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran

Ketika guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa namun dengan pengelolaan kelas yang kurang baik, sebenarnya tetap bisa mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Tetapi membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa tujuan pembelajaran tersebut tidak tercapai.

Peran Happy Learning di Dalam Proses Pembelajaran

Happy learning adalah proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat hubungan yang kuat antara guru dengan siswa, tanpa adanya perasaan terpaksa atau tertekan. Terkadang saat kita datang ke kelas hanya sekadar menyampaikan tujuan pembelajaran, namun lupa bertanya kepada siswa-siswa di kelas bagaimana perasaannya di hari itu. Karena konsep happy learning adalah mewujudkan proses pembelajaran tanpa perasaan terpaksa dan tertekan, sehingga siswa datang ke kelas dengan perasaan senang serta gembira.

Baca juga:
Simak Ragam Pendekatan Pembelajaran beserta Cara Memilih Pendekatan yang Cocok di Kelas

Ada 5 poin mengapa pembelajaran yang menyenangkan itu penting, antara lain:

  • Dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

  • Membantu siswa lebih mudah mengingat materi.

  • Menciptakan suasana belajar yang positif.

  • Meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

  • Membentuk karakter siswa yang lebih percaya diri.

Peran Guru dalam Pembelajaran yang Menyenangkan

Narasumber menjalaskan untuk mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan di kelas, maka guru harus memahami perannya terlebih dahulu dalam melaksanakan happy learning ini, yakni:

  • Menjadi fasilitator yang membimbing siswa dalam proses belajar.

  • Memiliki antusiasme dengan menunjukkan kegembiraan dalam proses pembelajaran.

  • Memberikan umpan balik yang positif agar siswa terdorong untuk terus belajar.

  • Menerapkan penilaian atau asesmen yang tak hanya mengandalkan tes tertulis, namun bervariasi.

  • Menjadi teladan atau role model dengan menunjukkan sikap positif dalam prose pembelajaran

Dalam webinar ini, narasumber juga menjelaskan strategi menerapkan pembelajaran yang menyenangkan hingga beberapa teknik serta metode yang dapat diterapkan oleh tenaga pendidik di dalam kelas. Mau tahu seperti apa penjelasannya? Simak tayangan ulang webinar Guru Inovatif Class ke-104 dalam tautan berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Saya ingin jadi member di Guruinovatif.id


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

1

0

Komentar (1)
Moldura

Wiyono Yunus

Aug 15, 2024

untuk sertifikat bisa dilihat dimana
Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023 Telah Dibuka
2 min
Pendidikan Abad Ke-21 Melahirkan Empat Kompetensi Penting Berikut Ini!
3 min
Platform Digital sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru

AFWAN YAZID

Sep 06, 2023
2 min
GI Class 84 "Strategi Menyusun Media Pembelajaran 5.0"
1 min
ISLTF #56 : Literasi Era Digital: Pentingnya Literasi Menulis bagi Guru di Era Digital
5 min
GI Academy #12 : Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar