Dwita Nurcahyani

Mahasiswa

Kunjungi Profil

5 Aplikasi Penting untuk Guru dalam Proses Pembelajaran Daring

Di masa pandemi seperti sekarang, sebagai praktisi pendidikan guru dituntut untuk menyesuaikan diri dan berinovasi dalam pembelajaran. Guru dituntut untuk mencari jalan alternatif agar tetap terhubung dan menyampaikan materi untuk peserta didik dimanapun mereka berada.

Terdapat sejumlah aplikasi yang dapat dimanfaatkan Bapak/Ibu Guru untuk mengajar jarak jauh atau pembelajaran daring. Diantara aplikasi tersebut adalah Google Classroom, Animaker, Edmodo, Zoom, dan Edpuzzle.

Sebelum pandemi, kegiatan belajar mengajar biasa dilakukan secara tatap muka dan banyak berkaitan dengan aktivitas di dalam kelas. Namun ketika pembelajaran bersama peserta didik saat ini hanya dapat dilakukan secara daring, tentu inovasi yang harus dilakukan guru harus lebih kreatif dan lebih luas cakupannya sehingga seluruh proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien, seperti membuat media pembelajaran yang interaktif lewat animasi dan media pembelajaran lainnya. Berikut akan kami bagikan informasi terkait aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk proses pembelajaran secara daring.

Rekomendasi Aplikasi Pembelajaran Daring

Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi pembelajaran daring berbasis web yang dibuat untuk memudahkan kegiatan pembelajaran antara pengajar dengan peserta didik tanpa harus bertatap muka secara langsung. Google Classroom merupakan layanan dari Google for Education untuk membantu aktivitas komunikasi antara pengajar dengan peserta didik dalam pembelajaran. Google classroom memungkinkan Bapak/Ibu Guru melihat perkembangan peserta didik siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas serta dapat langsung memberikan nilai dan masukan secara real-time. Peserta didik juga dapat dengan mudah mengakses dan menerima materi serta mengumpulkan tugas langsung melalui Google Classroom.

Animaker

Animaker merupakan sebuah platform yang dapat digunakan oleh guru dalam membuat video animasi materi pembelajaran. Aplikasi ini dapat memudahkan guru dalam penyampaian materi yang rumit sekalipun tanpa harus tatap muka. Video animasi yang telah dibuat dapat dibagikan kepada peserta didik sebagai media pembelajaran yang menarik dan interaktif.

Edmodo

Layanan berbasis pendidikan yang diluncurkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini dapat digunakan oleh Bapak/Ibu Guru untuk berbagi konten materi, mendistribusikan kuis, membagikan tugas, serta mengelola komunikasi antara pengajar, siswa hingga menyampaikan laporan langsung kepada orangtua siswa. Edmodo menjadi salah satu aplikasi pembelajaran yang cukup diminati di dunia karena penggunaannya yang mudah dan didukung oleh fitur solutif yang ditawarkan terhadap perkembangan teknologi khususnya di dunia pendidikan.

Zoom

Salah satu aplikasi yang populer belakangan ini adalah Zoom. Zoom memungkinkan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh secara daring dengan penyampaian materi pelajaran oleh pengajar yang dapat tersampaikan kepada siswa, sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara dua arah dan siswa bisa langsung memberikan umpan balik terhadap materi yang disampaikan.

Salah satu fitur pada Zoom yang sangat berguna adalah fitur screen record yang dapat digunakan untuk merekam materi yang disampaikan pada layar. Dengan fitur ini, kita tidak perlu khawatir untuk ketinggalan materi yang bisa diakses melalui video rekaman yang tersimpan.

Edpuzzle

Edpuzzle merupakan sebuah platform yang dapat membantu Bapak/Ibu Guru dalam membantu memilih video pembelajaran, mengedit, memotong, merekam suara serta dapat menambahkan pertanyaan untuk dijadikan penilaian dalam bentuk kuis. Dengan edpuzzle, kegiatan pembelajaran dengan menonton video pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk lebih aktif. Dengan penggunaan edpuzzle untuk penyampaian materi pembelajaran, guru dapat mengetahui seberapa lama siswa saat menonton video pembelajaran dan statistik penyelesaian menonton video yang diberikan guru. Penasaran bagaimana penggunaan Edpuzzle dalam penyampaian materi pembelajaran?

pembelajarandaringmediapembelajaranaplikasipembelajaran
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -

Rekomendasi Artikel