MENJADI GURU ERA MILENIAL Asssalamualaikum wr wb
Selamat pagi semuanya,semoga tetap diberi kesehatan dan keberkahan dalam menjalani segala aktivitas kita sehari-hari. Serta kita juga tidak lupa bersyukur atas rahmat yang telah diberikan oleh tuhan yang maha esa. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan membagikan sedikit pengalaman saya dalam menjalani peran dan tugas menjadi seorang guru/pendidik. Saya juga akan membagikan sedikit trik dan tips untuk menjadi seorang guru yang baik dan professional.
Pada kondidi Sekarang ini dunia Pendidikan selama 2 tahun belakangan sedang diuji, dikarenakan adanya dampak virus corona yang melanada di Indonesia. Dimana hal ini mengakibatkan segala kegiatan yang menimbulkan kerumunan atau melibatakan banyak orang itu dibatasi. Apalagi hal ini dipertegas oleh peraturan pemerintah selama hampir 2 tahun ini semuanya kegiatan dilaksanakan secara daring serta dilakukan dari rumah. Kondisi ini juga berlaku pada dunia Pendidikan, pembelajaran dilaksanakan secara daring dan dari rumah dengan memanfaatkan sebuah teknoogi sebagai alat bantunya. Tentunya hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah yang ada terkait hal tersebut. Khusunya hal ini terkait dengan kegiatan belajar mengajar, yang bisa menyebabkan tidak maksimal/efektifnya sebuah kegiatan pembelajaran. Dikarenakan kegiatan ini prosesnya merupakan sebuah hal yang baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Selain itu ada beberapa aspek yang akan mengakibatkan kepada siswa mulai dari motivasi belajar serta tingkat pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan oleh guru.
Untuk menngatasi hal tersebut tentunya kita sebagai guru harus dapat membuat suatu kegiatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat dan motivasi peserta didik. Sebelum itu perkenalkan dahulu nama saya Alig Haryo Siwi berasal Dari Kabupaten Grobogan Provinsi Jawa Tengah. Saya sekarang mengajar di salah satu SD Negeri yang ada di Kabupaten Grobogan sebagai Guru maple Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pengalaman saya sendiri dalam mengajar di sekoah belum banyak karena saya bru tahun ini menyelesaikan Pendidikan sarjana di Salah satu Univeristas Negeri di Semarang. Akan tetapi saya berusaha untuk tetap menjadi pendidik yang profesiona dan baik.
Sedikit cerita, pengalaman pertama saya mengajar disekolah adalah saat melaksanakan kegiatan progam PPL waktu perkuliahan. Dimana PPL ini merupakan sebuah praktek mengajar yang diadakan oleh kampus dengan tujuan menempatkan mahasiswa disebuah sekolah dan disuruh mengajar berdasarkan jurusan masing-masing. Dimana saat saya PPL dulu bertepatan dengan pandami yang mengakibatkan kegiatan PPl dilaksanakan secara daring. Dengan kedaan tersebut membuat saya harus lebih semangat dan serius dalam melaksanakan kegiatan mengajar ini. Walaupun keadaan dilaksanakan secara daring dan baru pengalaman pertama pada saat mengajar.
Saya ditempatkan SMK Negeri di kota semarang, yang diharuskan melaksanakan praktek PPL di sekolah tersebut. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, dimana kondisinya kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Saya juga dibimbing oleh guru yang sudah ditunjuk oleh universitas untuk mendampingi dan mengarahkan saya selama kegiatan PPL berlangsung. Beruntungnya di sekolah tersebut memiliki sebuah website yang bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring. Website ini mirip-mirip dengan google classroom yang memungkinkan kita untuk membagikan materi dalam bentuk tulisan,audio,maupun video. Selain itu kita juga dapat memberikan tugas kepada siswa dan berdiskusi dengan siswa terkait materi ataupun tugas yang diberikan.
Di sekolah ini saya mengajar materi PJOK yang biasanya pembelajaran dilaksanakan secara langsung dan diluar ruangan. Dimana kegiatan berupa aktivitas gerak yang ada pada tubuh kita. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi saya sendiri karena pembelajaran PJOK ini sangat rentan apabila dilaksanakan secara daring. Dimana bisa mempengaruhi minat dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajarannya. Serta terkait dengan pemahaman siswa terhadap materi yang suda diberikan.
Dengan ini saya akan membagikan sebuah trik yang sudah diterapkan dan terbukti efektif dalam menangani beberapa masalah diatas terkait dengan kegiatan pembelajaran PJOK ini. Berikut beberapa tips dan trik untuk menjadi guru baik dan professional khusunya terkait masalah yang timbul tersebut.
Pertama, yang saya lakukan yaitu dengan membuat sebuah kuis yang bertujuan untuk mengetahui jenis materi apa yang disukai oleh peserta didik. https://www.canva.com/design/DAFH_H4taio/VUqzVbY3sV1VUHKvrQtvsA/edit?utm_content=DAFH_H4taio&utm_campaign=designshare&utm_medium=link2&utm_source=sharebutton
2. Kedua, saya memberikan materi dengan menggunakan media yang menarik berupa video mengenai berbagai jenis olahraga dan bahkan saya berikan beberpa tanyangan kartun yang bertemakan olahraga seperti Tsubasa,kuroko no basket, baby steps, haikyuu. Dengan menggunakan media tersbut siswa akan lebih betah dalam mengikuti kegiatan pembeajaran.
3.Ketiga , saya sering membuka forum diskusi dengan siswa menggunakan website sekolah tersebut. Dimana isi diskusi yang ada diforum tersebut tidsk hanya membahas mengenai mata pelajar akan tetapi kita juga membahas beberapa hal yang sedang trending. Dengan melakukan hal tersebut menurut saya kita dengan murid akan lebih dapat mengenal satu sama lain walaupun kegiatannya dilaksanakan secara online.
Setelah saya selesai PPL, saya kemudian memebantu mengajar di SD yang ada di desa saya sambal mengerjakan skripsi saya. Serta beberapa trik yang sudah saya terapkan waktu PPL dulu, juga kembali saya terapkan saat mengajar di SD. Dan hasilnya terbukti efetif yang dapat dilihat dari tingakt pemahaman mereka selama pembelajaran PJOK secara daring ini. Saya bisa mengatakan berhasil karena hasil pemahaman tersebut juga merupakan hasil dari penelitian dan kemudikan saya tulis menjadi skripsi saya.
MENGAJAR DI SEKOLAH DASAR SECARA TATAP MUKA DITENGAH PANDEMI