Peran Guru dalam Mendukung Siswa untuk Menghadapi Ujian - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 28 Mar 2023

Peran Guru dalam Mendukung Siswa untuk Menghadapi Ujian

Seperti yang kita semua tahu bahwa waktu ujian selalu menjadi beban bagi hampir semua siswa. Seperti tuntutan untuk mendapat ranking, mendapat nilai bagus maupun tuntutan-tuntutan lainnya.

Seputar Guru

Glori Cellene Kelly

Kunjungi Profile
1656x
Bagikan

Seperti yang kita semua tahu bahwa waktu ujian selalu menjadi beban bagi hampir semua siswa. Seperti tuntutan untuk mendapat ranking, mendapat nilai bagus maupun tuntutan-tuntutan lainnya. Tak sedikit kasus seperti kabur dari rumah ataupun bunuh diri terjadi menjelang atau sesudah ujian.  Hal seperti ini dapat dihindari dengan berbagai cara, salah satunya adalah dukungan guru dan sekolah. 

Berikut adalah beberapa peran yang dapat Bapak/Ibu lakukan dalam memotivasi siswa untuk menghadapi ujian:

1. Memberikan pemahaman mengenai pentingnya belajar

Bapak/Ibu harus mampu memberikan pengertian kepada siswa tentang motivasi mereka dalam menghadapi ujian. Motivasi dapat berupa intrinsic, identified, extrinsic, dan introjected. 

2. Meningkatkan efikasi diri siswa

Efikasi diri merupakan yang harus dimiliki oleh siswa agar dapat memperoleh keberhasilan dalam belajar. Jika siswa tidak memiliki efikasi diri yang baik, nantinya siswa cenderung tidak percaya diri sehingga hasil belajar menjadi tidak maksimal. 

3. Membimbing siswa untuk membuat target dan komitmen

Peran Guru dalam Mendukung Siswa untuk Menghadapi Ujian
Dengan target dapat membantu siswa untuk fokus pada tujuan yang ingin dicapai (Sumber: Canva)

Bapak/Ibu dapat membantu para siswa untuk membuat list target yang ingin dicapai oleh masing-masing siswa. Misalnya target nilai yang ingin dicapai, menjadi juara kelas ataupun lolos perguruan tinggi impian. 

4. Membantu siswa untuk melakukan manajemen stres yang baik

Stres yang berlarut-larut dan dalam intensitas tinggi dapat menyebabkan penyakit fisik dan mental siswa, sehingga dapat menurunkan produktivitas mereka dalam belajar. Sehingga Bapak/Ibu dapat mendukung siswa untuk membuat jadwal belajar yang tidak menekan dan jam belajar yang tepat. 

Di atas merupakan 4 cara yang dapat Bapak/Ibu lakukan untuk membantu memotivasi siswa dalam menghadapi ujian yang akan datang. Guru hendaknya menjaga, mengarahkan, dan membimbing agar siswa tumbuh sesuai potensi, minat dan bakatnya agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

In House Training merupakan program pelatihan yang diselenggarakan untuk suatu instansi atau lembaga pendidikan. Dengan mengikuti program In House Training maka sekolah akan memiliki guru yang memiliki komptensi serta pengetahuan yang memumpuni, sehingga siswa akan terdorong untuk dapat belajar dan berkembang dengan lebih baik. Untuk info lebih lanjut mengenai program ini, silahkan klik banner dibawah ya.


 


Penulis: Glori Cellene Kelly
Penyunting: Putra

0

8

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Peran dan Manfaat Asesmen Sumatif pada Hasil Belajar Siswa
2 min
Pentingnya Menguasai Kemampuan Literasi Digital Bagi Guru
Strategi Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Melalui Sesi Fun Morning Briefing for Teachers

Krisanti, S.Si

Nov 24, 2023
4 min
Kompetensi Guru yang Berdampak Positif pada Kualitas Pendidikan! Apa saja?
4 min
Menilik Urgensi Kesehatan Mental Guru
4 min
TIPS MENJADI GURU INOVATIF MASA KINI

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar