PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT KONTEN EDUKATIF YOUTUBE UNTUK MENDUKUNG LITERASI DIGITAL SISWA - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 10 Sep 2023

PENINGKATAN KREATIVITAS GURU DALAM MEMBUAT KONTEN EDUKATIF YOUTUBE UNTUK MENDUKUNG LITERASI DIGITAL SISWA

Era revolusi industri 4.0 ditandai dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih dan dapat dimanfaatkan dalam bidang pendidikan. Guru harus memiliki kreativitas dalam melakukan inovasi pembelajaran sebagai salah satu penunjang dalam meningkatkan kemampuan literasi digital pada siswa.

Dunia Pendidikan

Inzana Bilzanah, M.Pd., Gr.

Kunjungi Profile
805x
Bagikan

Saat ini manusia memasuki era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih. Pemanfataan teknologi dilakukan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Berbagai macam informasi dapat dengan mudah diakses melalui smartphone dan bantuan jaringan internet. Oleh sebab, itu perlu adanya kemampuan literasi digital agar berbagai macam informasi yang disajikan dalam media sosial dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pemanfaatan teknologi yang semakin canggih dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam bidang, terutama bidang pendidikan. 

Pemanfaatan teknologi didunia pendidikan menjadi salah satu wadah bagi para pendidik untuk menyajikan informasi pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik siswa yang beragam. Di era revolusi industri 4.0 ini para pendidik dituntut untuk melakukan inovasi pembelajaran berbasis teknologi, sehingga perlu adanya peningkatan kreativitas pendidik. Terdapat berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kreativitasnya, antara lain (a) kegiatan pelatihan guru, (b) sertifikasi guru, dan (c) pelatihan in house training. 

Berbagai macam kegiatan di atas memiliki manfaat yang berbeda-beda namun dengan tujuan sama yaitu mengembangkan kemampuan dan keterampilan guru dalam bidang pendidikan. Kegiatan pelatihan guru dimaksudkan untuk meningkatkan dan menambah wawasan guru agar pembelajaran yang disajikan lebih maksimal, sertifikasi guru merupakan pemberian sertifikat pendidik bagi guru yang sudah memenuhi standar profesional guru, sedangkan pelatihan in house training merupakan program pelatihan dengan mendatangkan secara langsung trainer ke lokasi pelatihan yang sudah ditentukan. 

Kegiatan pelatihan guru dapat dilaksanakan oleh guru secara mandiri sesuai dengan kesadaran diri mengenai potensi-potensi yang ingin dikembangkan, menambah ilmu dan wawasan, maupun menambah keterampilan. Kegiatan sertifikasi guru dapat dilakukan dengan mengikuti program pendidikan profesi guru (PPG), melalui program ini guru atau calon guru akan dibentuk menjadi guru yang benar-benar profesional, sedangkan kegiatan pelatihan in house training dapat dilaksanakan dibawah naungan kepala sekolah sebagai upaya meningkatkan potensi dan keterampilan para guru. Salah satu kegiatan pelatihan yang dapat dilakukan yaitu meningkatkan kreativitas guru dalam membuat konten edukasi pada platform youtube. Kegiatan-kegiatan pelatihan dapat dilakukan secara online maupun offline. 

Guru yang memiliki kreativitas dan inovasi dalam pendidikan maupun pembelajaran akan memiliki pemahaman mengenai literasi digital, sehingga guru akan memanfaatkan perkembangan teknologi maupun platform pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran, salah satunya untuk meningkatkan kemampuan literasi digital pada siswa. Pada dasarnya siswa saat ini tidak terlepas dari penggunaan teknologi, hampir keseluruhan siswa di pedesaan maupun di perkotaan sudah menggunakan smartphone baik milik pribadi maupu milik anggota keluarga (orang tua), tanpa kemampuan digital yang baik maka dimungkinkan siswa akan kecanduan menggunakan smartphone untuk kegiatan diluar pembelajaran, misalnya menggunakan sosial media secara berlebihan, bermain game, dan lain sebagainya. Melalui konten edukasi pada platform youtube maka siswa akan dibiasakan mendapatkan informasi seputar pembelajaran yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Sinergi Student Agency dan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Rissa A. Agustina

May 31, 2024
4 min
Lestari Bahasa Daerah: Pintu Menuju Inovasi Pendidikan - Terobosan #GuruInovatif untuk Membangun Generasi Unggul

Masning Salamah

May 20, 2024
6 min
Sebutir Kontribusi Untuk Pendidikan Indonesia
9 min
Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Bagi Peserta Didik Tunagrahita Melalui Kurikulum Merdeka

Dra. Sri Lestari

May 24, 2023
3 min
Lebih Dalam Mengenal 9 Tema Profil Projek Pelajar Pancasila
5 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar