Training Of Trainer "Introduction to Learning and Teaching Process, Mind Mapping and Session Design" - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Agu 2023

Training Of Trainer "Introduction to Learning and Teaching Process, Mind Mapping and Session Design"

Mempelajari konsep dasar training, perbedaan mendasar antara pengajaran dan training, serta arti penting Training of Trainers (ToT). Menemukan bagaimana sikap empati, keterampilan, dan keyakinan diri membentuk seorang trainer yang efektif. Training of Trainer membantu pendidik tumbuh dan berkembang.

Pelatihan Guru

Event Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1001x
Bagikan

Diselenggarakan pada 15 Agustus 2023 melalui ruang virtual Zoom dan live streaming YouTube, Training of Trainer diikuti oleh puluhan guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Disampaikan oleh Yudhistira Abdi Atmanegara, S.Si., CT. selaku HAFECS Trainer. Event rutin yang diselenggarakan oleh GuruInovatif.id ini mengangkat topik “Menumbuhkan Potensi Baru; Menjadi Seorang Trainer yang Efektif” yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait Training dan Trainers bagi pendidik atau pengajar di Indonesia.

Apa itu Training?

Training merupakan suatu proses yang terorganisir di mana pendidik memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk suatu tujuan. Training merujuk kepada langkah-langkah yang akan direncanakan dan dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pendidik. Tujuan dari training yaitu memungkinkan pendidik untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.

Perbedaan antara Pengajaran dan Training

Pada webinar ini, disampaikan oleh Bapak Yudhistira terkait identifikasi pengajaran dan training. Disampaikan bahwa pengajaran menghasilkan wawasan, sedangkan training menjamin tercapainya skill dan meningkatkan profesionalitas. Perbedaan utama antara pengajaran dan training terletak pada fokus dan hasil yang diharapkan dari kedua proses tersebut.

Pengertian Training of Trainers

Pada webinar ini, disampaikan pula oleh Bapak Yudhistira terkait identifikasi Training of Trainers. Training of Trainers atau ToT merupakan sebuah program pelatihan untuk mempersiapkan dan mengembangkan trainer atau pengajar agar menjadi professional dalam bidangnya. ToT memiliki fokus kepada pembekalan calon trainer dengan keterampilan, pengetahuan, dan pendekatan untuk menyampaikan informasi dengan cara yang efektif dan mendalam.

Bagaimana Sikap dari Seorang Trainer?

Seorang trainer, yang juga dapat disebut sebagai instruktur, guru, atau spesialis pembelajaran merupakan seseorang yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang tertentu untuk membantu orang lain dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Peran seorang trainer melibatkan dukungan dan bimbingan kepada peserta agar dapat menguasai materi dengan terarah. Untuk menjadi seorang trainer, harus memiliki sikap sebagai seorang trainer. Sikap trainer dibagi menjadi 8 bagian, yaitu:

  1. Berlaku empati atau perhatian pada keinginan peserta
  2. Bersikap tenang dan tidak mudah terganggu
  3. Sopan dalam bertutur kata, dan sopan dalam penampilan
  4. Membawakan training dengan riang, antusias dan kegembiraan pada peserta
  5. Menguasai materi yang ingin disampaikan
  6. Menguasai teknik mencari solusi dengan cepat bila ada masalah
  7. Keyakinan diri akan kemampuan dirinya sebagai trainer
  8. Berani dalam menghadapi segala sesuatu

Kini, Bapak/Ibu sudah memahami pengertian dari Training, Trainer, ToT, serta sikap dari seorang trainer. Lalu, bagaimana cara menentukan proses dan metode pengajaran saat training, menentukan topik dan kurikulum pelatihannya, serta tips and trik menjadi seorang trainer

Simak pembahasan lebih lengkap melalui sesi rekaman Zoom pada link berikut yang dapat diakses gratis melalui keanggotaan membership.

GuruInovatif.id berkomitmen untuk memacu transformasi pendidikan Indonesia melalui pengembangan kompetensi guru dengan membantu guru dan institusi pendidikan bertransformasi lebih cepat dalam proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih baik dan memberikan inspirasi bagi guru dan praktisi pendidikan dalam ranah memperkaya ilmu pengetahuan. Pantau melalui media sosial kami https://www.instagram.com/guruinovatif.id/ untuk mendapatkan informasi webinar dan event terbaru yang tak kalah menarik lainnya. Salam Guru Inovatif!


Penulis: Hilman | Penyunting: Dwita

 

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Dari Pelatihan Online ke Pelatihan Tatap Muka: Kunci Penguatan Literasi Digital bagi Guru

MUHAMMAD MAHATIR

Sep 10, 2023
7 min
Workshop Guru tentang Gamefikasi Koding untuk Pendidikan
1 min
Budayakan Check And Recheck Terhadap Informasi Digital.
2 min
Bincang Gratis "Menumbuhkan Jiwa Seni pada Anak" Bersama Reda Gaudiamo.
1 min
2 Jenis Asesmen Pembelajaran Populer yang Digunakan oleh Guru
2 min
Webinar “Cakap Bahasa Inggris Menggunakan ELSA” Sebagai Penunjang Kualitas Pendidikan di Indonesia
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB