Dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pengajaran, GuruInovatif.id Kembangkan Fitur untuk Mengukur dan Mengenali Potensi Guru dalam Era Digital - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 18 Sep 2024

Dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pengajaran, GuruInovatif.id Kembangkan Fitur untuk Mengukur dan Mengenali Potensi Guru dalam Era Digital

Berangkat dari keresahan adanya kesenjangan keterampilan guru di wilayah Indonesia, GuruInovatif.id mengembangkan fitur untuk mengukur dan mengenali potensi guru dalam era digital.

Update Platform

Update Guru Inovaitf

Kunjungi Profile
8x
Bagikan

Dalam persaingan yang semakin ketat di era modern ini, guru menjadi faktor kunci yang bertanggung jawab dalam mendidik anak-anak untuk mencapai kedewasaan yang matang. Oleh karena itu, diperlukan guru yang profesional dan kompeten. Kemampuan seorang guru memiliki peran yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan, baik di tingkat sekolah maupun secara nasional. Dengan mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang tepat, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan efektif. Mari kita simak pembahasan lebih lanjut mengenai pentingnya peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Guru sebagai Profesi Memiliki Tuntutan yang Jauh dari Enteng

Saat kita membahas topik tugas seorang guru, tentunya yang terbesit dalam benak kita adalah perannya dalam mendidik, melatih, dan mengajar anak secara bertahap agar mereka dapat mandiri, bertanggung jawab, serta memiliki perilaku yang baik sesuai norma yang berlaku. Profesi ini terus menghadapi tantangan seiring dengan perkembangan zaman yang dinamis.

Globalisasi yang terjadi di era masa kini juga melahirkan tekanan-tekanan untuk menghasilkan individu yang terdidik dengan kemampuan cakap, daya adaptabilitas tinggi, dan menguasai multiakses. Hal ini penting agar sumber daya manusia suatu negeri dapat menjadi berkualitas dan mampu bersaing secara global.

Baca juga:
Jangan Lupakan 4 Kompetensi Guru Ini !

Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa seorang guru wajib memiliki sertifikat pendidik, sehat secara jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Karena guru yang profesional akan mampu menghasilkan proses dan hasil pendidikan yang bermutu dalam rangka mewujudkan insan yang cerdas, manusia yang berakhlak mulia, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

Oleh karena itu, profesi guru memerlukan serangkaian keahlian khusus yang tidak dapat dimiliki oleh sembarang orang. Saat ini, jabatan atau profesi guru dapat dipegang oleh individu yang bukan lulusan pendidikan (non-pendidikan) dengan memperoleh akta empat dari lembaga pendidikan. Hal ini menjadi langkah tegas untuk memastikan bahwa seseorang yang menyandang profesi guru harus memiliki kualifikasi yang memadai dalam menyampaikan materi atau bahan ajar kepada peserta didik untuk memastikan proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif dan berkualitas, serta agar guru dapat menjalankan perannya secara profesional dan bertanggung jawab.

Dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pengajaran, GuruInovatif.id Kembangkan Fitur untuk Mengukur dan Mengenali Potensi Guru dalam Era Digital
Dengan mengenali kemampuan diri, peluang untuk meningkatkan kemampuan diri akan semakin terbuka lebar (Gambar: Getty Images/Photobuay)

10 Ciri-Ciri Guru Profesional

Berdasarkan Asian Programme of Educational Innovation for Development (APEID) di tahun 2021, guru profesional memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Menghubungkan siswa dan lingkungan.

  2. Membimbing siswa berfikir ilmiah.

  3. Sebagai sumber ilmu pengetahuan tertentu dengan belajar seumur hidup.

  4. Mengorganisasi belajar siswa.

  5. Menghubungkan siswa dengan lingkungan yang masih kabur.

  6. Mengembangkan filsafat moral dan pandangan positif tentang dunia.

  7. Mengembangkan kreativitas dan rasa percaya diri siswa.

  8. Koordinator lembaga non formal di luar sekolah.

  9. Petugas pendidikan sosial.

  10. Mengintegrasikan pengetahuan demi kepentingan sekolah dan masyarakat.

Lalu, bagaimana cara seorang guru mengukur kemampuan dirinya agar tahu bidang apa yang perlu dikembangkan?

Baca juga:
Panduan ini Akan Memudahkan Anda dalam Memahami Model Kompetensi Guru

Fitur untuk Mengukur dan Mengenali Potensi Guru dalam Era Digital

GuruInovatif.id menghadirkan fitur untuk guru yang bernama “Tes Diagnostik Guru” atau “Tes Pengembangan Diri”. Fitur ini merupakan sebuah serangkaian tes diagnostik berbasis online terpadu yang dirancang khusus untuk mengukur, mengenali, dan mengembangkan kemampuan profesional tenaga pendidik. Tes-tes ini mengandung enam aspek penting yang digunakan sebagai bahan evaluasi perkembangan guru, antara lain:

  1. Analisis dan desain perencanaan;

  2. Literasi digital;

  3. Pedagogi dan reflektif;

  4. Kolaborasi dan keterampilan spesifik;

  5. Pemecahan masalah dan berpikir logis/kritis, serta;

  6. Integritas dan profesionalisme.

Fitur ini merupakan langkah kontribusi dari GuruInovatif.id dalam mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik di masa depan. Tim GuruInovatif.id menyadari adanya kesenjangan keterampilan yang dimiliki oleh guru-guru di berbagai wilayah Indonesia. Dengan memahami kemampuan diri, guru dapat mengetahui aspek mana yang perlu dipertahankan dan mana yang perlu ditingkatkan. Hal ini tidak hanya membantu pengembangan profesionalisme guru, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Dalam Mendukung Peningkatan Kualitas Pengajaran, GuruInovatif.id Kembangkan Fitur untuk Mengukur dan Mengenali Potensi Guru dalam Era Digital

Klik disini mengetahui sejauh mana kemampuan Anda

Referensi:
Memahami Karakteristik Guru Profesional
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan: Sebagai Upaya Meningkatkan Teacher Profesionality


Penulis: Eka | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Fitur Terbaru, Membership Card
1 min
3 Fitur untuk Mewadahi Kreativitas Guru di Indonesia
2 min
Fitur Terbaru untuk Mempermudah Pembuatan Modul Ajar
2 min
5 Fitur Terbaru pada Website GuruInovatif.id
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar