Pentingnya Menguasai Kemampuan Literasi Digital Bagi Guru - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 15 Jun 2023

Pentingnya Menguasai Kemampuan Literasi Digital Bagi Guru

Dengan menguasai kemampuan literasi digital, segala kebutuhan dan pekerjaan guru dapat difasilitasi dengan baik, terutama terkait dengan pengajaran terhadap siswa. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengapa penting bagi guru untuk menguasai kemampuan literasi digital.

Seputar Guru

Adrianus Tirta Malvin Arissaputra

Kunjungi Profile
2539x
Bagikan

Revolusi dan globalisasi teknologi digital yang non-stop telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia, terutama dalam dunia pendidikan. Hal ini juga menyebabkan pembauran teknologi informasi ke dalam proses belajar-mengajar menjadi suatu keniscayaan yang wajib dilakukan demi mewujudkan tuntutan kurikulum dan perkembangan zaman yang dinamis. Seperti yang kita ketahui saat ini, proses pembelajaran sudah tidak lagi dibatasi oleh ruang kelas seperti yang terjadi dalam proses pembelajaran konvensional, melainkan sudah dapat dilaksanakan secara virtual atau online. Oleh karena itu, perkembangan teknologi digital tersebut tentu saja harus selaras dengan kesiapan, pengetahuan, dan kompetensi dari tenaga pendidik dalam mengelola pembelajaran, salah satunya yaitu literasi digital. Artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut mengapa penting bagi guru untuk menguasai kemampuan literasi digital.

Pentingnya Literasi Digital Bagi Guru

Literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan seseorang dalam memanfaatkan media-media digital. Jika kita membahas tentang literasi digital, seringkali kita hanya berfokus pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan literasi digital dari siswa dalam proses pembelajaran. Padahal, peningkatan pengetahuan dan kemampuan literasi digital dari guru juga merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa indeks literasi digital masyarakat Indonesia (termasuk guru) berada di angka 3,54 dari 5,00, dimana ini juga menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” (Agustini, 2023). Itulah mengapa perlu adanya pengoptimalan kemampuan literasi digital yang dimulai dari tenaga pendidik sebagai pilar utama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan siswa. Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa guru harus menguasai kemampuan literasi digital:

1. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas 

Pentingnya Menguasai Kemampuan Literasi Digital Bagi Guru
Penguasaan literasi digital dapat memudahkan guru dalam mengerjakan berbagai tugas sekolah (Sumber gambar: Pexels)

Kemampuan literasi digital dapat membantu guru dalam membuat dan mengorganisir keperluan administratif dengan lebih efisien. Dengan menguasai berbagai alat digital seperti Microsoft Office, Google Workspace, Notion, dll, guru dapat menghemat tenaga dan waktu dalam membuat laporan, menyusun jadwal, dan mengevaluasi kinerja siswa. Selain itu, kemampuan literasi digital juga memudahkan guru untuk berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari menggunakan berbagai media sosial yang ada seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dll. Tentu saja hal ini memberikan fasilitas yang lengkap dalam pertukaran informasi yang lebih cepat dan efektif.

2. Mempersiapkan siswa untuk masa depan

Dengan menguasai kemampuan literasi digital, guru dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan lain yang relevan dengan perkembangan teknologi di dunia modern. Kemampuan ini mencakup beberapa hal seperti etika, tanggung jawab, dan keamanan digital dalam menggunakan teknologi. Selain itu, guru juga perlu memberikan pemahaman tentang tren teknologi terbaru kepada siswa untuk memaksimalkan kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, pemecahan masalah, dan komunikasi digital mereka. Tentu saja semua ini dilakukan demi mewujudkan masa depan siswa di dunia kerja menjadi baik.

3. Meningkatkan kualitas pengajaran

Pentingnya Menguasai Kemampuan Literasi Digital Bagi Guru
Proses pembelajaran yang inovatif dan variatif dapat memicu ketertarikan belajar (Sumber gambar: Pexels)

Kemampuan literasi digital kembali memberikan manfaat bagi guru untuk dengan mudah menggunakan teknologi yang relevan dalam proses pengajaran. Guru dapat menciptakan proses pembelajaran yang inovatif dan bervariasi, seperti melalui video, film, games, presentasi berbasis digital dan aplikasi, serta menggunakan platform pembelajaran online. Dalam konteks ini, guru juga bisa mengintegrasikan media sosial dan alat komunikasi digital lainnya untuk memperluas jangkauan pembelajaran di luar sekolah. Hal ini membuat pengalaman pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, dan variatif, baik bagi guru, maupun bagi siswa itu sendiri.

Kesimpulan

Literasi digital dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan individu dalam memahami, menggunakan, dan memanfaatkan media digital secara sehat dan bijak. Dengan menguasai kemampuan literasi digital, segala kebutuhan dan pekerjaan guru dapat difasilitasi dengan baik, terutama terkait dengan pengajaran terhadap siswa. Terlebih lagi, siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran yang memanfaatkan literasi digital juga akan mendapatkan pengembangan kompetensi yang relevan dengan perkembangan dunia modern. Itulah mengapa penting bagi tenaga pendidik untuk bisa menguasai kemampuan literasi digital secara optimal.

Salam hormat kepada satuan pendidik sekolah! Kami mengundang Anda untuk mendaftar layanan In House Training (IHT) yang kami sediakan. Dengan IHT, Anda dapat memperkuat kualitas pendidikan di sekolah Anda secara langsung dan sesuai dengan kebutuhan unik yang dimiliki. Pembayaran yang mudah dan aman dapat dilakukan melalui SIPLah GuruInovatif.id, memastikan pengalaman yang nyaman dan terpercaya. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan memperkaya pengajaran Anda. Ayo, daftarkan diri Anda sekarang dan saksikan perubahan positif yang akan terjadi di sekolah Anda!


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru melalui Studi Banding
4 min
Pentingnya Pengelolaan Kesehatan Mental Guru melalui 4S dalam Meraih Generasi Emas
Guru Bukan Robot, Punya Rasa Punya Hati
Menjaga Kesehatan Mental Guru melalui Fun Game ( Outbond)
"Memikul Beban Berat dari Luar Kelas, Tetap Waras di Dalam Kelas"

Dewandaru Ibrahim

Dec 06, 2023
4 min
Kesehatan Mental Guru, Itu yang paling Utama

SHANIA DWI SANDI

Nov 15, 2023
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB