Abdul Rahmat, S.Pd

Guru Kelas

Kunjungi Profil

Menjadi Warga Prestasi Bidang Pendidikan

Awalnya, saya tidak pernah berencana untuk terjun dalam dunia pendidikan. Namun sekarang, menjadi seorang guru sekolah dasar adalah pilihan terbaik yang pernah saya ambil dalam kehidupan ini. Mengabdi sebagai garda terdepan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa adalah pekerjaan yang mulia. Dan ternyata, menjadi guru justru membuka jalan meraih prestasi diri bagi saya.

Pengalaman saya sebagai guru bermula sejak bulan November 2020. Saya melamar menjadi guru honorer di SDN 011 Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur. Mengajar di masa pandemi covid-19 adalah tantangan luar biasa bagi saya yang minim pengalaman. Namun, kondisi tidak menjadikan alasan bagi saya untuk tidak mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik. Saya berusaha semaksimal mungkin meningkatkan kualitas diri dan menemukan strategi mengajar yang menarik dan bermakna. Hingga pengabdian ini mengantarkan saya meraih penghargaan sebagai Warga Berprestasi Bidang Pendidikan dari Pemerintah Kota Balikpapan pada Bulan Februari 2022.

A. Bermula dari produksi video pembelajaran

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat saya mencari cara agar tetap bisa melakukan pembelajaran. Keluhan dari peserta didik saya yang merasa diajar oleh orang lain karena saya mengirimkan video pembelajaran dari guru lain, menjadi pemicu untuk memproduksi konten sendiri. Saya membuat video pembelajaran interaktif di mana peserta didik merasa belajar bersama saya lewat media. Konten audio visual ini sangat disambut positif oleh peserta didik saya. Di dalam video saya tidak hanya menjelaskan materi, tetapi juga mengajak mereka untuk aktif melakukan pengamatan, praktek, diskusi dan bermain yang sangat cocok bagi peserta didik dengan gaya belajar kinestetik. Perencanaan, perekaman dan pengeditan video saya lakukan sendiri. Hingga saya berhasil memproduksi 70 video yang diunggah di situs web berbagi video. Video konten pembelajaran saya dapat dilihat di tautan: https://youtube.com/playlist?list=PL8LHialypbdGFvrYXqb22xgcaOamcpAm5 

B. Menjadi podcaster konten pembelajaran

Saya berusaha memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk pembelajaran. Dan salah satu konten yang sedang digemari saat ini adalah siniar/podcast. Saya pun tergerak untuk memproduksi konten-konten berbentuk siniar/podcast yang isinya tentang materi pembelajaran. Saya merekam sendiri suara saya yang menjelaskan topik pembelajaran dengan gaya yang menarik agar peserta didik merasa senang. Konten-konten podcast saya unggah di layanan musik digital sehingga bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Bagi pelajar auditori, konten siniar yang saya buat sangat bermanfaat bagi mereka dalam memahami pembelajaran. Konten pembelajaran saya dalam bentuk siniar dapat didengarkan di tautan: https://open.spotify.com/show/0VdpxVnSlkJ0jv24lJLQzm?si=63dc50b622c8491d 

C. Menulis Konten Pembelajaran

Selain video dan siniar, konten tulisan juga menjadi salah satu pilihan saya dalam menyediakan media belajar peserta didik yang lebih nyaman belajar dengan membaca. Latar belakang saya yang juga seorang penulis menjadi modal utama dalam menyiapkan bahan bacaan pendidikan. Saya menulis pantun, puisi, cerpen hingga artikel konten pembelajaran yang saya unggah ke berbagai media online. Artikel pembelajaran saya dapat dibaca di tautan berikut: https://docs.google.com/document/d/1zorr0-cTcbIoKYyxEtOfrXJMC4AFvPGl/edit?usp=sharing&ouid=105665335665022261873&rtpof=true&sd=true 

D. Menjadi Guru GIAT se - Indonesia

Pertengahan Juli 2021, Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI menyelenggarakan kegiatan Giat Berpartisipasi. Setiap pendidik dan peserta didik di satuan pendidikan sekolah mengirimkan karya tulis, video praktik baik, mengikuti webinar dan lain-lain akan mendapatkan akumulasi poin dan penghargaan. Kesempatan ini saya manfaatkan dengan mengirimkan berbagai konten pembelajaran yang saya buat dan mengikuti berbagai webinar yang ada. Hingga pada saat pengumuman pemenang, saya mendapat apresiasi sebagai guru dengan predikat Giat Berpartisipasi se – Indonesia. Sekolah saya juga masuk dalam nominasi 5 Sekolah dengan predikat Giat Berpartisipasi. Prestasi nasional pertama yang saya raih menjadi berkah yang luar biasa bagi saya. Prestasi ini juga yang mengantarkan saya mendapat penghargaan lainnya yaitu sebagai Guru Berprestasi dan Berdedikasi oleh PGRI Kota Balikpapan pada Peringatan Hari Guru tahun 2021 lalu.

E. Warga berprestasi bidang pendidikan

Setiap menjelang Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan, pemerintah melalui panitia HUT menyelenggarakan seleksi Warga Berprestasi yang diperuntukkan kepada warga Balikpapan yang memiliki prestasi dan berdedikasi dari berbagai bidang. Berbekal praktik baik dan konten pembelajaran yang saya buat serta prestasi yang sudah diraih, saya memberanikan diri untuk mengajukan diri sebagai calon warga prestasi. Melalui seleksi yang ketat, saya akhirnya meraih penghargaan sebagai Warga Berprestasi Bidang Pendidikan – Inovasi Pembelajaran dari Pemerintah Kota Balikpapan. Penghargaan langsung diberikan oleh Walikota Balikpapan.

Sebagai guru baru yang masih minim pengalaman, tidak menjadi penghalang untuk terus meningkatkan kualitas diri dan kualitas pembelajaran. Saya sudah membuktikan, bahwa dengan niat yang tulus untuk kemajuan pendidikan, dan mengajar peserta didik dengan sepenuh hati di masa sulit, akan mendapatkan apresiasi yang baik pula. Karena menjadi guru adalah panggilan hati, demi mencetak tunas muda generasi penerus bangsa.   

 

 

 

 

 

 

 

 

GuruPrestasiKontenKreatorCeritaInspirasiCeritaGuruLombaArtikelGuruInovatif
Komentar (8)

Tuliskan Komentar Anda

Komentar Terbaru

Segga Scout
5 bulan yang lalu

Pembina Hebat Segga Scout. Selamat Kak Abdul...


sdn011tengah adiwiyata
5 bulan yang lalu

Guru Hebat SDN 011 Balteng


Menjemput Cinta
5 bulan yang lalu

Terbaikkkkk


Minarti SPd
5 bulan yang lalu

Selamat Mas Rahmat. Sukses...


KKG Gugus 4
5 bulan yang lalu

Sukses selalu ketua kami. Teruslah menginspirasi.


Abdul Rahmat
5 bulan yang lalu

Menginspirasi


Abdul Rahmat, S.Pd
5 bulan yang lalu

Terima kasih


Sumintarsih, M.Pd.
5 bulan yang lalu

Mantap sekaliali. Prosesnya begitu cepat. Selamat..