Published 11 Jan 2023

5 Ekstensi Peramban yang Membantu Proses Pembelajaran

Ekstensi merupakan komponen tambahan yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur ke peramban web. Fitur yang ditawarkan dapat mempermudah aktivitas dalam pembelajaran.

Refleksi

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
Bagikan

"The use of technology in the classroom is not about replacing the teacher, it's about enhancing the teacher's ability to do what they do best - teach." - David Warlick

Zaman semakin maju, dunia bergerak ke arah yang lebih kompleks dan unik. Kita tentu tidak akan pernah membayangkan bagaimana semua orang dapat berkomunikasi satu sama lain dalam jarak antar kota, bahkan antar negara. Semua hal yang semula dianggap tidak mungkin satu per satu menjadi mungkin pada zaman saat ini. Pertemuan melalui gawai, pembelajaran melalui aplikasi jarak jauh, dan konser musik secara online merupakan sebuah kelaziman yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. 

Semua hal yang terjadi tersebut merupakan implementasi dari hadirnya teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Ia telah menjadi bagian integral dari kehidupan. Ia memasuki kehidupan kita, mengubah cara kita berkomunikasi, mencari hiburan, berbisnis, dan menyelenggarakan pendidikan. Teknologi telah membuat kehidupan semua orang lebih mudah dan efisien. 

Kemajuan teknologi mempermudah kita memperoleh informasi dengan cepat
Kemajuan teknologi mempermudah kita memperoleh informasi dengan cepat (Sumber: Canva)

Berbicara perihal teknologi dan pendidikan, ada relasi yang sangat erat tercepat di antara keduanya. Teknologi telah memiliki dampak besar pada pendidikan seperti hadirnya pembelajaran daring atau e-learning, memudahkan untuk menganalisis data, menyusun rencana ajar, sampai mencari informasi tambahan agar materi ajar menjadi maksimal. 

Apabila Anda pernah melakukan penelusuran pada peramban (web browser) seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari untuk mencari satu bahkan beberapa informasi terkait materi ajar maka secara tidak langsung Anda telah menjadi tenaga pendidik yang melek teknologi. Penelusuran melalui peramban bukan menunjukan bahwa buku ajar kurang cukup memadai sebagai penunjang siswa, tetapi sumber ilmu dapat dari mana saja bahkan melalui informasi-informasi dan berita yang tersebar di internet. 

Tapi, apakah Anda sadar bahwa saat menelusuri informasi dan berita melalui peramban, ada beberapa alat bantu yang dapat mempermudah pekerjaan Anda. Alat bantu tersebut sering dikenal dengan sebutan ekstensi

Pertanyaannya, apakah yang dimaksud dengan ekstensi? Bagaimana contoh ekstensi? dan Apa saja keuntungan dari ekstensi tersebut dalam pembelajaran? Simak penjelasan sampai akhir ya!

Mengenal Ekstensi dalam Pembelajaran

Pada saat pandemi Covid-19 yang lalu, apakah Anda pernah menggunakan Google Classroom untuk mengelola kelas, memberikan penugasan, berdiskusi, dan memantau hasil pekerjaan mereka? 

Apabila pernah, berarti Anda telah memanfaatkan ekstensi Google dalam pembelajaran. Pertanyaannya, apa yang dimaksud dengan ekstensi?

Ekstensi merupakan komponen tambahan yang dapat digunakan untuk menambahkan fitur ke peramban web atau aplikasi lain. Ekstensi dikembangkan oleh pihak ketiga dan dapat diinstal pada peramban seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari. Secara umum, ekstensi bertujuan untuk mempermudah aktivitas saat menggunakan peramban seperti memblokir iklan, menyimpan password, atau memperbaiki kesalahan gramatikal dalam dokumen yang ditulis. Ekstensi juga dapat digunakan untuk menambahkan fitur seperti penyimpanan cloud, pemantauan aktivitas, atau pembuatan rekaman layar. 

Ekstensi dapat membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien
Ekstensi dapat membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien (Sumber: Canva)

Kemudahan-kemudahan yang ditawarkan dari ekstensi tersebut dapat Anda manfaatkan dalam pembelajaran. Berikut tim GuruInovatif.id telah menyusun 5 ekstensi peramban yang dapat mempermudah aktivitas tenaga pendidik sekalian.

5 Ekstensi yang dapat Mempermudah Aktivitas Pembelajaran

Ada beberapa ekstensi yang dapat digunakan oleh tenaga pendidik untuk membantu dalam mengelola dan menyelenggarakan pembelajaran. Berikut ekstensi populer yang dapat tenaga pendidik gunakan. 

1. Google Classroom

Ekstensi yang satu ini merupakan salah satu alat bantu paling populer dalam pendidikan. Ekstensi yang dikembangkan oleh Google ini membantu tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran jarak jauh, menyederhanakan pembuatan penugasan, dan penilaian kepada peserta didik. Selain itu, ekstensi ini juga terintegrasi dengan Google Drive dan Gmail yang dapat mempermudah peserta didik menerima notifikasi penugasan.

Tampilan Google Classroom
Tampilan Google Classroom (Sumber: https://faq.telkomuniversity.ac.id/)

2. OneNote Web Clipper 

Apabila Anda ingin menyimpan halaman web, gambar, dan video ke dalam satu file yang sama maka dapat menggunakan ekstensi OneNote Web Clipper. Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh dari ekstensi ini seperti kemudahan aksesibilitas, penyimpanan, dan kustomisasi pembelajaran. OneNote Web Clipper dapat menjadi alat yang berguna bagi guru untuk mengelola dan berbagi materi pembelajaran dengan cepat dan mudah. 

Tampilan awal OneNote Clipper
Tampilan awal OneNote Clipper (Sumber: https://www.crx4chrome.com/crx/1381/)

3. Evernote Web Clippers

Evernote Web Clipper adalah ekstensi peramban sederhana yang memungkinkan pengguna menyimpan halaman web atau konten yang dipilih dengan mudah ke akun Evernote mereka, dengan sekali klik. Ini menyediakan berbagai opsi untuk menangkap konten, termasuk kemampuan untuk menyimpan seluruh halaman web, teks, dan gambar yang dipilih. Setelah disimpan, konten dapat diatur, diberi tag, dan dicari, sehingga mudah ditemukan dan diakses nanti. Ini juga merupakan alat yang bagus untuk pelajar, peneliti, dan profesional yang perlu menyimpan dan mengatur halaman web, konten, dan gambar, serta menyimpan semuanya di satu tempat, dapat diakses dan dicari dengan mudah.

Evernote, solusi untuk semua catatanmu
Evernote, solusi untuk semua catatanmu (Sumber: https://gmedia.net.id/ )

4. Grammarly

Ekstensi Grammarly merupakan salah satu alat bantu paling populer. Ekstensi ini membantu tenaga pendidik untuk memperbaiki kesalahan gramatikal dalam dokumen yang ditulis oleh peserta didik. Grammarly dapat digunakan untuk memeriksa tugas yang diberikan, memberikan umpan balik, dan mempermudah proses koreksi. Ini dapat menghemat waktu dan usaha tenaga pendidik untuk melakukan koreksi. Grammarly dapat menjadi alat yang berguna bagi tenaga pendidik untuk membantu peserta didik meningkatkan keterampilan menulis  dan meningkatkan kepekaan mereka dalam kepenulisan.

Tampilan awal Grammarly (Sumber: https://www.pinhome.id/)

5. Screencastify

Sebagai bentuk dokumentasi dan untuk mempermudah tenaga pendidik dalam menyimpan materi pembelajaran. Ekstensi ini memungkinkan guru untuk merekam layar peramban atau jendela tertentu, dan menyimpan rekaman sebagai video.

Tampilan awal Screencastify
Tampilan awal Screencastify (Sumber: https://www.gettingsmart.com/ )

Keuntungan Menggunakan Ekstensi dalam Pembelajaran

Ekstensi dapat memberikan beberapa keuntungan bagi tenaga pendidik dalam mengelola dan menyelenggarakan kelas. Beberapa keunggulan ekstensi bagi tenaga pendidik meliputi:

1. Meningkatkan Produktivitas

Ekstensi dapat membantu tenaga pendidik untuk mengelola tugas dan aktivitas sehari-hari seperti memberikan tugas, menyelenggarakan ulangan, dan memantau hasil belajar peserta didik.

2. Memudahkan Memberikan Umpan Balik kepada Peserta Didik

Ekstensi dapat mempermudah tenaga pendidik memberikan umpan balik kepada  peserta didik. Hal ini sangat penting untuk membentuk kepekaan peserta didik dalam setiap penugasan yang diberikan. Peserta didik akan merasa terlibat dalam pembelajaran. 

Feedback sangat penting agar pesera didik merasa keberadaanya diakui selama pembelajaran
Feedback sangat penting agar pesera didik merasa keberadaanya diakui selama pembelajaran (Sumber: Canva)

3. Kreativitas Baru dalam Pembelajaran

Ekstensi seperti Screencastify memungkinkan tenaga pendidik untuk merekam layar peramban atau jendela tertentu, dan menyimpan rekaman sebagai video. Ini dapat digunakan untuk membuat tutorial, menyampaikan konsep, atau menyimpan materi pembelajaran yang dapat diakses peserta didik kapan saja.

4. Mempermudah Konektivitas dan Interaksi dalam Pembelajaran

Ekstensi seperti Google Classroom memungkinkan tenaga pendidik untuk terhubung dengan peserta didik dan orang tua/wali peserta didik dengan mudah dan cepat melalui satu platform.

Membentuk koneksi dengan peserta didik dapat meningkatkan motivasi mereka
Membentuk koneksi dengan peserta didik dapat meningkatkan motivasi mereka (Sumber: Canva)

5. Aksesibilitas  

Ekstensi seperti Grammarly dapat membantu guru untuk mengecek kesalahan struktur kepenulisan (grammar) pada dokumen yang ditulis peserta didik, sehingga dapat memberikan umpan balik yang lebih baik.

Kemajuan teknologi telah memberikan peluang baru dalam dunia pendidikan. Namun, tenaga pendidik harus dapat mengaplikasikan berbagai kemudahan teknologi untuk hal-hal yang baik dan benar. Namun, sebagaimana yang telah disampaikan oleh David Warlick dalam kutipan di atas, teknologi hanya sebagai alat bantu, pendidikan tetap harus didasarkan pada kualitas interaksi antara tenaga pendidik dan peserta didik, kreativitas, dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Maju terus pendidikan bangsa!

Owh ya! salah satu langkah yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pembelajaran adalah dengan menjadi Membership GuruInovatif.id Selain harganya yang sangat bersahabat, fitur-fitur dan event yang ditawarkan juga relevan dengan kebutuhan Bapak/Ibu dalam pembelajaran. Oleh karena itu, jangan ragu, jangan segan, klik Link Pendaftaran sekarang juga! Selamat belajar bersama-sama! 


Penulis: Yandi Chidlir

Editor: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

Best Practices Pembelajaran PJBL Berdiferensiasi

Puji Anisa, S. Pd

Jan 21, 2023
6 min
Kurikulum Merdeka Belajar, Sebuah Oase Kecil Dalam Gurun Pendidikan Indonesia

M. Gus Khisomuddin, S.PdI.

May 09, 2022
2 min
Manajemen Stress untuk Meningkatkan Produktivitas

SANDYKA KURNIAWAN

Sep 14, 2021
2 min
Kenali Gejala Burn Out pada Guru dan Cara Mengatasinya

Redaksi Guru Inovatif

Nov 12, 2022
5 min
“SelfCare” New Normal Ala Santri Sabilillah Seni Memupuk Karakter Cinta Diri Sendiri

Aisyah fat

Jul 22, 2022
9 min
Jaman Serba Digital, Masih Mau Berprofesi Guru?

Nurul Mar'atus Sholihah, S. Pd.

May 09, 2022
1 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia