EDUKASI LITERASI DIGITAL MELALUI KOMUNITAS BELAJAR GURU SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK DIGITALISASI SEKOLAH - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 29 Agu 2023

EDUKASI LITERASI DIGITAL MELALUI KOMUNITAS BELAJAR GURU SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK DIGITALISASI SEKOLAH

artikel ini merupakan artikel yang dilombakan pada lomba menulis artikel "penguatan literasi digital bagi siswa dan guru melalui platform digital"

Dunia Pendidikan

Yolanda Agus Septiana

Kunjungi Profile
1244x
Bagikan

EDUKASI LITERASI DIGITAL MELALUI KOMUNITAS BELAJAR GURU SEBAGAI LANGKAH AWAL UNTUK DIGITALISASI SEKOLAH

Perkembangan teknologi dan informasi pada era revolusi industri secara global mempengaruhi sistem dan perilaku manusia. Manakala manusia memberikan respon dengan penggunaan internet untuk mendukung segala bentuk aktivitas dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Hal ini dapat dilihat pada fenomena ribuan pendidik yang beramai-ramai mempelajari dan menggunakan berbagai aplikasi untuk mendukung proses pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di sekolah melalui komunitas belajar bagi guru dan staf. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital dan digitalisasi sekolah.

Komunitas belajar yang terbentuk memiliki fungsi dan tujuan sebagai wadah pengembangan kemampuan dan keterampilan guru untuk mendukung proses pelaksanaan pendidikan serta pengajaran. Di samping itu juga komunitas belajar ini memberikan gambaran dan cerminan bagi guru yang siap belajar dan mengembangkan kompetensi. Sebagai contoh komunitas belajar yang terbentuk di Sekolah Dasar Unggulan Hamzanwadi, memiliki program pengembangan bagi guru yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran, media, bahan ajar dan administrasi lainnya. 

Pengembangan perangkat pembelajaran, media dan bahan ajar bukan saja yang berbentuk cetak dan memanfaatkan aplikasi Microsoft office, tetapi juga menggunakan beberapa aplikasi seperti google drive, google doc dan canva. Ketiga aplikasi ini sangat membantu guru untuk menyimpan file dengan berbagai format baik dokumen, pdf, video presentasi, audio, melakukan pengembangan perangkat pembelajaran secara individu ataupun secara kolaboratif.

                       

Berdasarkan gambar di atas, menjelaskan antusiasme guru dalam belajar menggunakan teknologi dalam berkolaborasi dengan rekan sejawat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kecakapan literasi digital guru. Literasi digital merupakan upaya to know, to search, to understand, to analyze, to use dan to collaborate. Hal ini bermaksud bahwa Kemampuan literasi digital bukan hanya kecakapan dalam mengggunakan teknologi, tetapi kecapakan dalam mencari, menggali, menganalisis informasi dan kolaborasi menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia. 

Sebagai salah satu contoh implementasi literasi digital untuk kolaborasi adalah penggunaan google drive. Google drive digunakan untuk menyimpan data guru secara bersama-sama. Guru dapat mengakses secara bersama-sama segala bentuk dokumen yang disimpan.

Hal ini dilakukan untuk melakukan digitalisasi sekolah, mengurangi penggunaan kertas dan pengeluaran biaya sekolah. Cara ini menjadi efektif dan efisien jika semua guru terlibat secara langsung dan bersama-sama.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Revolusi Industri 4.0 Bersama Literasi Digital

PUTRI SION TOBING

Sep 09, 2023
1 min
Penguatan Literasi Digital Dengan Chromebook di Sekolah Minim Jaringan Internet

Danar Wulan, S.Si

Sep 10, 2023
6 min
Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis serta Meningkatkan Literasi Digital Siswa dalam Menyuarakan Opini melalui Menulis Artikel Pada Media Platform Digital
Literasi Digital di Batas Negeri dalam Pembelajaran Pancasila melalui “Game Edukasi Gernasila”

Niken Eka Priyani

Aug 07, 2023
3 min
Dimas Krikof VS Tren Gen Z untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045

FERA ANDRIANI

May 30, 2023
5 min
Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Kesehatan Mental Anak
4 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB