Dwita Nurcahyani

Guru

Kunjungi Profil

Kebijakan Kurikulum Paradigma Baru, Sudah Siapkah?

Kurikulum tidak dapat dilepaskan dari sebuah proses pendidikan. Kurikulum merupakan  seperangkat rencana mata pelajaran dan program pendidikan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam kurikulum memuat suatu tujuan yang ingin dicapai dalam suatu sistem pendidikan. Untuk itu, kurikulum memegang peranan penting dalam mengarahkan seluruh kegiatan pengajaran dan komponen-komponen kurikulum lainnya.

Kurikulum di Indonesia

Dalam perjalanan sejarah sejak tahun 1945, di Indonesia sendiri telah diberlakukan beberapa kurikulum dalam pembelajaran di sekolah, yakni pada tahun 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006 dan terakhir Kurikulum 2013 atau yang lebih populer dengan sebutan K-13. Perubahan kurikulum yang terjadi tersebut tentu disertai dengan tujuan tertentu yang ingin dicapai untuk mendukung transformasi pendidikan di Indonesia.

Mengenal Kurikulum Paradigma Baru

Akhir-akhir ini kurikulum paradigma baru menjadi perbincangan hangat dalam dunia pendidikan. Kurikulum paradigma baru merupakan kurikulum pilihan (opsi) yang dapat diadaptasi dalam satuan pendidikan mulai Tahun Ajaran (TA) 2022/2023. Kurikulum baru ini dinilai lebih fleksibel dan akan berfokus pada materi yang esensial dan tidak terlalu padat materi agar guru mempunyai waktu untuk pengembangan karakter dan kompetensi. Kehadiran kurikulum paradigma baru pada dasarnya adalah untuk melanjutkan arah pengembangan kurikulum yang telah diterapkan sebelumnya (K-13).

Berkaitan dengan perubahan kurikulum, tentunya kurikulum paradigma baru ini menekankan kepada setiap guru untuk terus meningkatkan kompetensinya.

Sebagai dasar, ada 4 kompetensi yang setidaknya wajib guru miliki, yaitu kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan kompetensi sosial. Kurikulum paradigma baru akan menerapkan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan profil pelajar pancasila. Untuk itu, penting bagi guru untuk betul-betul memahami bagaimana rancangan dan cara kerja kurikulum paradigma baru. Meskipun kita ketahui bahwa kurikulum paradIgma baru hanya akan diterapkan di satuan pendidikan yang berminat mengimplementasikannya sebagai alat untuk mendukung transformasi pendidikan. Sekolah akan diberikan keleluasaan untuk memilih dan memodifikasi perangkat ajar yang telah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik atau menyusun sendiri perangkat ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dengan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah.

Tertarik ingin mengetahui lebih dalam bagaimana penerapan Kurikulum Paradigma Baru dan hubungannya dalam dunia pendidikan?

ISLTF-52 Urgensi Kurikulum Paradigma Baru dalam Menyongsong Dunia Pendidikan Era Society 5.0
GIC-34 Menyongsong Penerapan Kurikulum Paradigma Baru

 

 

 

KurikulumParadigmaBaruKurikulumPrototipeKurikulum2022
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -