Sekolah Favorit di Pasuruan Turut Selenggarakan Implementasi ELA Selama 4 Hari! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 25 Jul 2024

Sekolah Favorit di Pasuruan Turut Selenggarakan Implementasi ELA Selama 4 Hari!

SMPN 1 Beji Pasuruan berkolaborasi dengan Guruinovatif.id untuk menyelenggarakan kegiatan implementasi ELA untuk peserta didik baru selama 4 hari. Kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan peserta didik baru SMPN 1 Beji Pasuruan.

Entry Level Assessment

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
44x
Bagikan

Guruinovatif.id menyelenggarakan implementasi Entry Level Assessment (ELA) pada rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di salah satu sekolah favorit di Pasuruan, yakni SMPN 1 Beji Pasuruan. Implementasi ELA dilakukan untuk mengidentifikasi serta mengelompokkan peserta didik yang baru berdasarkan kemampuan serta karakteristik siswa. Hasil yang diperoleh dari ELA, dapat digunakan oleh guru dan satuan pendidikan untuk menyediakan kebutuhan belajar siswa.

Implementasi ELA di SMPN 1 Beji Pasuruan berlangsung selama 4 hari, tepatnya pada tanggal 18-19 Juli 2024 dan 22-23 Juli 2024. Sebanyak 394 peserta didik baru dengan semangat dan antusias mengikuti implementasi ELA yang diselenggarakan oleh Guruinovatif.id secara daring.

“Saat mengerjakan tes ELA, saya menggunakan komputer/PC yang membuat saya merasa nyaman saat menyelesaikan soal-soalnya. Selain itu, soal-soal ELA juga memberikan kemudahan dalam memilih jawaban tesnya. Ukuran teks serta gambar di dalam soal pun juga jelas. Selain itu saya juga tidak merasa lelah atau mual selama mengerjakan tes” ujar Putri Nabila, siswa dari SMPN 1 Beji Pasuruan.

Sekolah Favorit di Pasuruan Turut Selenggarakan Implementasi ELA Selama 4 Hari!
Suasana implementasi ELA di SMPN 1 Beji Pasuruan (Gambar: Dokumen Pribadi)

Hasil tes ELA yang diselesaikan oleh peserta didik baru, akan memberikan SMPN 1 Beji Pasuruan profil data siswa yang dapat digunakan untuk mengelompokkan atau membagi kelas sesuai dengan karakter siswa untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih efisien dan efektif.

GuruInovatif.id memberikan solusi yang akurat, cepat dan mudah dalam membantu sekolah memiliki pangkalan data tentang kondisi siswa secara lengkap melalui Entry Level Assessment (ELA). Data tersebut sangat berperan penting pada proses penyusunan kegiatan sekolah yang berbasis layanan pendidikan berkualitas tinggi dengan berfokus pada efisiensi dan efektivitas serta berkelanjutan.

ELA menggunakan konsep asesmen diagnostik kognitif serta non-kognitif yang dapat memetakan kemampuan peserta didik mulai dari memantau kemampuan peserta didik dalam memahami materi pelajaran hingga mengetahui kondisi psikologi, emosi, dan sosial peserta didik dengan komponen pengukuran yang lebih komprehensif. Selain itu, dalam laporan dan analisis dari ELA juga memberikan rekomendasi kegiatan berdasarkan kajian dimensi Standar Nasional Pendidikan yang berfokus pada perbaikan layanan pembelajaran di kelas.

Ingin memiliki layanan pendidikan yang berkualitas dalam meningkatkan mutu pendidikan?
Dapatkan informasi selengkapnya terkait Entry Level Assessment melalui platform GuruInovatif.id.

Kunjungi laman resmi ELA disini!


Penulis: Eka | Penyunting: Dwita

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

5 Sekolah Ikuti Kegiatan Implementasi Entry Level Assessment (ELA) di Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
1 min
Partisipasi Guruinovatif.id dalam Mengikuti Kegiatan Sosialisasi MPLS di SMAN 1 Turi
2 min
Kementerian Agama Gunung Kidul Sambut Baik Kehadiran Entry Level Assessment (ELA)
2 min
Memahami Karakter Peserta Didik sebagai Langkah Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas
5 min
GuruInovatif.id Selenggarakan Workshop Entry Level Assessment Bersama Dinas Pendidikan Boyolali
2 min
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Sekolah di Jawa Timur Berkolaborasi dengan GuruInovatif.id untuk Implementasi Entry Level Assessment (ELA)
1 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar