Tips Menjadi Guru Hebat Dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Society 5.0 - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 24 Mar 2023

Tips Menjadi Guru Hebat Dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Society 5.0

Era Society 5.0 adalah sebuah masa dimana manusia dan teknologi akan hidup secara berdampingan dalam peningkatan kualitas hidup manusia secara berkesinambungan. Pada era ini, teknologi diharapkan memenuhi dan mempermudah urusan manusia.

Seputar Guru

Evriyani Audila Sipayung

Kunjungi Profile
2186x
Bagikan

Era Society 5.0 adalah sebuah fase di mana manusia dan teknologi akan hidup secara berdampingan. Pada era ini, teknologi menjadi pusat dari segala aktivitas manusia. Teknologi menjadi terobosan baru yang efektif dan efisien sehingga dapat mempermudah urusan manusia dalam semua bidang. Selain itu, segala kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi dapat membuat seorang individu menjadi lebih produktif dalam setiap aktivitas. 

Kemajuan teknologi sangat erat kaitannya dengan kemajuan di berbagai bidang. Sebagai contoh, pada bidang ekonomi, teknologi e-commerce telah menawarkan hal baru pada sistem perniagaan yang lebih efisien dan terbarukan. Masih banyak bidang-bidang lainnya yang juga semakin berkembang karena teknologi, salah satunya pendidikan. Sektor pendidikan menjadi salah satu bidang yang harus paling diperhatikan kaitannya dengan upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). 

Pendidikan dan Era Society 5.0 

Dalam menghadapi Era Society 5.0 dunia pendidikan harus cepat dalam merespons berbagai fenomena-fenomena dan kemajuan yang sangat masif di segala bidang. Tenaga pendidik dan peserta didik harus memiliki kecakapan abad 21 yaitu creativity, critical thinking, communication, dan collaboration. Melalui kecakapan tersebut, sektor pendidikan akan selalu menjadi agen perubahan yang nyata, perubahan yang akan membawa pendidikan di Indonesia pada taraf yang lebih baik lagi. 

Oleh karena itu, melalui kecakapan abad 21, Bapak/Ibu guru sekalian diharapkan dapat siap menghadapi Era Society 5.0 yang berkaitan dengan internt of things (IoT), Virtual/Augmented reality, dan Artificial Intelligence (AI). Melalui ketiga hal tersebut Bapak/Ibu dapat menciptakan nuansa dan suasana baru dalam dunia pendidikan yang terbarukan. 

Tips Menjadi Guru Hebat di Era Society 5.0

Pendidikan adalah sebuah upaya yang dapat dilakukan untuk menciptakan siswa yang unggul dan berkompeten. Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran memegang peran penting dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tuntutan masyarakat di Era Society 5.0 ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menjadi guru hebat dalam mempersiapkan siswa menghadapi Era Society 5.0:

1. Memfasilitasi Kegiatan Pembelajaran yang Kolaboratif

Masyarakat di Era Society 5.0 menekankan pada kolaborasi dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu, guru harus bisa memfasilitasi pembelajaran yang kolaboratif dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajarannya, seperti belajar secara berkelompok dan membuka forum diskusi. 

Dalam pembelajaran kolaboratif ini, siswa dapat belajar untuk bekerja sama, menghargai keragaman, memecahkan masalah bersama, dan menghormati opini anggota kelompok. Selain itu, pembelajaran kolaboratif juga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi, keterampilan interpersonal, dan kemampuan untuk berpikir kritis.

2. Mendorong Kreativitas, Inovasi serta Mengajarkan Keterampilan yang Relevan

Salah satu kecakapan yang harus dimiliki oleh Bapak/Ibu sekalian adalah creativity. Melalui kreativitas yang tinggi, seorang peserta didik dapat menjadi agen perubahan yang inovatif untuk teknologi terbarukan di masa depan. Oleh karena itu, sebagai seorang tenaga pendidik, Anda harus selalu menjadi fasilitator yang dapat membersemai peserta didik untuk lebih berkembang. Beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, serta memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan ide-ide baru. Selain itu, Anda  juga dapat mengajarkan keterampilan yang bermanfaat untuk menunjang masa depan siswa seperti communication & public speaking skill, desain, dan manajemen proyek pada siswa.

3. Menjadi Contoh yang Baik bagi Siswa 

Sebagai seorang tenaga pendidik, Anda harus selalu menjadi teladan bagi siswa. Anda harus mampu menjadi contoh yang terbaik dalam semua aktivitas salah satunya berkaitan dengan teknologi. Anda dapat memulainya dengan mengajarkan peserta didik untuk menggunakan teknologi secara efektif dan efisien dalam proses pembelajaran. 

 

Demikianlah beberapa tips yang dapat Bapak/Ibu terapkan dalam menghadapi Era Society 5.0. Kita harus selalu menyadari bahwa semua sektor akan selalu berkembang. Di masa depan kita tidak akan pernah menyadari bahwa akan banyak hal berubah, termasuk dalam bidang pendidikan. Kurangnya pengetahuan dan penguasaan terhadap teknologi dapat menghambat kecakapan Bapak/Ibu guru di masa depan. Oleh karena itu, dengan mempelajari berbagai perubahan pada Era Society 5.0, Anda akan dapat menjadi agen perubahan yang nyata sehingga siap membawa pendidikan pada jenjang yang lebih maksimal. 

 

Ayo bergabung dengan paket membership GuruInovatif.id sekarang! Ini adalah kesempatan terbaik bagi Anda untuk meningkatkan kemampuan serta karir Anda sebagai tenaga pendidik. Dengan bergabung dalam paket membership kami, Anda akan mendapatkan akses ke konten premium yang tidak tersedia bagi pengunjung biasa. Anda juga akan mendapatkan diskon harga untuk produk dan layanan yang kami tawarkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan layanan pelanggan prioritas dari tim kami. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini. Ayo bergabung dengan paket membership kami sekarang juga!


Penulis: Evriyani Audila Sipayung
Penyunting: Yandi Chidlir Wildanta

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

URGENSI KESEHATAN MENTAL GURU TERHADAP KINERJA GURU

Sufitri, S.Kom

Dec 27, 2023
2 min
Memberi warna,dan meujudkan Profil Pelajar Pancasila melalui Program "Merona"
1 min
KESEHATAN MENTAL BAGI GURU DI SEKOLAH OLEH CHOIRUN NISA S.Pd
3 min
Media Pembelajaran Terbaru: Kelebihan dan Tantangan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
2 min
Pentingnya Menjadi Role Model bagi Siswa
4 min
Komunitas Profesional: Sebuah ruang aman bagi guru untuk saling menguatkan

GUSTI DARMA

Dec 12, 2023
8 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB