Membuat Media Pembelajaran Interaktif yang Mengagumkan dengan Canva - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 08 Sep 2023

Membuat Media Pembelajaran Interaktif yang Mengagumkan dengan Canva

Mengenal Canva sebagai Alat Pembuat Media PembelajaranApa itu Canva?Canva adalah platform desain grafis online yang populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi grafis, termasuk presentasi, poster, brosur, dan banyak lagi.

Tutorial

9801x
Bagikan

Membuat Media Pembelajaran Interaktif yang Mengagumkan dengan Canva adalah bagaimana seorang guru dan siswa berkolaborasi menciptakan pembelajaran interaktif dengan canva yang menarik dan di era digital yang terus berkembang, media pembelajaran interaktif telah menjadi alat yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Membuat media pembelajaran interaktif yang efektif tidak lagi hanya menjadi pekerjaan desainer grafis atau pengembang perangkat lunak. Dengan bantuan platform seperti Canva, guru dan pembuat kurikulum dapat dengan mudah menciptakan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif. Artikel ini akan membahas cara membuat media pembelajaran interaktif dengan Canva dan menyediakan beberapa contoh yang dapat diikuti.

Mengenal Canva sebagai Alat Pembuat Media Pembelajaran
Apa itu Canva?
Canva adalah platform desain grafis online yang populer yang memungkinkan pengguna untuk membuat berbagai jenis materi grafis, termasuk presentasi, poster, brosur, dan banyak lagi. Canva juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran interaktif.

Fitur-fitur Canva untuk Pembelajaran Interaktif
Desain Responsif: Canva mendukung desain yang responsif, yang berarti Anda dapat membuat materi yang terlihat bagus di berbagai perangkat, termasuk komputer, tablet, dan smartphone.
Elemen Interaktif: Canva memiliki banyak elemen interaktif yang dapat Anda tambahkan ke materi Anda, seperti tombol, hyperlink, video, dan animasi.
Template Pembelajaran: Canva menyediakan template yang dirancang khusus untuk pembelajaran, sehingga Anda dapat memulai dengan cepat dan menghemat waktu.
Kolaborasi: Anda dapat mengundang rekan guru atau siswa untuk berkolaborasi dalam pembuatan materi pembelajaran, membuatnya lebih interaktif dan beragam.

Membuat Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva
Langkah 1: Membuat Akun Canva
Langkah pertama adalah membuat akun Canva. Anda dapat mendaftar dengan email atau akun media sosial Anda. Canva memiliki versi gratis yang cukup bermanfaat, tetapi Anda juga dapat mempertimbangkan berlangganan versi berbayar untuk akses ke lebih banyak fitur.
Langkah 2: Pilih Jenis Materi Pembelajaran
Setelah masuk ke Canva, pilih jenis materi pembelajaran yang ingin Anda buat. Misalnya, Anda bisa memilih opsi "Presentasi" jika Anda ingin membuat sebuah pengajaran interaktif atau "Poster" jika Anda ingin membuat materi infografis.
Langkah 3: Desain Materi Anda
Ini adalah langkah kreatif di mana Anda mulai merancang materi pembelajaran Anda. Anda dapat menggunakan template yang ada atau membuat desain dari awal. Pastikan untuk memperhatikan estetika, jenis huruf yang digunakan, dan pengaturan tata letak agar materi Anda terlihat profesional.
Langkah 4: Tambahkan Elemen Interaktif
Ini adalah langkah kunci dalam membuat materi pembelajaran interaktif. Anda dapat menambahkan elemen-elemen seperti tombol, hyperlink, video, dan gambar bergerak (GIF) untuk membuat materi Anda lebih interaktif. Contoh, jika Anda membuat presentasi, Anda dapat menambahkan tombol yang mengarahkan pengguna ke halaman lain atau video yang menjelaskan konsep tertentu.
Langkah 5: Uji Materi Anda
Sebelum Anda membagikan materi Anda kepada siswa atau peserta pembelajaran lainnya, pastikan untuk menguji fungsionalitas elemen-elemen interaktif. Pastikan semua tautan dan video berfungsi dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran Anda.

Contoh Materi Pembelajaran Interaktif dengan Canva
Contoh 1: Presentasi Interaktif
Misalkan Anda ingin mengajar konsep geografi tentang negara-negara Eropa. Dalam presentasi interaktif, Anda dapat menyertakan peta interaktif yang memungkinkan siswa untuk mengklik negara-negara tertentu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Anda juga dapat menyisipkan video singkat yang menampilkan budaya dan bahasa setiap negara.
Contoh 2: Poster Infografis
Anda mungkin ingin mengajarkan siswa Anda tentang perubahan iklim. Dalam poster infografis interaktif, Anda dapat menambahkan grafik interaktif yang memungkinkan siswa untuk menggeser pengaturan dan melihat bagaimana suhu global telah berubah selama beberapa dekade terakhir. Anda juga dapat menyertakan tombol yang mengarahkan siswa ke sumber daya tambahan tentang perubahan iklim.

Dan masih banyak lagi contoh seperti video pembelajaran dengan canva dan fitur lain yang atraktif dengan canva.

Kesimpulan
Membuat media pembelajaran interaktif dengan Canva adalah langkah positif dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pengalaman belajar. Platform ini menyediakan alat desain yang kuat dan fitur interaktif yang memungkinkan guru dan pembuat kurikulum untuk menciptakan materi yang lebih menarik dan efektif. Dengan berkreasi menggunakan Canva, pendidikan dapat menjadi lebih menarik, interaktif, dan relevan untuk siswa di era digital ini.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Media Pembelajaran Interaktif: Revolusi Pendidikan Abad ke-21

SRIAGUNGGB

Sep 08, 2023
6 min
Menjadi Warga Prestasi Bidang Pendidikan
3 min
Memanfaatkan sampah sebagai salah satu media inovasi pembelajaran
1 min
Pandemi dan Guru Inovatif
2 min
Mudah dan Aman, Inilah Cara Menggunakan PrivyID untuk Tanda Tangan Digital Dokumen Anda
5 min
Beraksi dan berinovasi dengan media di zaman now memudahkan guru dan menyenangkan siswa
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar