Penguatan Literasi Digital di era modern - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 30 Agu 2023

Penguatan Literasi Digital di era modern

Cara menguatkan/meningkatkan literasi digital di era modern untuk menghindari buta huruf aksara dan memajukan pendidikan di Indonesia

Dunia Pendidikan

RIVO ANNAFI HAKIM

Kunjungi Profile
1592x
Bagikan

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum sesuai dengan kegunaannya dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.
Tingkat literasi digital di Indonesia masih dapat dikategorikan rendah, hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti kurangnya akses ke perangkat teknologi dan kurangnya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan teknologi. Selain itu, masih banyak masyarakat yang kurang memahami manfaat dan cara menggunakan teknologi digital, sehingga tidak tertarik untuk meningkatkan kemampuan mereka.
Indonesia masih belum siap dengan hal ini apabila tidak ada inisiative untuk meningkatkan dan menggalakkan kegiatan untuk meningkatkan index literasi digital negara kita. Lantas sebagai masyarakat Indonesia, apakah ada hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meningkatkan index literasi digital? Berikut adalah cara untuk meningkatkan literasi digital.
1.Pelajari dasar-dasar teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ini bisa dilakukan dengan mengambil kelas atau kursus online yang mencakup topik-topik seperti pemrograman, desain web, dan analisis data.
2.Gunakan teknologi secara efektif. Belajar cara menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam kuliah atau pekerjaan.
3.Belajar tentang keamanan dan privasi online. Ini sangat penting untuk menjaga informasi pribadi dan data yang digunakan dalam kuliah atau pekerjaan.
4.Baca dan belajar dari sumber-sumber online yang valid. Belajar dari sumber-sumber yang dapat dipercayai dapat membantu Anda untuk mengevaluasi informasi yang ditemukan di internet.
5.Belajar dari teman dan rekan. Tanyakan teman dan rekan Anda yang lebih berpengalaman tentang teknologi dan cara menggunakannya dengan efektif.
6.Cobalah untuk mengejar kesempatan-kesempatan untuk meningkatkan literasi digital Anda, seperti bergabung dengan komunitas teknologi atau mengikuti kompetisi TIK.

Zaman digital sekarang ini harusnya dapat lebih mudah dan cepat dalam meningkatan 
budaya literasi di setiap tempat. Dengan meningkatkan budaya literasi akan berpengaruh baik terhadap kecakapan seluruh masyarakai Indonesia untuk bernalar dan berpikir kritis terhadap kehidupan sehari-hari, khususnya menghadapi tantangan globalisasi. 
Selain itu, Indonesia juga akan menghadapi defisit sumber daya manusia yang cerdas dan berkualitas jika generasi penerus atau generasi muda dan pegiat literasi harus mampu meningkatkan kapasitas diri secara mandiri dan memperluas diri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, meningkatkan menguatkan budaya literasi pada era digital perlu ditingkatkan dan dipertahankan guna meningkatkan kecakapan dan upaya pemerataan pendidikan dan pemberantasan buta aksara, meningkatkan pemahaman intelektual dan kesiapan untuk menghadapi tantangan globalisasi serta mengubah pola pikir dan bernalar masyarakat dalam menghadapi perkembangan dunia.


Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Melalui Penerapan P5 Wirausaha “Market Day” Sejak Dini
3 min
Perkembangan Teknologi Semakin Pesat! Anda Harus Tahu Tentang Ini!
3 min
Gelar Karya P5 sebagai Inovasi Pendidikan: Bersinergi Bersama Pemangku Kepentingan Wujudkan Merdeka Belajar
4 min
Implementasi Kurikulum Merdeka Jenjang SD/MI
Mengembangkan Keterampilan Literasi Digital dengan Menggunakan Instagram sebagai Alat Pembelajaran
2 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB

Kursus Webinar