Situasi pandemi Covid-19 telah menempatkan peran guru PAI termasuk sebagai salah satu figur penting dalam membangun solusi tersebut. Para guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun peserta didik berada di rumah, kecuali yang masuk zona hijau. Itupun harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Karena itu para guru PAI harus kreatif dan mau melakukan inovasi pembelajaran yang merupakan solusi yang perlu didesain dan dilaksanakan dengan memaksimalkan media yang ada seperti media online. Alangkah baiknya para guru PAI secara umum sudah memiliki gagasan dalam menyikapi situasi saat ini, untuk menjaga keberlangsungan proses pembelajaran agar tidak tertinggal dalam kondisi apapun.
Pandemi bukanlah suatu alasan yang menjadikan proses pembelajaran berhenti, karena belajar memiliki sifat fleksibel dalam prosesnya. Dikatakan belajar apabila siswa mendapatkan sesuatu yang mengubah tingkah perilakunya baik itu pengetahuan, keterampilan, dan sikap dari sumber tertentu atau sumber belajar yang bisa didapatkan dari mana saja. Belajar merupakan suatu proses yang tidak akan pernah terhenti tidak terkecuali untuk lembaga belajar yang juga akan terus berinovasi dalam menghadapi segala masalah yang terjadi.
Salah satu contoh sederhana yang dapat dilakukan oleh saya sebagai guru PAI dalam memberikan materi pembelajaran bagi siswa di rumah adalah mengirimkan cerita-cerita pendek bergambar atau video. Cerita pendek bergambar atau video yang dimaksud tentu berisi nilai-nilai yang terdapat dalam materi pembelajaran yang hendak diajarkan. Melalui nilai-nilai tersebut kebutuhan siswa akan materi pembelajaran dapat terpenuhi.
Sistem pembelajaran dapat dilaksanakan melalui perangkat personal komputer atau laptop yang terhubung dengan jaringan internet. Saya dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp (WA) dan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran. Seperti yang saya ajarkan kepada siswa siswi SDN Lawangan Daya 2 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Dengan demikian, saya dapat memastikan peserta didik mengikuti pembelajaran dalam waktu bersamaan meskipun di tempat yang berbeda. Sayapun dapat memberi tugas terukur sesuai dengan tujuan materi yang disampaikan kepada peserta didik.