Filsafat Pendidikan dalam Film 3 Idiots - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Okt 2023

Filsafat Pendidikan dalam Film 3 Idiots

Menurut saya ini alasan paling kuat untuk tahan menonton film dua jam lebih tanpa memalingkan muka.

Refleksi

Ahmad Soleh, S.Pd.

Kunjungi Profile
1356x
Bagikan

Oleh: Ahmad Soleh

Menonton film India bagi sebagian orang merupakan perkara yang menjemukan. Kita butuh waktu sedikitnya tiga jam untuk bisa menyelesaikan satu film secara utuh. Durasi yang cukup menguras waktu kita bila untuk sekadar menonton drama percintaan, kisah berbau reinkarnasi, atau ihwal pembalasan dendam.

Namun, film-film India yang dirilis dalam beberapa dekade terakhir tidak demikian, sebab membawa kisah yang menarik, unik, dan memiliki pesan mendalam. Menurut saya ini alasan paling kuat untuk tahan menonton film dua jam lebih tanpa memalingkan muka.

Salah satu di antaranya adalah film "3 Idiots". Film "3 Idiots" membawa kisah yang menghibur, lucu, dan menginspirasi. Film ini menceritakan tentang tiga teman kuliah yang mengejar impian mereka dengan cara yang tidak biasa. Aamir Khan memerankan tokoh utama, Ranchoddas Syamaldas Chanchad, seorang mahasiswa jenius dan berpikiran maju. Di film ini, Aamir Khan menunjukkan kemampuannya sebagai aktor yang memukau.

Hal lain yang penting dalam film ini, yaitu perihal pentingnya pendidikan yang menghargai kreativitas dan kebebasan berpikir. Rancho adalah penggambaran paling utuh dari kedua hal ini. Selain itu, Rancho juga merupakan seorang yang cerdas dalam sisi kognitif dan kritis terhadap situasi di sekitarnya. Tak ayal, idealisme yang ia miliki membawanya pada beragam masalah. Ditambah lagi dengan urusan asmara Rancho dengan Pia Sahastrabudhi yang diperankan aktris Kareena Kapoor.

Alur yang disajikan dalam film ini juga sangat menarik. Kita akan dibuat tertawa, terharu, dan tersentak dengan kejadian yang dialami karakter-karakter dalam film ini. Kedua teman Rancho, Farhan Qureshi yang diperankan R. Madhavan dan Raju Rastogi yang diperankan Sharman Joshi juga patut diacungi jempol. Kimia yang terbangun di antara ketiga pemeran tersebut membuat film ini makin menarik untuk ditonton.

Bukan film India namanya bila tidak dilengkapi dengan lagu dan tarian. Lagu-lagu dalam film ini juga sangat enak disimak dan dapat membangkitkan emosi. Musik dan liriknya berhasil menggambarkan perasaan dan suasana tiap adegan. Lagu-lagu yang populer dan berhasil menjadi hits, di antaranya berjudul "All Izz Well" dan "Give Me Some Sunshine".

Filsafat Pendidikan

Salah satu hal yang membuat saya tertarik dengan isi kandungan film 3 Idiots adalah penggambaran yang tajam dan kritis mengenai masalah pendidikan. Nuansa filsafat pendidikan sangat kentara dalam beberapa adegan yang menampilkan Rancho sebagai seorang yang kritis dalam berpikir. Misalnya saat Rancho berdebat soal pengertian mesin, ia mengatakan segala hal yang memudahkan manusia adalah mesin. Lalu, ia mencontohkan resleting celananya sebagai salah satu contoh mesin.

Hal itu tidak mendapat apresiasi, Rancho malah mendapat omelan. Kemudian, seorang mahasiswa bernama Chatur Ramalingam (diperankan Omi Vaidya) menyebutkan pengertian mesin sesuai dengan buku teks. Ia mendapat pujian dari dosen karena dianggap jawabannya benar. Scene itu dilanjutkan dengan Rancho protes dan diusir dari kelas.

Ketika hendak kembali ke dalam untuk mengambil buku, Rancho ditegur oleh dosen tersebut, "kenapa balik lagi?". Rancho menjawab, "aku ketinggalan sesuatu." Lalu ia menjelaskan "buku" dengan pengertian sesuai yang ada di dalam buku teks. Semua hanya bengong karena tidak mengerti apa yang diucapkan mahasiswa jenius itu. Ketika semua bengong, Rancho bilang, “Buku, pak. Saya ketinggalan buku.”

"Kenapa tidak bilang saja buku?" timpal dosen itu. Rancho pun membalikkan, "Tadi saya sudah melakukannya, tapi Bapak tidak suka dengan bahasa yang sederhana." Dengan sukacita Rancho pun keluar kelas. Begitulah Rancho, ia diusir dari kelas karena cara berpikirnya yang berbeda. Menurutnya penjelasan sesuatu tidak harus sesuai buku teks, malah akan lebih bagus bila dijelaskan dengan bahasa yang sederhana.

Hal-hal semacam inilah yang membuat film ini menarik. 3 Idiots memberikan perspektif yang berbeda dan dapat memperkaya pengetahuan kita tentang bagaimana melihat pendidikan di perguruan tinggi yang ternyata justru jauh dari hakikat pendidikan itu sendiri. Di sana ada tekanan, tuntutan, dan pengekangan kebebasan berpikir. Kampus hanya menjadi mesin cetak pekerja.

Film 3 Idiots menjadi salah satu film India yang layak untuk ditonton, minimal sekali seumur hidup. Alur cerita yang menarik dan unik, akting pemeran yang memukau, dan pesan moral yang kuat membuat film ini memiliki segalanya dan pasti akan meninggalkan kesan mendalam bagi siapa saja yang menontonnya.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Cara Kecemasan Mengurung Anda dan Cara Menghindarinya
Disiplin Positif Pelajar

Puji Anisa, S. Pd

Dec 24, 2022
3 min
EFEKTIFITAS PEMANFAATAN HIDROPONIC ECO TOWER SEBAGAI BAGIAN DARI KEARIFAN LOKAL RAMAH LINGKUNGAN DALAM MEMINIMALISIR PREDIKSI DAMPAK EL NINO TAHUN 2023
5 min
Tips & Trik Meningkatkan Keterampilan Wicara Siswa dalam Pembelajaran
4 min
Cara Pendekatan Ke Siswa Introvert di Sekolah
4 min
Pendidikan untuk Generasi Emas Indonesia 2045
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB