GI Academy #16 : Membangun Motivasi Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Interaktif - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Nov 2023

GI Academy #16 : Membangun Motivasi Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Interaktif

Alat peraga interaktif merupakan alat bantu pembelajaran yang melibatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar-mengajar. Dibandingkan dengan alat konvensional, alat ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi, merasakan, dan mengaplikasikan konsep belajar secara langsung.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
819x
Bagikan

Telah dilaksanakan Guru Inovatif Academy (GIA) #16 pada tanggal 10-11 November 2023 bersama dengan Anita Jojor, Sp.Pd yang merupakan seorang Trainer GuruInovatif.id. Topik utama yang dibahas dalam event ini terkait “Membangun Motivasi Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Interaktif”. Simak informasi selengkapnya dibawah ini!

Alat Peraga Interaktif

GI Academy #16 : Membangun Motivasi Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Interaktif

Alat peraga interaktif merupakan alat bantu pembelajaran yang melibatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar-mengajar. Dibandingkan dengan alat konvensional, alat ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi, merasakan, dan mengaplikasikan konsep belajar secara langsung.

Alat peraga interaktif telah menjadi solusi inovatif dalam pendidikan, mengubah paradigma pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu keunggulan utamanya adalah mampu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Dengan adanya alat peraga ini, guru dapat mempresentasikan materi dengan cara yang lebih dinamis, menarik minat siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Keunggulan lainnya adalah kemampuan alat peraga interaktif dalam meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan menggunakan alat seperti Google Suite, PowerPoint, PDF, dan sejenisnya, siswa diundang untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Mereka dapat membuat presentasi, menjawab pertanyaan, dan melakukan simulasi, yang menjadikan mereka lebih terlibat dalam pemahaman konsep yang diajarkan.

Keunggulan Alat Peraga Interaktif

GI Academy #16 : Membangun Motivasi Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Interaktif

Alat peraga interaktif memiliki 4 keunggulan, diantaranya:

  1. Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan: Alat peraga interaktif mampu menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menarik bagi siswa, memicu minat belajar mereka.
  2. Meningkatkan Keterlibatan Siswa: Dengan alat seperti Google Suite, PowerPoint, PDF, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif, membuat presentasi, dan menjawab pertanyaan, meningkatkan interaksi dalam proses pembelajaran.
  3. Meningkatkan Pemahaman Konsep: Melalui simulasi dan aktivitas interaktif, siswa dapat lebih mudah memahami konsep yang diajarkan, menginternalisasikan materi dengan lebih baik.
  4. Meningkatkan Motivasi Belajar: Keberhasilan dalam membangun motivasi belajar siswa menjadi salah satu keunggulan alat peraga interaktif. Anak-anak merasa lebih termotivasi saat terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Jenis-jenis Alat Peraga Interaktif

GI Academy #16 : Membangun Motivasi Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Interaktif

Berikut ini 4 kategori pada alat peraga Interaktif yang bisa dicoba, antara lain:

  • Alat Pembelajaran Digital: Seperti PowerPoint, PDF, Word, dan aplikasi lainnya yang memungkinkan siswa membuat presentasi dan mengerjakan tugas secara digital.
  • Alat Peraga Multimedia: Seperti Google Suite dan sejenisnya memberikan beragam fitur untuk menciptakan konten interaktif dalam bentuk presentasi, situs web, atau dokumen berbasis web.
  • Alat Peraga Berbasis Web: Seperti Kahoot, Teams, Canva, dan sejenisnya adalah alat-alat web yang memfasilitasi aktivitas interaktif, seperti kuis online, kolaborasi dalam membuat desain, atau presentasi.
  • Alat Pemainan Pendidikan (EduGame): Seperti Wordwall dan platform sejenisnya memungkinkan guru membuat permainan interaktif untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Lalu, bagaimana cara membuat alat peraga interaktif yang efektif dan inovatif? Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom Meeting pada link berikut yang dapat diakses gratis.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Raden Ahmad Hilman Hilmawan | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Webinar "Kepemimpinan dan Supervisi Pembelajaran sebagai Bentuk Akselerasi Kurikulum Merdeka"
2 min
Kreativitas Terhambat? Inilah Kendala Umum yang Dihadapi Penulis
2 min
Kupas Tuntas TOEFL untuk Tenaga Pendidik, Mahasiswa, dan Umum
1 min
Webinar Gratis "Belajar UI/UX bagi Pemula" Sebagai Penunjang Pendidikan di Era Digital
1 min
70 Kepala Sekolah di Yogyakarta Menghadiri Pelatihan School Leader Gathering Executive dari GuruInovatif.id
2 min
2 Jenis Asesmen Pembelajaran Populer yang Digunakan oleh Guru
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB