Cara Tetap Bekerja Meskipun Tidak Memiliki Semangat - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Mei 2023

Cara Tetap Bekerja Meskipun Tidak Memiliki Semangat

Dibalik pekerjaan yang terselesaikan secara maksimal pasti ada semangat kerja ketika menyelesaikan pekerjaan tersebut. Namun tidak jarang seseorang kehilangan semangat kerjanya. Dengan demikian perlunya beberapa hal yang dilakukan untuk meningkatkan semangat kerja.

Refleksi

Alventina Febriola

Kunjungi Profile
892x
Bagikan

Salah satu kunci keberhasilan dalam bekerja adalah semangat kerja. Namun tidak jarang seseorang kehilangan semangat kerjanya yang diakibatkan oleh berbagai macam hal sehingga membuatnya malas dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh rutinitas kerja yang hanya itu-itu saja atau dapat dikatakan kerjanya monoton seperti kerja selalu berangkat pagi, pulang tengah malam, rapat ini itu, dan lain sebagainya. Dengan demikian seseorang akan merasa bosan jika tidak dapat menjaga semangat kerjanya dan alhasil kerjanya kurang maksimal.

Selain faktor rutinitas, kuranganya semangat dalam bekerja dapat diakibatkan oleh faktor suasana kerja dan mood seseorang. Faktor suasana kerja dipengaruhi oleh rekan kerja, fasilitas tempat kerja. Sedangkan mood seseorang dipengaruhi oleh sesuatu hal yang membuat orang tersebut tidak bersemangat seperti permasalahan pribadi. Nah pasti tidak jarang bukan anda mengalami hal seperti ini? Terus bagaimana sih agar kita dapat bekerja secara maksimal walaupun sedang tidak memiliki semangat? 

7 Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Salah satu solusi untuk meningkatkan produktivitas kerja yakni dengan meningkatkan semangat kerja. Berikut beberapa cara agar tetap bekerja secara maksimal dengan meningkatkan semangat:

1. Gunakan ritual penyemangat Anda

Anda dapat menggunakan ritual menyemangat anda sendiri yaitu dengan menemukan sesuatu yang membuat anda Bahagia atau semangat. Lakukan dengan cara sederhana misalnya anda menyukai kopi maka anda dapat meminum secangkir kopi hangat agar dapat meningkatkan mood, ataupun dengan coklat, jajanan ringan, mendengarkan musik maupun hal lain yang dapat membuat anda senang. Ketika anda memenuhi keinginan anda maka mood dan semangat kerja akan meningkat sehingga pekerjaan yang anda lakukan dapat terselesaikan dengan maksimal.

2. Pastikan meja kerja Anda nyaman

Cara Tetap Bekerja Meskipun Tidak Memiliki Semangat
Gambar Meja Kerja Rapi (Sumber : Canva)

Berkaitan dengan meja kerja tidak boleh disepelekan lho! Meja yang berantakan menandakan pikiran yang berantakan juga, selain itu dapat membuat semangat kerja turun karena bekerja di meja yang kurang enak dipandang. Meja yang berantakan dapat menguras energi kita jika mencari dokumen atau sesuatu yang hilang, padahal waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Coba Anda meluangkan waktu untuk merapikan atau menghias meja kerja sesuai keinginan Anda. Dengan demikian akan tercipta suasana yang nyaman untuk bekerja.

3. Jika Anda jenuh maka beristirahatlah

Cara Tetap Bekerja Meskipun Tidak Memiliki Semangat
Gambar Istirahat (Sumber : Canva)

Setelah berjam-jam Anda bekerja pasti akan merasakan jenuh, mata yang mulai terasa berat dan rasa lelah. Anda dapat beristirahat sebentar dengan berbagai cara seperti sekadar jalan-jalan sebentar atau bangkit untuk ngulet, cuci muka, dan lain sebagainya. Istirahat yang dapat dikatakan sebagai selingan singkat tersebut dapat mengembalikan mata segar dan semangat Anda sehingga produktivitas Anda dalam bekerja akan meningkat pula.

4. Kurangi multitasking

Cara Tetap Bekerja Meskipun Tidak Memiliki Semangat
Gambar Multitasking (Sumber : Canva)

Tidak jarang pekerjaan yang dikerjakan berhubungan dengan multitasking yakni berusaha menyelesaikan beberapa tugas secara bersamaan. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan multitasking memiliki pikiran yang mudah teralihkan serta dapat menurunkan kualitas pekerjaan Anda. Ketika Anda memiliki beberapa tugas, maka Anda dapat fokus untuk menyelesaikan satu tugas dari waktu ke waktu kemudian jika telah selesai maka dapat beralih pada tugas lainnya. 

5. Apresiasi diri Anda

Tidak jarang orang yang mengabaikan diri sendiri sehingga hanya fokus untuk kerja saja. Bekerja tanpa memberikan apresiasi untuk diri sendiri maka dapat meningkatkan stress dan menurunkan semangat. Anda dapat mengapresiasi atau memberi penghargaan untuk diri anda sendiri dengan kegiatan-kegiatan positif yang Anda sukai. Kegiatan tersebut seperti berkumpul dengan keluarga dan teman, melakukan hobi, berbelanja barang yang Anda suka maupun liburan.

6. Temukan teman dekat Anda di tempat kerja

Cara Tetap Bekerja Meskipun Tidak Memiliki Semangat
Gambar Bersama Teman Kerja (Sumber : Canva)

Seseorang yang memiliki teman dekat di tempat kerja cenderung bersemangat dalam bekerja menurut Christine Riordan di Harvard Business Review, dengan teman dekat dapat memberikan rasa kebersamaan melalui kegiatan-kegiatan menyenangkan yang dilakukan secara bersama seperti makan bersama, karaoke-an bahkan curhat ketika ada masalah. 

7. Memotivasi diri sendiri

Saat Anda mulai penat dengan pekerjaan Anda, maka Anda membutuhkan motivasi untuk meningkatkan semangat Anda. Anda dapat memotivasi diri sendiri bahkan Anda dapat meminta motivasi dari orang lain misalnya dengan orang tua maupun orang terdekat Anda. Anda akan tersadar akan makna dari pekerjaan yang anda kerjakan, dampak dan tujuannya. Dengan begitu Anda akan lebih termotivasi untuk semangat kerja. 

Demikianlah beberapa informasi mengenai cara tetap bekerja meskipun tidak memiliki semangat. Semoga artikel ini dapat memberikan insight bagi Anda yang sedang mengalami kendala dalam mengendalikan semangat kerja. Semangat untuk Anda semuanya dalam meningkatkan semangat kerja sehingga pekerjaan anda dapat terselesaikan secara maksimal.

Buat Bapak//Ibu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ketrampilan mengajar, dapat cek di platform GuruInovatif.id dengan online course dan webinar bersertifikat. Mari segera cek dan coba gratis di GuruInovatif.id sekarang!


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas

SANDYKA KURNIAWAN

Sep 14, 2021
2 min
Peran Locus of Control dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa
5 min
Ibu, Cinta, dan Kasih yang Abadi dalam Sanubari
3 min
Yang Harus Diketahui Mengenai Bullying
4 min
15 Ucapan Hari Kenaikan Isa Almasih Penuh Makna!
2 min
Kenali Gejala Burn Out pada Guru dan Cara Mengatasinya
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB