Sumber Cuan untuk Mahasiswa, Cek Selengkapnya! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Nov 2023

Sumber Cuan untuk Mahasiswa, Cek Selengkapnya!

Selain melakukan aktivitas akademik, tak jarang mahasiswa juga mengisi waktu dengan mencari penghasilan agar lebih mandiri secara finansial. Beruntungnya, saat ini banyak pilihan pekerjaan yang dapat dikerjakan mahasiswa dari mana saja dan kapan saja sehingga tidak akan mengganggu perkuliahan.

Dunia Pendidikan

kampus inovatif

Kunjungi Profile
666x
Bagikan

Halo, teman-teman mahasiswa! Apa kabar nih? Udah pada nyiapin diri buat masa depan cerah? Kali ini kita akan membahas sesuatu yang pasti jadi concern buat kalian, apalagi kalau bukan cuan alias duit!

Mungkin banyak dari kalian yang merasa semester makin tua, kebutuhan pun makin meningkat, tapi pendapatan stuck di tempat. Di sisi lain, mau minta ke orang tua terus menerus tapi merasa tidak enak lantaran takut jadi beban keluarga.

Jangan khawatir, KampusInovatif.id akan spill beberapa trik jitu untuk mahasiswa biar bisa dapet cuan tanpa bikin kepala pusing. Simak artikel ini selengkapnya, ya!

Mahasiswa Sedang Freelance Sebagai Content Creator (Sumber: Freepik)

Rekomendasi Sumber Cuan Bagi Mahasiswa

1. Freelance Online

Masa-masa kuliah tidak harus selalu diisi dengan teori dan praktikum saja, kan? Sekali-sekali kamu perlu coba jadi freelancer online. Ada banyak platform seperti Upwork, Freelancer, atau Fiverr yang bisa jadi tempat buat mengaplikasikan skillmu. Kalau jago desain, nulis, atau bahkan jago bahasa asing, ini kesempatan emas untuk dapat cuan, tapi masih sejalan dengan passionmu. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot wara-wiri dari kampus ke tempat kerja atau sebaliknya, pasalnya kerjaan ini bisa kamu lakukan dari mana saja.

2. Jadi Content Creator

Jika kamu punya segudang ide kreatif dan gemar scroll media sosial, bisa banget kok jadi sumber cuan! Kamu bisa buat konten menarik yang nggak pasaran untuk menarik viewers sebanyak-banyaknya. Namun, kamu harus melakukan branding untuk fokus konten di bidang tertentu agar bisa menjadi ciri khas di mata audiens ya!

3. Kerja Part-Time

Membahas seputar sumber cuan, tidak bisa lepas dari part-time job atau pekerjaan paruh waktu. Tapi tenang saja, tidak semua part-time job itu bikin kamu kelelahan kok. Pilih pekerjaan yang sekiranya tidak mengganggu jadwal kuliahmu. Selain itu, kamu bisa mencari part-time job yang sesuai dengan jurusan atau minatmu, misalnya guru les bahasa asing. Di samping mendapatkan ilmu, kamu juga mendapatkan uang, win-win solution!

4. Beasiswa

Opsi sumber cuan lainnya ialah beasiswa. Memang sedikit sulit untuk mendapatkannya karena ada sederet proses yang perlu kamu lalui. Namun, itu bukan berarti mustahil asal kamu gigih dalam melewati step by step proses seleksi. Pepatah “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” berlaku untuk hal ini. Setelah kamu berhasil melewati seluruh proses seleksi dan dinyatakan sebagai awardee, kamu tinggal menikmati hasilnya mulai dari biaya pendidikan untuk membayar UKT, hingga uang saku yang bisa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Buat kamu yang lagi mempersiapkan seleksi beasiswa, kamu juga bisa ikut kelas Premium Class Scholarship Hacks "Rahasia Mudah Menangkan Beasiswa Impian" yang diselenggarakan oleh KampusInovatif.id lho! Di sini kamu akan belajar mulai dari persiapan CV, Motivation Letter, Tips Interview, dan Forum Group Discussion (FGD) agar persiapanmu semakin matang.

5. Ikut Lomba

Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan uang jajan. Jika menang, selain berpeluang mendapatkan sertifikat yang bisa diunggah di laman Prestasi Mahasiswa, kamu juga bisa mendapatkan uang lho!

6. Jualan Secara Online

Bila ingin memulai berjualan secara online, kamu nggak perlu bingung jika belum punya produk atau jasa yang hendak ditawarkan. Kamu bisa menjadi reseller produk-produk yang telah beredar di pasaran agar kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Namun, kamu harus giat promosi agar bisa dapat laba sesuai keinginan ya!

7. Jadi Asisten Dosen

Jangan salah loh, menjadi asisten dosen juga berpeluang mendapatkan cuan. Namun, hal yang tak kalah pentingnya kamu juga mendapatkan ilmu dan pengalaman berharga. Mulai dari sekarang, coba untuk mencuri hati dosenmu, ya! Tunjukkan keaktifanmu dan buktikan bahwa kamu bisa bekerja sama dengan baik. 

Selamat mencoba dan semoga cuan selalu menyertai kalian!


Penulis: Anisaa Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Guru dan Murid
6 min
Peran Lembaga Sekolah dalam Upaya Pengendalian Kesehatan Mental Guru di Era Media Sosial
4 min
Google Classroom dan Seesaw sebagai Solusi Penilaian Portofolio secara Digital
7 min
Praktik Pembelajaran Berdifferensiasi di Kelas Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka
4 min
Penguatan Literasi Digital bagi Siswa dan Guru Melalui Platform Digital: Peluang dan Tantangan

Bahri Ilmiawan

Aug 15, 2023
5 min
Tips Sukses Program Tahfidz Quran Juz 30 untuk Sekolah Dasar

ILMU SANTRI MEDIA

Jun 07, 2023
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar