Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Diundur! Segera Persiapkan Berkas-Berkas Berikut Ini! - Guruinovatif.id: Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru

Diterbitkan 06 Mar 2024

Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Diundur! Segera Persiapkan Berkas-Berkas Berikut Ini!

Banyaknya informasi terbaru mengenai jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2024. Pahami perbedaan dan jadwal pembukaan CPNS dan PPPK serta formasi CPNS tahun ini. Persiapkan diri Anda dengan syarat dan informasi terbaru.

Berita

Redaksi Guru Inovatif

Kunjungi Profile
1635x
Bagikan

Dalam dunia karier di Indonesia, CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) adalah dua istilah yang sering kali menjadi sorotan. Baik CPNS maupun PPPK menawarkan peluang berkarier yang menarik di sektor publik. Namun, apa sebenarnya yang membedakan keduanya? Artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara CPNS dan PPPK serta formasi CPNS 2024. Yuk simak baik-baik Bapak dan Ibu!

Apa itu CPNS dan PPPK?

CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil, yang merupakan proses seleksi untuk menjadi pegawai di lembaga pemerintah di Indonesia. Calon pegawai yang lulus seleksi CPNS akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah menyelesaikan masa percobaan. PNS memiliki status kepegawaian tetap dan mendasarkan tugasnya pada hukum dan peraturan yang berlaku di negara Indonesia.

Sementara itu, PPPK adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yang merujuk kepada pegawai pemerintah yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja dengan instansi pemerintah. PPPK memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan PNS, tetapi status kepegawaian mereka didasarkan pada kontrak kerja, bukan status PNS. PPPK biasanya diangkat untuk memenuhi kebutuhan pegawai di sektor pendidikan, kesehatan, dan bidang lainnya dalam pemerintahan.

Kapan Jadwal Pembukaan CPNS 2024?

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 diundur. Awalnya pendaftaran tersebut dijadwalkan bulan Maret 2024 tetapi ada perubahan yang terjadi pada bulan pendaftaran CPNS dan PPPK 2024.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Aba Subagja, jadwal pendaftaran akan berubah antara bulan April dan Mei 2024 tergantung pada verifikasi validasi (verval). Akan tetapi, pemerintah akan melakukan pendaftaran melalui tiga gelombang yaitu,

  • Periode I: April 2024
  • Periode II: Juni 2024
  • Periode III: Agustus 2024
Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 Diundur! Segera Persiapkan Berkas-Berkas Berikut Ini!
Ilustrasi Tes CPNS (Gambar: Pixabay/Iecroitg)

Formasi CPNS 2024

Pada 2024, Pemerintah Indonesia memiliki rencana untuk menggelar perekrutan CPNS dengan jumlah total formasi mencapai 2,3 juta. Dari jumlah tersebut, terdapat 690.822 posisi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), sementara 1.605.694 posisi lainnya ditujukan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dalam hal ini total alokasi kebutuhan ASN lebih banyak dari tahun sebelumnya.

1. Kuota pemerintah pusat

Instansi pusat akan menerima total 429.183 formasi, dengan rincian 207.247 untuk CPNS dan 221.936 untuk PPPK. Formasi ini mencakup posisi untuk guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

2. Kuota pemerintah daerah

Sementara itu, instansi daerah akan mendapatkan total 1.867.333 formasi, terdiri dari 483.575 untuk CPNS dan 1.383.758 untuk PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah akan dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga kesehatan sebesar 417.196, dan 547.416 untuk tenaga teknis. selain itu, alokasi untuk sekolah kedinasan akan membuka sebanyak 6.027 formasi.

Syarat Daftar CPNS 2024

Syarat ini sangat penting dipersiapkan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sehingga perlu secepatnya mempersiapkannya, seperti:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Ijazah
  4. Transkrip nilai
  5. Pas foto
  6. Swafoto/selfie
  7. Dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan instansi atau kementerian tujuan

Itulah penjelasan mengenai pendaftaran, jadwal, dan formasi tes CPNS 2024, kiranya Bapak dan Ibu bisa mempersiapkan dengan baik dan dapat lolos di bagian yang diimpikan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi kepada pendidik dan mengajarkan mitigasi bencana kepada siswa-siswi. Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk memperbaiki dan mengembangkan pendidikan di Indonesia dalam penanggulangan bencana.

Referensi:
Formasi Guru Seleksi CPNS 2024, Cek Faktanya
Jadwal Pembukaan CPNS 2024 Diundur, Ini Informasi Terbarunya
Pendaftaran CPNS 2024 Diundur, Catat Jadwal Terbarunya
Pendaftaran CPNS Dibuka April 2024, Cek Formasi dan Syaratnya
Pendaftaran Rekrutmen CPNS-PPPK 2024 Diundur, Ini Jadwal Terbarunya Menurut KemenPAN RB

Dapatkan pelatihan privat di sekolah Anda untuk meningkatkan kualitas akademik guru dan akademik sekolah bersama trainer pilihan.
Waktu dan tempat sesuai pilihan Anda!
Konsultasi GRATIS!


Penulis: Francois Rynasher Mamarimbing | Penyunting: Putra

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

GuruInovatif Class Perdana Berjalan Lancar!
1 min
In pursuit of effective edutech, this startup ensures SEA teachers don’t get left behind
4 min
Memperingati Hari Ibu, Momentum Reflektif dan Hangat bersama yang Terkasih
5 min
Sistem Rapor pada Kurikulum Merdeka Belajar untuk Setiap Satuan Pendidikan
1 min
Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional Tahun 2024
1 min
Kemendikbudristek Terbitkan Regulasi Baru mengenai Bentuk Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
3 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB