GI Academy #36 | Menyusun Kegiatan P5: Meningkatkan Iklim Kebinekaan - Guruinovatif.id

Diterbitkan 05 Agu 2024

GI Academy #36 | Menyusun Kegiatan P5: Meningkatkan Iklim Kebinekaan

Pada tanggal 02—03 Agustus 2024 yang lalu, Guruinovatif.id menyelenggarakan workshop online dengan tema “Menyusun Kegiatan P5: Meningkatkan Iklim Kebinekaan”. Narasumber pada kegiatan workshop ini adalah Chintia Giana selaku trainer Guruinovatif.id.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
232x
Bagikan

Pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 02-03 Agustus yang lalu, Guruinovatif.id kembali menyelenggarakan workshop online Guru Inovatif Academy yang membahas mengenai “Menyusun Kegiatan P5: Meningkatkan Iklim Kebinekaan”. Workshop ini dibawakan oleh Chintia Giana selaku trainer dari Guruinovatif.id.

4 Langkah dalam Memahami Pengimplementasian Kurikulum Merdeka

Narasumber memulai sesi workshop dengan bertanya sudah sampai mana pemahaman para peserta terkait peta konten pengimplementasian Kurikulum Merdeka. Narasumber juga menampilkan ilustrasi peta konten yang dimaksud sebagai berikut:

  1. Langkah 01 → Memahami garis besar Kurikulum Merdeka

  2. Langkah 02 → Memahami pembelajaran dan asesmen

  3. Langkah 03 → Memahami pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)

  4. Langkah 04 → Memahami pengembangan kurikulum satuan pendidikan

Baca juga:
Profil Pelajar Pancasila, Definisi, Elemen, dan Fungsinya dalam Pembentukan Karakter Anak Bangsa

Rata-rata peserta workshop menjawab sudah berada atau memahami langkah kedua atau memahami pembelajaran dan asesmen. Sebagian peserta workshop juga ada yang menjawab bahwa mereka sudah berada pada langkah ketiga dan keempat. Narasumber pun menimpali, peserta yang sudah berada di tahap ketiga dan keempat dapat menjadi teman diskusi atau fasilitator di masing-masing satuan pendidikan.

Miskonsepsi Mengenai P5

Dalam workshop ini pula, narasumber juga menjelaskan beberapa miskonsepsi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang beredar, antara lain:

  1. P5 hanyalah proyek sekolah tanpa implementasi nyata

  2. P5 hanya berbasis tugas kecil yang tidak memerlukan kolaborasi

  3. P5 tidak memerlukan pendekatan inovatif

  4. P5 tidak memerlukan evaluasi dan penilaian yang komprehensif

  5. P5 hanya terkait dengan pelajaran Pancasila

  6. P5 tidak memerlukan dukunngan dari pihak luar sekolah

  7. P5 hanya berfokus pada hasil akhir

GI Academy #36 | Menyusun Kegiatan P5: Meningkatkan Iklim Kebinekaan

Peserta juga menambahkan beberapa miskonsepsi lainnya seperti, hanya sekadar penggugur kewajiban, mengambil jam mata pelajaran yang lain, hanya kegiatan Perayaan Hari Besar Nasional (PHBN), penyelerasan kurikulum dari pihak eksternal dan lain sebagainya.

6 Langkah Menyusun Kegiatan P5 di Satuan Pendidikan

Dalam menyusun kegiatan P5, ada 6 langkah yang perlu Bapak/Ibu guru perlu ketahui, yaitu:

1. Memahami projek penguatan profil pelajar Pancasila

Bapak/Ibu guru perlu memahami urgensi, gambaran pelaksanaannya, prinsip-prinsipnya, hingga manfaat P5.

2. Menyiapkan ekosistem satuan pendidikan

Hal ini mencakup membangun budaya satuan pendidikan yang mendukung penerapan P5, memahami peran peserta didik, pendidik, dan lingkungan satuan pendidikan dalam pelaksanaan P5. Selain itu, satuan pendidikan juga perlu mendorong penguatan kapasitas pendidik dalam pelaksanaan P5

3. Merencanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila

Dalam merencanakan P5, maka satuan pendidikan perlu untuk membentuk tim pelaksana P5, mengidentifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan dalam menjalankan P5. Selain itu, penting juga untuk menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu P5 serta menyusun modul P5.

Baca juga:
Lebih Dalam Mengenal 9 Tema Profil Projek Pelajar Pancasila

4. Melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila

Dalam pelaksanaannya, penting bagi pendidik untuk mengetahui bagaimana mengawali kegiatan projek, mengoptimalkan pelaksanaan projek, hingga cara mengakhiri rangkaian kegiatan projek.

5. Mengolah asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila

Setelah melakukan pelaksanaan, satuan pendidikan juga harus membuat laporan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila yang mencakup hasil asesmen serta rapor P5.

6. Mengevaluasi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila

Sebagai langkah terakhir, satuan pendidikan juga harus memahami prinsip evaluasi pelaksanaan P5, alat serta metode evaluasi P5, memahami peran pengawas satuan pendidikan dalam evalusi P5, hingga tindakan lanjut terhadap kegiatan P5 berikutnya.

Simak penjelasan lebih rinci mengenai pembahasan penyusunan kegiatan P5 untuk meningkatkan iklim kebinekaan dalam rekaman workshop berikut ini!

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!

Tingkatkan kualitas dan kompetensi mengajar Anda dimanapun serta kapanpun dengan bergabung menjadi anggota Guruinovatif.id.
Akses berbagai event, kursus online serta fasilitas lainnya secara GRATIS selama 7 hari!

Saya ingin jadi member di Guruinovatif.id


Penulis: Eka | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar “Strategi Digital Marketing” untuk Meningkatkan Branding Institusi di Era Digitalisasi
1 min
Alasan Diskusi Menjadi Metode untuk Memantik Keaktifan dan Perhatian Siswa saat Kegiatan Belajar Berlangung
3 min
Webinar Gratis “KENAPA HARUS ASN?” bersama Imam Agi Pratama
1 min
GI Class #104 | Pengelolaan Kelas: Menciptakan Happy Learning yang Positif dan Interaktif
4 min
Kelas Inovasi “Membuat Dunia Virtual Menggunakan Media Roblox” untuk Pembelajaran di Era Digital
1 min
Mengenal Aksi Nyata dalam Platform Merdeka Mengajar (PMM)
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar